Membuat Abon Sapi Untuk Bisnis Usaha UMKM

Indonesia memiliki ragam kuliner tradisional yang khas. Mulai dari yang kental, kering, soto, hingga jajanan tradisional yang biasa dijual di pasaran. Salah satu jajanan tradisional Indonesia yang paling populer adalah lemper. Daging suwir Lemper merupakan makanan yang terbuat dari ketan dan biasanya diisi dengan suwiran daging sapi dan bumbu khas.
Biasanya Lemper dijual bersama jajanan tradisional lainnya seperti ketimun, arem-arem, dan lain sebagainya. Lemper terlihat seperti arem-arem karena sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, arem-arem terbuat dari beras sedangkan lemper dari beras ketan. Keduanya memiliki isian, namun lemper biasanya diisi dengan daging ayam atau suwir.
Daging ayam merupakan bahan isian yang digunakan, namun selain itu bahan lain seperti suwir daging sapi dan suwiran daging juga bisa digunakan. Tekstur ketan yang lebih pulen dipadukan dengan suwiran daging sapi untuk menciptakan rasa gurih dengan sedikit rasa manis. Daging suwir Lemper sangat gurih dan rasanya nikmat saat disantap saat masih panas, oleh karena itu anda harus membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga tercinta.
Lemper biasanya disajikan untuk acara arisan, jajanan untuk seminar, atau bahkan jajanan untuk acara pernikahan. Kini ternyata banyak orang yang memvariasikan bentuk, isian, dan penyajian lemper. Jajanan ini sangat digemari banyak orang karena tidak hanya enak tapi mengenyangkan dan biasanya harga 1 lemper terbilang terjangkau, tapi dari pada beli diluar sana lebih baik bikin sendiri dirumah lebih bersih dan untuk isiannya juga bisa sesuai dengan kebutuhan anda. rasa.
Proses pembuatannya cukup praktis dan mudah, Anda tidak akan kesulitan walaupun belum pernah mencobanya sama sekali. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana, bahan-bahan yang diperlukan dapat Anda temukan dengan mudah di pasar tradisional. untuk mengetahui cara membuatnya bisa menyimak langsung pembahasannya di bawah ini.
Usaha Anda untuk membuatnya dijamin tidak sia-sia. Selain rasanya yang enak, lemper suwir daging sapi bisa bertahan hingga beberapa hari. Jadi tidak masalah jika Anda ingin memakannya sekarang atau besok. Lemper adalah masakan Indonesia. Daging suwir ini menambah rasa gurih. Selain suwiran daging dan ayam suwir, Anda juga bisa menggunakan isian lain seperti ayam cincang. Kemudian, ketan yang sudah diisi suwiran atau daging cincang tinggal dibungkus dengan daun pisang.
Jajanan ini cukup populer di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan sering dijadikan sebagai menu makanan sebelum mengkonsumsi menu utama. Biasanya lemper suwir sapi ini disajikan sebagai menu andalan dan juga sering dipadukan dengan makanan tradisional lainnya. Yang membuat masakan ini membutuhkan waktu lama untuk memasak ketannya.
Kemudian ketan tersebut ditancapkan pada daun pisang satu persatu yang bentuknya seperti membuat lontong, bisa panjang atau bisa kecil. Tidak sampai disitu, prosesnya masih terus berlanjut yaitu dengan cara dikukus hingga matang. Tetap tenang. Daripada penasaran dengan resepnya, kamu bisa menyimak bahan dan langkah membuat lemper suwir sapi sebagai berikut.

Resep Membuat Abon

a. Bahan:

500 gram daging ayam / fillet ayam
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
400 ml santan
Air secukupnya, sampai mendidih
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng


b. Bumbu yang dihaluskan :

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1 cm kunyit
1 sendok teh ketumbar
Garam secukupnya
25 gram gula merah sisir halus
Minyak secukupnya, untuk menumis


Bagaimana membuat:

  • Rebus ayam hingga empuk / matang. Angkat dan tiriskan.
  • Hancurkan atau kocok ayam hingga keluar seratnya.
  • Ayam giling kemudian diparut halus Tumis bahan yang sudah dihaluskan. Aduk hingga harum.
  • Tambahkan bahan lain seperti serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk kembali hingga tercampur.
    uang santan ke dalam tumisan juga. Masak sampai mendidih.
  • Masukkan kedalam mesin pembuat abon ayam suwir, aduk / masak hingga santan berkurang dan ayam agak kering. Angkat dan sisihkan sejenak.
  • Goreng ayam suwir hingga kering dengan api sedang.
  • Angkat dan tiriskan. Agar kandungan minyak pada ayam suwir tidak terlalu banyak, anda bisa menggunakan tisu untuk menyrp minyaknya.
  • Peras hingga minyak benar-benar keluar.
  • Menyajikan

Demikian informasi tentang cara membuat ikan suwir dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam membuat abon sendiri untuk disajikan kepada keluarga anda ataupun untuk peluang usaha anda membuka warung makan dan kami juga memiliki resep lain yaitu resep usus crispy bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *