Resep Dadar Jagung Enak, Simple Dan Bikin Ketagihan

Rasanya yang renyah berpadu dengan manisnya jagung, menjadikan bakwan jagung sangat nikmat. Cocok buat lauk atau cemilan. Tertarik? Coba resep dadar jagung enak disini.

Jagung

resep dadar jagung enak

Jagung (Zea mays ssp. Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan makanan pokok, sebagian penduduk Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Saat ini, jagung juga telah menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak nabati dan sebagai bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan jagung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetik dan kimia.

Jagung merupakan model tanaman yang menarik, terutama dalam bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika yang intens, dan membantu membentuk teknologi budidaya hibrida yang revolusioner. Dari segi fisiologi tumbuhan ini tergolong tumbuhan C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam studi agronomi, respon dramatis dan karakteristik jagung terhadap defisiensi atau keracunan unsur-unsur yang tidak penting membuat jagung menjadi tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang masuk.

Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung

Dadar Jagung

resep dadar jagung enak

Dadar jagung adalah makanan yang terbuat dari jagung, tepung, telur ayam, dan goreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa variasi menggunakan daun bawang, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Dadar jagung di Manado dimakan dengan sambal yang disebut dabu-dabu.

Dadar Jagung Padang Panjang mungkin sedikit asing di telinga banyak orang namun bagi kebanyakan orang yang melakukan perjalanan dengan jalur trans-sumatera menggunakan bus umum biasanya sudah sangat familiar dengan sajian unik yang satu ini, karena selalu dijajakan saat bus berhenti di padang panjang Kota, Sumatera Barat. Dijual panas karena segar, dadar jagung ini memiliki rasa yang begitu nikmat, harum dan terdapat perpaduan rasa gurih, asin, manis dan pedas yang banyak dibeli dalam jumlah banyak untuk disantap langsung maupun untuk perjalanan jauh dengan bus. Saking terkenalnya jajanan ini hingga ada anekdot yang mengatakan kalau kamu mencium kuenya pasti bus kamu melewati kota Padang Panjang. Saat ini Dadar Jagung Padang Panjang masih dijual di berbagai tempat di kota dingin ini seperti di pasar dan tempat keramaian lainnya.

Manfaat Jagung

resep dadar jagung enak

1. Mineral Kaya

Beberapa mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, besi, tembaga, seng, dan selenium. Semua mineral ini berperan dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Mencegah anemia

Jika Anda menderita anemia, Anda mungkin perlu memperbanyak konsumsi jagung. Karena anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

3. Pengendalian diabetes

Manfaat jagung untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengontrol diabetes. Pasalnya, ada senyawa tertentu dalam jagung yang bisa mengurangi risiko penyakit ini.

4. Melawan kanker

Jagung kaya akan antioksidan yang efektif melawan beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker hati. Jagung memiliki peran dalam membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat dalam tubuh.

5. Kulit sehat

Jagung dalam bentuk minyak merupakan salah satu produk kecantikan yang mulai banyak dijumpai di pasaran. Minyak jagung memang memiliki kemampuan menutrisi kulit secara alami.

Itulah berbagai manfaat jagung bagi kesehatan. Jangan lupa tambahkan jagung untuk menu konsumsi harian Anda.

Resep Dadar Jagung

Bahan-bahan Yang Diperlukan yaitu:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis disisir
  • 3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 Butir bawang merah
  • 2 Siung bawang putih

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Uleg kasar jagung sisir. Bisa juga diproses dengan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Bumbui adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya.
  4. Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian tuang melebar di pinggiran wajan yang sudah diisi minyak panas. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.
  5. Bakwan jagung siap dihidangkan dengan pelengkap sambal petis dan cabai rawit.

Itu tadi resep dadar jagung enak, simple dan bikin ketagihan. Semoga apa yang Saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Jika, Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang dadar jagung manis Anda bisa membaca artikel tentang resep dadar jagung manis. Semoga bermanfaat.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Menilik Penggunaan Tawas Untuk Pengolahan Air

Penggunaan tawas untuk pengolahan air – Tawas atau aluminium sulfat memiliki banyak kegunaan. Salah satunya sudah lama dikenal sebagai flokulator, yang berfungsi mengumpulkan kotoran...
Bara Bere
2 min read

Cincin Emas Terbaik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Wanita

Cincin merupakan salah satu perhiasan sekaligus aksesoris yang banyak digunakan oleh wanita. Wanita bisa menjadi lebih percaya diri jika mereka menggunakan cincin yang sesuai...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *