Resep Otak Otak Udang Goreng yang Spesial dan Mudah Dibuat

Resep Otak Otak Udang Goreng

Resep Otak Otak Udang Goreng — Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan tentang resep otak otak udang goreng yang spesial serta mudah untuk dibuat dirumah. Otak otak merupakan masakkan yang terkenal di masyarakat Indonesia.

Makanan ini biasa disajikan sebagai appetizer atau disajikan sebagai lauk tambahan. Nah, kalau ingin tahu informasi lebih lengkapnya mengenai resep otak otak udang goreng kalian bisa simak penjelasan dibawah ini.

Pastikan juga kalian simak sampai habis supaya tidak ada informasi otak otak udang goreng yang terlewatkan.

Otak Otak

Otak-otak adalah salah satu jajanan ikan tradisional. Rasanya yang gurih, asin dan sedikit kenyal akan membuat Anda menyukai jajanan ini. Rasanya mengingatkan pada pempek dan siomay, namun yang membedakan adalah cara penyajian dan penyajiannya.

Otak-otak biasanya dikukus, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus lada. Namun, ada juga yang menggunakan saus kacang. Bagi yang ingin makan ikan, otak-otak bisa jadi pilihan.

Hidangan ini disebut otak-otak karena memiliki warna yang putih dan tekstur lembt seperti otak. Alhasil, orang menyebutnya sebagai otak, padahal makanan ini tidak dibuat dari otak yang sebenarnya.

Otak-otak dapat ditemukan di pasar atau di supermarket, biasanya otak-otak disediakan dalam wadah plastik yang sudah di vacuum sealed.

Tips Pembuatan Otak Otak Udang Goreng

Jenis ikan sebagai bahan baku dasar

Apakah Anda ingin membuat otak otak? Pilih ikan yang dagingnya lengket dan sedikit airnya, seperti makarel yang pipih. Perhatikan juga kesegaran ikannya. Pastikan dagingnya masih segar.

Sebelum diolah, dinginkan ikan agar menyusut. Hal ini membuat otak terlihat fleksibel saat makan. Jangan dimasukkan ke dalam freezer, ikannya keras dan sulit diolah.

Pengolahan adonan

Jenis tepung yang biasa digunakan sebagai bahan adonan dalam pembuatan otak-otak udang adalah tepung tapioka.

Dengan menggunakan tepung tapioka BOLA Deli yang terbuat dari tepung singkong berkualitas tinggi, harum alami, putih, bersih dan berbutir halus, makanan menjadi lebih lembut dan tentunya lezat.

Campur tepung terigu dan santan sedikit demi sedikit

Penggunaan santan dalam campuran otak-otak juga bisa menambah cita rasa agar lebih pedas. Ubah ikan menjadi bahan lain, seperti bawang merah dan bawang putih cincang, dan tambahkan garam, gula, dan merica saat menguleni.

Kemudian masukkan santan secara bertahap. Setelah santan tercampur rata ke dalam adonan, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.

Bungkus dengan daun pisang

Pertama, letakkan 1 sendok makan adonan otak otak di atas daun pisang. Cara ini dilakukan dengan cara membungkus adonan dengan rapi. Kemudian rekatkan jadi persegi panjang, gulung dan kencangkan ujungnya dengan tusuk gigi.

Ada dua cara memasak otak sendiri, yaitu dikukus lalu digoreng atau dipanggang langsung. Kukus terlebih dahulu dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit hingga mendidih, lalu goreng dengan teflon.

Namun, otak-otak lebih baik dipanggang langsung dengan teflon agar aroma dan rasanya lebih jernih. Aroma yang kuat berasal dari daun pisang yang dibungkus.

Resep Otak Otak Udang Goreng

Resep Otak Otak Udang Goreng

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  1. Sediakan udang kupas (250 gr)
  2. Gunakan telur (1 butir)
  3. Sediakan bawang putih (4 siung)
  4. Gunakan bawang merah (4 siung)
  5. Gunakan tepung tapioka (150 gr)
  6. Siapkan tepung terigu (100 gr)
  7. Ambil minyak goreng (2 sendok makan)
  8. Gunakan daun bawang iris halus (2 batang)
  9. Sediakan air untuk merebus (150 ml)
  10. Ambil secukupnya garam, lada bubuk, kaldu bubuk
  11. Ambil air es untuk merendam

Cara membuat :

  1. Cuci udang, campur bawang merah dan bawang putih sampai menjadi halus, tambahkan udang dan haluskan lagi. Kemudian masak udang giling bersama bumbu halus, tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk serta 150 ml air, didihkan. menyisihkan
  2. Masukkan tepung terigu, bumbu masak ke dalam mangkuk, aduk rata, tambahkan telur, bawang putih dan minyak goreng. campur lagi. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga merata
  3. Lumasi tangan dengan minyak goreng, bentuk otak “ketika adonan keluar, siapkan panci berisi air, beri sedikit minyak goreng, didihkan, lalu tambahkan otak” dan masak sampai mengapung, angkat dan rendam sebentar dalam air es.
  4. Otak otak bisa langsung digoreng atau dimasak dalam kaldu beku

Nah, itu tadi adalah resep otak otak udang goreng yang spesial dan bisa kaluan coba dirumah, kalian juga bisa mendapatkan produk vacuum sealer di Rumah Mesin untuk membungkus otak otaknya.

Baiklah, saya kira hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk artikel “Resep Otak Otak Udang Goreng yang Spesial dan Mudah Dibuat” kali ini, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *