Resep Membuat Kerupuk Nasi

Kerupuk biasanya terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan penyedap rasa seperti udang atau ikan, tetapi kerupuk juga bisa dibuat dari beras. Cara membuat kerupuk nasi juga seperti membuat kerupuk pada umumnya.

Yakni dengan mencampurkan nasi dengan tepung tapioka dan bumbu lalu dikukus hingga matang, dan diiris tipis-tipis lalu dikeringkan di bawah sinar matahari, dan digoreng seperti kerupuk.

Kerupuk nasi juga biasa disebut kerupuk gendar atau sekedar gendar. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk sekaligus jenis lomba makan utama dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kandungan Gizi Kerupuk Beras


Kerupuk nasi atau gendar goreng merupakan makanan jajanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Gendar Goreng mengandung energi 407 kilokalori, protein 6,4 gram, karbohidrat 32 gram, lemak 28,2 gram, kalsium 216 miligram, fosfor 62 miligram, dan zat besi 1,6 miligram. Selain itu, dalam gendar atau kerupuk beras terdapat 0,16 miligram vitamin B1, 0 IU vitamin A, dan 0 miligram vitamin C.Data ini merupakan hasil penelitian dari 100 gram kerupuk beras atau gendar, dengan bahan yang dapat dimakan. jumlah 100%.

Manfaat Membuat Kerupuk Nasi

  1. Sumber Energi
    Nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran jika banyak orang di dunia yang makanan pokoknya adalah nasi. Kerupuk beras memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menggantikan energi yang hilang. Itu adalah sumber energi yang cukup besar bagi tubuh.
  2. Meningkatkan Good Mood
    Kandungan karbohidrat pada kerupuk nasi dapat meningkatkan sorotin. Soroitin adalah senyawa yang menyebabkan perasaan senang di otak. Kandungan karbohidrat paf juga ditunjukkan dalam penelitian, seseorang yang melakukan diet setiap hari dengan konsumsi 1/2 cangkir nasi atau sepotong roti, seringkali mengalami depresi dan kecemasan.
  3. Mencegah Kanker
    Beras merah banyak mengandung serat tidak larut yang akan mengurangi risiko terjadinya sel kanker di dalam tubuh. Banyak penelitian yang mempercayai hal itu
  4. Mengobati disentri
    khasiat nasi pada sekamnya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi berumur tiga bulan mengandung sifat diuretik. Bahkan orang Tionghoa percaya bahwa nasi dianggap dapat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan sakit perut, dan masalah pencernaan.

Sekam padi berumur tiga bulan mengandung sifat diuretik.

  1. Kaya Vitamin
    Nasi mengandung banyak vitamin dan mineral seperti niasin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, tiamin dan riboflavin.
Cara Membuat Kerupuk Nasi yang Mudah dan Bervariasi

Resep-resep Cara Membuat Kerupuk Nasi

Bahan :

 500 gram nasi putih
• 2 sendok teh bawang putih bubuk
• 2 sendok makan air matang, untuk melarutkan
• 1 sendok teh ketumbar bubuk
• 1 ½ sendok teh garam
• Terasi dan ebi secukupnya (bila diperlukan/opsional)

Cara Membuat Kerupuk Nasi:

1. Pertama-tama, campurkan bahan-bahan untuk membuat bumbu di dalam mangkok lalu tuangi dengan air, aduk hingga bumbu telah larut.
2. Tuangi bumbu di atas nasi, kemudian uleni hingga bumbu tercampur merata pada nasi.
3. Kukusalah nasi yang telah diberi bumbu atau rempah atau bisa mengunakan rice cooker tunggun hingga matang.
4. Aduk-aduk sesaat, diamkan selama sekitar 10 menit, supaya tanak.
5. Angkat lalu haluskan selagi masih panas. Bisa di-uleg menggunakan ulegan atau menggunakan mixer khusus (mixer joget).
6. Gunakan sarung tangan plastik agar kerupuk higenis, ambil 1 sendok makan adonan nasi.
7. Letakkan di atas plastik, lalu tutup kembali dengan plastik. Giling menggunakan penggiling roti atau penggiling biasa, hingga adonan tipis. Kerenyahan kerupuk nasi atau gendar ini tergnatung pada tebal tipis saat membuat kerupuk.
8. Setelah digiling dengan ketebalan sesuai keinginan, pindahkan adonan di atas tampah atau kertas roti.
9. Lakukan pada adonan yang tersisa.
10. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari (bila cuaca tidak mendukung, Anda bisa memanggangnya dengan oven sampai kering (biasanya proses penjemuran memerlukan waktu beberapa hari).
11.Setelah kering, kerupuk dapat digoreng menggunakan minyak yang agak banyak, agar dapat mekar maksimal.
12. Angkat, lalu sajikan dengan di bungkus plastik mengunakan handsaeler.

Itu tadi beberapa dari resep kerupuk nasi yang dapat kalian coba dirumah untuk membuka usaha UMKM disana, dan kami juga memiliki beberapa resep lainya yaitu resep usus crispy yang dapat kalian coba bila kalian berminat, sekian dari artikle kali ini bila ada kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *