Sifat Umum Yang Ditemui Pada Anak Di Sekolah

Setiap manusia tentunya memiliki cara dan karakternya sendiri untuk bergaul dengan lingkungan di sekitarnya. Tidak terkecuali si buah hati.

Yuk kenali beberapa sifat yang umumnya ditemui pada anak-anak yang belajar di sekolah.

Sifat Jahil pada anak sekolah

Orang tua yang memiliki si buah hati dengan sifat di sekolah yang seperti ini, biasanya lebih sering mendapat laporan dari guru di sekolahnya. Bahwa si kecil ternyata sering bersikap jahil dan tidak jarang membuat anak-anak yang lain merasa kurang bisa belajar dengan tenang.

Sebagai orang tua, tidak jarang kita akan bersikap defensif dan membela si anak, “yah namanya saja juga anak-anak.”, begitu mungkin komentar kita.

Tapi apa yang sebaiknya kita lakukan?

Karena faktanya, setiap anak memiliki potensi untuk bersikap jahil dan mungkin menjadi pengganggu  teman-teman lainnya di kelas, bukan hanya anak anda. Karenanya cobalah untuk melihat lebih dekat dan lebih dalam mengenai tindakannya di kelas.

Dan tidak jarang si anak akan tidak mengakuinya terlebih dulu, dan mungkin dia akan berkata bahwa temannya adalah yang salah. Kita sebagai orang tua harus mencoba mendengarkannya dan membuatnya merasa diterima terlebih dahulu barulah kita bisa membuatnya untuk melihat dari sudut pandang anak lain yang dia jahili, tidak jarang cara ini akan membuatnya lebih mampu bersikap positif daripada sekedar memberikan marah dan hukuman.

Sifat Penyimak pada  si buah hati

Si buah hati yang duduk di kelas 2 SD cerita kalau ada diantara anak sekelasnya yang berbuat nakal pada anak lain di sekolahnya. Kita tentunya ingin dia untuk melakukan hal yang benar dengan bersikap aktif untuk membuat si anak tadi tidak diganggu lagi.

Tapi di sisi lain kita juga kuatir, kalau bisa saja justru anak kita yang akan menjadi target setelahnya, dan alih-alih menerangkan pada si kecil bahwa tindakan itu seharusnya dicegah, kita cuma bilang, “Yah, itu memang anak nakal. Jangan ditiru yah.”

Lalu apa yang sebaiknya kita sebagai orang tua harus lakukan?

Kita bisa memikirkan tentang hal-hal yang mungkin terjadi jika si buah hati melakukan hal yang benar. Karena meski si anak tidak menghadapi masalah itu secara langsung, tapi seorang yang menyaksikan hal yang tidak baik umumnya juga akan terkena masalah stres emosional.

Karenanya tindakan si anak yang melaporkan kejadian bully yang terjadi pada temannya kepada anda, harus dilihat sebagai tindakan positif, bahwa anak anda memiliki kepedulian kepada temannya yang sedang disakiti. 

Kita bisa menyarankannya untuk melaporkan tindakan temannya itu kepada guru, atau kita sendiri yang melaporkan tindakan teman si anak tadi pada guru sekolah anak kita.

Juga kita bisa mengarahkannya agar menggunkan waktunya secara lebih manfaat, seperti halanya membaca info pengetahuan di bootb.com

Sifat Pencari Perhatian pada anak kecil

Si buah hati yang saat ini menginjak kelas 4 SD merengek ingin punya tas, baju, dan sepatu mahal seperti yang dipakai anak di kelasnya. Si anak beranggapan bahwa dia bisa menjadi keren seperti mereka jika menggunakan barang seperti mereka.

Sebagai orang tua tentunya kita ingin membelikannya, tapi selain masalah uang yang harus dibelanjakan, tentunya kita tidak ingin anak kita mengikuti pola pergaulan yang seperti itu.

Yang bisa kita lakukan adalah, kita bisa memberikannya contoh bahwa banyak anak lainnya yang tidak memerlukan barang seperti itu tapi tetap bisa keren dan memiliki banyak teman. Kita bisa mengajaknya diskusi, apakah dengan bergaya layaknya selebriti seperti itu lebih keren daripada kita yang berusaha keren dengan gaya kita sendiri? Karena faktanya banyak orang keren yang sama sekali nggak membutuhkan barang-barang mahal untuk membuatnya menjadi keren.

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *