Tips Kontraktor Pengaspalan Jalan yang Baik

Kontraktor Pengaspalan Jalan

Di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti bekasi, jalan aspal adalah pemandangan yang wajar. Sebagai kota industri yang selalu dilalui oleh kendaraan-kendaraan kelas berat, tentu aspal yang kuat merupakan suatu keharusan, dan kontraktor pengaspalan jalan ada sebagai solusi.

Aspal sendiri adalah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecokelatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Aspal berasal dari alam atau dari pengolahan minyak bumi.

Berdasarkan pengertian di atas, karakteristik aspal sangat cocok dijadikan sebagai permukaan jalan karena tahan terhadap air dan juga sifatnya yang keras. Namun, tentu saja perlu perawatan agar aspal menjadi lebih kuat.

Tips Memperkuat Aspal

Dalam memperkuat aspal jalanan, ada 5 aspek yang harus diperhatikan agar aspal tidak mudah hancur. Hal tersebut meliputi:

1. Ketebalan Lapisan Aspal

Aspal memiliki 3 lapisan utama, yaitu lapisan permukaan, fondasi atas dan pondasi bawah. Biasanya dari 3 lapisan tersebut memiliki jumlah ketebalan yaitu 15 cm. Tentu saja, semakin tebal lapisan makan semakin baik pula aspalnya.

2. Jenis Bahan dan Material yang Digunakan

Kunci dari aspal yang kuat adalah lapisan yang dapat menahan rair agar tidak meresap ke dalam aspal yang dapat mengurangi kualitas aspal tersebut. Untuk bahannya sendiri direkomendasikan menggunakan pasir halus, pasir kasar, maupun kerikil.

3. Beban Aspal

Tentu saja tidak ada aspal yang sempurna. Semakin sering dilintasi oleh kendaraan, semakin cepat pula berkurang umur dari aspal tersebut. Cara terbaik mengakali berkurangnya umur aspal adalah memberi batasan beban pada marka jalan.

4. Kemiringan Jalan,

Jika diperhatikan dengan seksama, tidak ada jalan yang rata. Semua jalan aspal pasti memiliki kemiringan agar tidak ada genangan air pada jalanan.

5. Sistem Drainase yang baik

Drainase atau sistem pembuangan air yang baik sangat penting untuk jalanan aspal agar jalanan tidak amblas. Oleh karena itu, kontraktor pengaspalan harus memilih bahan yang baik guna menghindari hal tersebut.

Jasa pengaspalan bekasi yang baik akan memenuhi 5 aspek tersebut. Karena dengan sengitnya persaingan di bidang pengaspalan, masing-masing jasa akan memperbaiki kualitasnya. Dengan begitu, akan banyak jasa aspal bekasi maupun jasa kontraktor bekasi yang dapat dijadikan pilihan.

Dapatkan Harga Sewa Bus Trac 2019 Surabaya

Dapatkan Harga Sewa Bus Trac 2019 Surabaya yang paling sreg sama dengan kebutuhan Anda serta rasakan berpergian terserah kemana Anda berangkat! non HD, HD,...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *