Minyak Atsiri Sereh Wangi

Hai teman teman semua apa kabar kalian? kali ini kita akan membahas tentang minyak atsiri sereh wangi . Minyak ini sangat populer di indonesia dan kalian juga dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan mesin penyulingan minyak atsiri. Penasaran ? simak sampai akhir ya..

Minyak serai sangat populer untuk penggunaan topikal. Kandungan esensial dalam minyak serai dipercaya mampu mengatasi nyeri, pencernaan, dan sakit kepala. Minyak ini juga merupakan bahan aromaterapi yang populer.

Minyak serai dapat dioleskan langsung ke tubuh atau diuapkan. Penting untuk tidak meminum minyak serai secara langsung kecuali Anda mengikuti petunjuk dari ahli kesehatan.

Antibakteri dan antijamur

Serai digunakan sebagai obat obatan alami untuk menyembuhkan luka dan membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur. Sebuah studi 2010 menemukan minyak esensial serai efektif melawan berbagai bakteri yang resistan terhadap obat seperti infeksi kulit, pneumonia, darah dan infeksi usus.

Minyak serai efektif untuk mengobati infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri. Minyak serai juga efektif mencegah tumbuhnya jamur seperti kurap dan kutu air.

Mencegah peradangan

Minyak serai telah dipelajari untuk mengobati peradangan pada kulit. Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan minyak esensial serai memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada tikus dengan infeksi jamur.

Peradangan kronis dianggap menyebabkan banyak masalah kesehatan. Ini juga termasuk radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Sereh mengandung citral, senyawa anti inflamasi.

Kaya akan antioksidan

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011, obat kumur minyak serai menunjukkan kemampuan antioksidan yang kuat. Ini sangat begitu bermanfaat bagi penderita radang gusi dan masalah mulut lainnya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, serai terbukti memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efektif dalam membasmi radikal bebas dalam percobaan in vitro.

Meredakan sakit perut dan mual

Serai juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk sejumlah masalah pencernaan, mulai dari sakit perut hingga tukak lambung. Serai juga merupakan bahan umum dalam teh herbal dan suplemen untuk mual. Meskipun sebagian besar produk herbal menggunakan daun serai kering, penggunaan minyak esensial untuk aromaterapi dapat memberikan manfaat yang serupa.

Obati diare

Menurut sebuah penelitian tahun 2006, serai dapat membantu memperlambat diare secara alami. Menggunakan minyak serai secara topikal pada perut dipercaya dapat meredakan sakit perut akibat diare.

Mengatasi kolesterol

Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung. Sebuah studi tahun 2007 menemukan minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol dalam penelitian tikus.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak serai dapat menjaga kesehatan kadar trigliserida dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Mengobati Varises

Meskipun penelitian terbatas, data teoretis menunjukkan bahwa minyak esensial seperti serai dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan. Ini dapat membantu meringankan kondisi seperti varises.

Anda dapat membuat kompres hangat dengan merendam kain bersih dalam campuran lima tetes minyak esensial serai dan satu liter air. Oleskan kompres ini ke area yang terkena selama 15 menit.

Mengelola nyeri sendi

Jeruk dalam minyak esensial serai dapat membantu meredakan nyeri karena mengurangi peradangan. Menurut sebuah studi tahun 2017 pada orang dengan rheumatoid arthritis, minyak serai topikal mengurangi rasa sakit radang sendi. Rata-rata, tingkat nyeri menurun dari 80 menjadi 50 persen dalam 30 hari.

Menghilangkan stres

Banyak penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi seperti serai dapat meredakan stres dan kecemasan. Menggabungkan aromaterapi dengan pijatan juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Menggunakan pijatan minyak serai seminggu sekali selama tiga minggu membantu menurunkan tekanan darah diastolik.

Mengobati sakit kepala

Senyawa dalam serai yang disebut eugenol memiliki sifat yang mirip dengan aspirin. Eugenol dianggap mencegah trombosit darah dari pembekuan. Ini juga melepaskan serotonin. Serotonin adalah hormon yang mengatur mood, tidur, nafsu makan dan fungsi kognitif.

Nah mungkin itu kurang lebih yang dapat saya jelaskan , semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel artikel selanjutnya.

Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Kompos organik dapat dibuat dari bahan dasar sampah organik. Sampah organik itu sendiri merupakan sampah yang masih bisa dipakai lagi, atau sampah daur ulang...
Bara Bere
2 min read

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi. Kami adalah melayani sewa mobil dengan harga benar-benar kompetitif guna sewa hitungan per hari juga sewa kendaraan bulanan...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *