Sabut Kelapa Untuk Media Tanam

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? Kali ini kita akan membahas tentang sabut kelapa untuk media tanam . Kita tahu kalau sabut kelapa sekarang banyak yang menggunakan nya untuk dijadikan media tanam

Atas dasar itu perlu dilakukan inovasi baru untuk dapat meningkatkan potensi bahan organik seperti sabut kelapa, salah satunya dengan memanfaatkannya sebagai media tanam alternatif untuk mengurangi penggunaan top soil. Bukan tanpa alasan, kenapa harus menggunakan bahan organik? Karena bahan organik sebagai media tanam memiliki kelebihan yaitu memiliki struktur yang dapat menjaga keseimbangan aerasi. Sekarang bahan organik ini terutama yang merupakan limbah sangat melimpah tentunya selalu kita temukan di pasar tradisional, selain itu juga harganya yang lebih murah sehingga dapat kita manfaatkan untuk media tanam yang sulit tergantikan terutama bagi yang Anda yang memiliki perkebunan atau lahan pertanian sendiri. Tidak hanya itu, bahan organik ini dipilih karena memiliki sifat remah sehingga udara, air dan akarnya dapat dengan mudah masuk ke fraksi tanah dan dapat mengikat air. Hal ini sangat penting bagi bibit tanaman akar karena media tumbuh erat kaitannya dengan pertumbuhan akar atau sifat akar tanaman.

Maka harus kita ketahui, saat ini pemanfaatan cocopeat dalam pertanian semakin populer dikalangan masyarakat khususnya bagi para petani di Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung, maka pada intinya cocopeat merupakan media tanam alternatif pengganti tanah berbahan sabut kelapa yang telah dihancurkan menjadi butiran halus. Dalam proses penghancuran sabut kelapa kita bisa mendapatkan serat yang biasa disebut serat, dan juga bubuk halus yang disebut cocopeat. Serbuk ini sangat baik untuk kita gunakan sebagai media tanam alternatif karena dapat menyerap air dan menyuburkan tanah. Berdasarkan penelitian, cocopeat ini diklaim sebagai media tanam yang memiliki daya serap tinggi, sehingga mampu menyimpan air dalam jumlah besar. Bahkan cocopeat ini mampu menampung air hingga 6-9 kali lipat volumenya. Sehingga jika kita menanam tanaman dengan menggunakan media cocopeat maka frekuensi penyiraman akan lebih sedikit, sehingga dapat menghemat air.

Tahapan cocopeat sebagai media tanam:

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merendam sabut kelapa selama 6 bulan untuk dapat menghilangkan senyawa kimia seperti tanin yang dapat berbahaya bagi tanaman.
  2. Setelah proses perendaman selesai, kita lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu penjemuran. Sabut kelapa dikeringkan, kemudian dimasukkan ke dalam mesin pengurai sabut kelapa untuk media tanam, sehingga dapat memisahkan serat dan jaringan empulurnya.
  3. Residu hasil pemisahan kemudian dicetak dengan membentuk kotak yang disebut cocopeat. baru saja. Perlu kita ketahui, media cetak kita dengan tingkat kepadatan rongga kapiler, sehingga mampu menyimpan oksigen hingga 50%.

Jadi, ya, proses dasarnya kurang lebih seperti itu. Ini mungkin tidak terlihat mudah, tetapi jika Anda mengetahui dasar-dasarnya, pasti akan terasa lebih mudah. Nah keunggulan cocopeat sebagai media tanam adalah dapat menyimpan air yang mengandung unsur hara, karena sifat cocopeat yang suka menahan air di pori-pori dapat bermanfaat karena akan menyimpan pupuk cair, sehingga dapat mengurangi frekuensi pemupukan, tidak hanya itu, di cocopeat. Selain itu juga mengandung unsur hara dari alam yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, memiliki daya serap air yang tinggi, dapat menyuburkan tanah dengan pH netral, serta mendukung pertumbuhan akar yang cepat sehingga baik untuk persemaian.

Cocopeat steril ini dapat langsung digunakan sebagai media tanam. Nah yang saya maksud dengan kemandulan disini sudah melalui beberapa kali perendaman dan pencucian dengan air, jadi kadar asam, tanin (zat anti gizi), jamur, kadar klorin tinggi, dan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam bahan mentah ini. cocopeat jadi kurang. Buat tanaman tumbuh subur dan sehat.

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu, sebenarnya ada banyak unsur hara yang terkandung dalam cocopeat ini, yaitu ada unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Cocopeat ini dapat menampung lebih banyak air dan unsur kimia, serta dapat menetralkan keasaman tanah. Oleh karena itu, cocopeat ini dapat kita manfaatkan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam – Media tanam kini telah menjadi alat pundi-pundi uang para pembudidaya, salah satunya anggrek. Dengan menggunakan teknik apapun dapat menghasilkan anggrek yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Namun selain kelebihannya juga ada kekurangannya, salah satunya cocopeat mengandung tanin yang cukup banyak. Tanin ini dikenal sebagai zat yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Untuk bisa membuang zat tanin yang berlebih, kita bisa melakukannya dengan cara merendam cocopeat dalam air bersih selama beberapa jam, kemudian kita aduk hingga airnya berbusa. Kemudian buang air rendamannya dan ganti dengan air bersih yang baru, proses ini kita lakukan beberapa kali hingga buihnya tidak keluar lagi.

Jadi kesimpulannya, media tanam ini perlu kita perhatikan dalam menunjang pertumbuhan tanaman. Salah satu faktor penting dari media tanam yang baik adalah dapat mensuplai beberapa unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri, salah satunya adalah cocopeat. Namun meski begitu, setiap jenis media tanam memiliki bobot dan porositas yang berbeda. Jadi saat memilih media tanam, sebaiknya cari tahu dulu kombinasi media tanam yang tepat sesuai jenis tanaman kita.

Ternyata manfaatnya lumayan banyak bukan? Pemanfaatan sabut kelapa sebagai media tanam dinilai dapat meningkatkan nilai ekonomis sabut kelapa. Sabut kelapa dapat kita olah menjadi fungsi yang bermanfaat dan tentunya memiliki nilai ekonomis. Semoga informasi mengenai berbagai manfaat sabut kelapa ini dapat menjadi inspirasi bagi anda semua jika ingin mencoba sendiri media tanam sabut kelapa.

Nah itu tadi sedikit yang dapat saya jelaskan ,Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *