Membuat Rawon Yang Super Enak

Konon resep rawon daging sapi merupakan salah satu masakan tertua di Indonesia dan benar-benar otentik. Kita juga mengenal banyak pengaruh asing yang berasimilasi dengan kearifan lokal dan kini telah menjadi ragam hidangan tradisional. Tapi rawon termasuk yang paling klasik dan penampilannya yang unik sudah dikenal sejak abad ke-10!

Tidak hanya sajian ini yang bertahan hingga saat ini, cara memasak rawon untuk dagingnya pun sudah dikenal hingga ke seluruh pelosok nusantara. Sehingga tidak heran jika banyak rumah tangga di kota atau desa yang memasak rawon sebagai makanan rumah sehari-hari. Serunya lagi, rawon berasal dari Jawa Timur – negeri yang kaya akan makanan enak dan variatif. Tidak selalu pedas, sebenarnya ada yang berasal dari sini dan rawon adalah salah satunya.

Bumbu daging rawon ini selalu menggunakan daging sapi, namun ada yang membuatnya khas yaitu munculnya kuahnya yang berwarna hitam pekat. Alasannya karena buah keluak atau kluwek. Isi buah rebus ini dicampur dengan kaldu sapi yang juga digunakan untuk memasak daging. Selain warnanya yang hitam pekat, kaldu sapi memiliki cita rasa yang khas dan tidak umum ditemukan pada masakan lain.

Fakta menarik, kluwek juga digunakan untuk hidangan Toraja yang disebut pammarasan. Lain kali ada kesempatan mungkin kita akan coba masak bersama ya. Fakta menarik lainnya adalah konon kluwek harus melalui satu proses terlebih dahulu agar aman untuk dimasak dan dikonsumsi. Namun tentunya tidak sekontroversial ikan fugu yang populer di kuliner Jepang.

Oke, setelah daging dan kuahnya matang, siapkan juga bumbu rawon pelengkap seperti telur asin dan tauge rebus. Keduanya sangat cocok dengan rawon dan Anda harus mencoba kombinasinya. Tambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam saus untuk menambah rasa segar dan menemani dengan nasi putih hangat. Dijamin malam ini kamu akan tidur nyenyak, kenyang, dan bermimpi makan rawon lagi keesokan harinya.

Berikut ini adalah bagamana cara membuat makanan rawon yang super enak yang dapat kalian praktekan sendiri dirumah.

Bahan

  • 500gram daging sandung lamur sapi
  • 1dengkul sapi, belah dua
  • 3lembar daun jeruk purut segar
  • 1batang serai, memarkan
  • 1sdm air asam jawa
  • 2batang daun bawang, iris seukuran 1 cm
  • 3bungkus Royco Kaldu Sapi
  • 3liter air
  • 5sdm minyak goreng
  • Dan juga mesin pembuat rawon

Daftar Isi

Bumbu halus

  • 4siung bawang putih
  • 8butir bawang merah
  • 5buah keluak, geprek dan rendam isinya dengan air panas
  • 4butir kemiri, sangrai
  • 1cm kunyit, bakar

Cara membuat

1.Rebus daging dan lutut sapi hingga setengah empuk. Potong daging sesuai selera. Menyisihkan.

2.Masukkan Beef Broth Royco ke dalam air rebusan daging.

3.Tumis beberapa bumbu halus antar lain adalah, lengkuas, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang.

4.Masukkan potongan daging ke dalam tumis, masak hingga bumbu meresap.

5.Masukkan daging tumis ke dalam kaldu. Masak dengan api kecil sampai daging empuk.

6.Sajikan hangat dengan pelengkap.

Demikian dari artikel tentang membuat rawon yang dapat kalian jadikan salah satu usaha UMKM di rumah kalian dan kami juga memiliki beberapa resep alternatif lainya yang mungkin kalian juga dapat membuatnya yaitu resep usus crispy. Itu saja yang dapat saya bagikan dartikel kali ini bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf sampai jumpa di next artikel

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *