PENGERTIAN DAN JENIS KALIGRAFI MASJID

Kaligrafi adalah seni rupa yang dirangkai susunan huruf-huruf Arab yang indah.  Kaligrafi dirangkai menjadi sebuah kalimat tersusun, dimana rangkaian huruf Arab itu dibuat dengan proporsi yang sesuai, baik jarak maupun isinya yang mengenai ayat-ayat Al-Quran atau Al-Hadits.

Istilah Kaligrafi dalam bahasa Arab adalah Khatt, yaitu coretan tangan, dasar garis atau tulisan pena. Khatt atau kaligrafi adalah sebuah tulisan indah yang memiliki nilai estetis . dan sedangkan dalam bahasaYunani adalah Kallos yang memiliki arti indah dan graphia yang berarti aksara, tulisan, atau gambar.

Berikut definisi dan pengertian Kaligrafi, menurut Para Ahli :

  • Menurut M. Echols dan Hassan Shadily Kaligrafi adalah à adalah “kalios dan graph” yang artinya suatu tulisan atau aksara yang indah.
  • Menurut RahmanKaligrafi à adalah sebuah rangkaian huruf Hijaiyah yang memuat ayat Al-Qur’an maupun Al-Hadist dimana rangkaian huruf itu dibuat dengan proporsi yang sesuai, baik jarak.
  • Menurut Bela Safira Kaligrafi à adalah suatu bentuk karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan pada huruf sehingga mempunyai nilai-nilai estetika.
  • Menurut Sirojuddin Kaligrafi à adalah seni yang menulis huruf Arab dengan indah yang mengenai ayat – ayat Al-Qur’an atau Al-Hadist.

JENIS – JENIS KALIGRAFI

Berikut adalah Jenis – Jenis Kaligrafi :

  • Kaligrafi Tsuluts

Tsulust merupakan tulisan bahasa Arab yang sangat tua yang populer pada dekade awal periode Dinasti Abbasiyah, Tsuluts juga  banyak digunakan sebagai Ornamen pada arsitektur Masjid, sampul buku, atau dekorasi interior.  Tulisan Kaligrafi Tsuluts ini sangat ornamental, dan ditambah dengan banyak hiasan.

  • Kaligrafi Riq’ah

Riq’ah adalah Kaligrafi pengembangan kaligrafi gaya Naskhi dan Tsuluts. Karakter Kaligrafi ini hurufnya sangat tanpa harakat dan sederhana, sehingga mudah untuk ditulis cepat.

  • Kaligrafi Naskhi

Kaligrafi Naskhi adalah jenis kaligrafi yang  sering dipakai oleh umat Islam. Gaya Kaligrafi Naskhi merupakan gaya penulisan Kaligrafi tertua. Kaligrafi ini sering digunakan untuk menulis mushaf Al-Qur’an sampai sekarang. Huruf Kaligrafi Naskhi sederhana, hampir tidak ada hiasan , sehingga lebih mudah ditulis dan juga mudah untuk dibaca.  

  • Kaligrafi Kufi

Kaligrafi Kufi adalah Kaligrafi gaya penulisan Al-Qur’an pada periode awal. Oleh karena itu, Gaya Kaligrafi Kufi adalah model penulisan yang paling tua di antara semua gaya kaligrafi yang lain.

  • Kaligrafi Ijazah (Raihani)

Kaligrafi Ijazah (Raihani) adalah sebuah kaligrafi yang perpaduan antara gaya Tsuluts dan gaya Naskhi. Gaya kaligrafi ini digunakan untuk penulisan dari seorang guru kaligrafi kepada muridnya. Kaligrafi ini lebih sederhana, sedikit hiasan tambahan, dan tidak ditulis secara bertumpuk – tumpuk.

  • Kaligrafi Diwani

Adalah Kaligrafi Gaya yang biasanya digunakan untuk menulis kepala surat resmi dari kerajaan. Model kaligrafi ini digunakan untuk ornamen arsitektur dan sampul buku. Kaligrafi gaya ini tidak berharokat, tetapi Keindahan tulisannya bergantung pada penulisan garisnya yang kadang-kadang meninggi atau menurun.

  • Kaligrafi Diwani Jali

Adalah kaligrafi yang huruf Arabnya mirip sama Diwani akan tetapi lebih ornamental, padat dan kadang juga bertumpuk. Kenapa? Karena Kaligrafi ini lebih ditujukan untuk keperluan dekoratif. Dan biasanya model kaligrafi ini digunakan seperti dekorasi interior masjid atau benda hias.

  • Kaligrafi Farisi

Adalah gaya kaligrafi yang telah dikembangkan oleh orang Persia. Kaligrafi ini sangat mengutamakan unsur garis, ditulis tanpa harakat, Dan Gaya ini digunakan seperti sebagai dekorasi eksterior Masjid yang biasanya dipadukan dengan warna warni Arabes.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *