Membuat Abon Sapi Super Praktis

Pada artikel kaliini saya akan memberikan beberapa cara tentang membuat abon sapi dengan sangat praktis dan enak dapat kalian baca di artikel ini dengan sangat mudah,sebelum kita masuk kedalam pembuatan abon sapi berikut ini adalah nila nutrisi yang berada pada makanan abon sapi.

Definisi Ayam

Ayam atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Gallus gallus domesticus yang termasuk dalam golongan aves atau hewan bersayap yang telah dibudidayakan atau diternakkan oleh manusia sejak zaman dahulu untuk dimanfaatkan untuk daging dan telurnya. Jadi ayam yang diternakkan berasal dari salah satu subspesies ayam hutan atau lebih dikenal dengan ayam hutan merah, ada juga yang menyebutnya ayam mati. Umumnya ayam dapat dikawinkan silang dengan kerabat dekat seperti ayam hutan hijau yang kemudian menghasilkan jenis hibrida mandul yang pejantannya lebih dikenal dengan ayam bekisar.

Ayam yang sudah didomestikasi saat ini sangat mudah dijinakkan sehingga mudah dipelihara. Kemudian salah satu yang dijadikan keunggulan dalam budidaya ayam adalah ayam dapat dengan mudah beradaptasi di sembarang tempat, yang penting tersedianya pakan yang cukup. Ciri khas ayam adalah sistem genitalnya yang diatur oleh sistem hormonal. Apabila terjadi gangguan pada fungsi fisiologis tubuh ayam maka akan terjadi perubahan, perubahan tersebut yaitu ayam betina dapat berganti kelamin menjadi kelamin jantan, hal ini dikarenakan ayam dewasa masih mengalami dormant atau ovotestis yang tidak bergerak.

Nutrisi Daging Ayam

Kandungan Gizi, Daging Ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. dalam daging ayam mengandung bentuk asam amino. Fungsi asam amino sendiri adalah untuk membangun otot di dalam tubuh. Selain itu, 100 gram daging ayam mengandung 18 gram protein. Kemudian daging ayam juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup banyak.

Pada daging ayam terdapat beberapa jenis vitamin, diantaranya sebagai berikut:

  • Vitamin A: bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata dan juga mempertajam penglihatan.
  • Vitamin B: berfungsi untuk mengobati dan mencegah katarak, menjaga sistem pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi gangguan jantung, menjaga sistem saraf, kolesterol tinggi dan diabetes.
  • Vitamin D: berfungsi membantu penyerapan kalsium dan kesehatan tulang.
    Dalam daging ayam mengandung mineral seperti zat besi dan fosfor yang berguna untuk mencegah anemia, tulang, menjaga kesehatan otak dan gigi serta dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh kita. Manfaat ayam untuk kesehatan tubuh sangat banyak karena daging ayam mengandung vitamin, protein dan mineral yang tinggi. Makan / makan ayam dipercaya dapat menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, mencegah resiko kanker dan mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Daging Ayam

Berikut manfaat ayam untuk kesehatan tubuh

  • Mengurangi Risiko Kanker
  • Menurunkan berat badan
  • Mengontrol Tekanan Darah
  • Meringankan Gejala Flu
  • Mengurangi Risiko Penumpukan Kolesterol
  • Ayam sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi tubuh Anda. Ada sebagian orang yang menyukai ayam karena mungkin cara pengolahannya masih amis atau ada yang alergi daging ayam. Namun perkembangan negara Indonesia banyak yang mengolah daging ayam dengan cara memasaknya menjadi ayam suwir. Makanan suwir ini populer. Hampir bisa dipastikan, makanan ini menjadi salah satu lauk pauk favorit keluarga Indonesia yang bisa Anda temukan dan temui di mana pun Anda berada.

Abon adalah makanan yang terbuat dari daging hewani. Makanan ini didominasi warna coklat. Ciri khasnya, daging suwir memiliki serat kapuk yang telah diolah menjadi potongan-potongan daging kecil. Keunggulan abon adalah, dengan sistem penyimpanan yang kering dan hampir tidak ada sisa kadar air, abon disimpan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang rapat dari udara luar. Pada umumnya suwiran terbuat dari daging sapi atau kerbau. Sebenarnya kebanyakan orang tahu bahwa hanya daging sapi dan kerbau saja yang bisa dijadikan bahan membuat suwiran. Padahal, semua jenis daging, termasuk ikan dan ayam, bisa digunakan untuk membuat suwiran daging. Bahan lainnya ini tidak kalah nikmatnya jika diolah menjadi suwiran.

Dengan variasi bahan dasar suwir, Anda memiliki banyak pilihan, dan ini juga merupakan peluang untuk menghasilkan uang. Apa itu mungkin? Pasti bisa, bukan? Nah, di era teknologi yang semakin maju, alat bantu dapat kita manfaatkan agar lebih mudah dan maksimal agar hasil sesuai dengan hasil yang kita inginkan. Tentunya hasil produksi akan berkualitas tinggi dan memiliki kuantitas yang maksimal. Tidak hanya itu, Abon sendiri terkenal dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Penggemar juga beragam dan memiliki nilai jual yang bagus. Apalagi varian ayam suwir dengan menggunakan daging ayam sebagai bahan utama dan rasanya tidak kalah nikmat dengan suwiran daging sapi.

Resep Membuat Abon  Sapi

a. Bahan:

500 ml air
1/2 sendok teh garam
2 dada ayam
Minyak secukupnya
6 lembar daun jeruk, iris halus
2 batang serai, memarkan
100 gram kelapa muda, parut panjang
300 ml santan
25 gram gula pasir


b. Bumbu halus :

4 siung bawang putih
6 bawang merah
8 buah cabai merah
3 btr kemiri
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah


Bagaimana membuat :

  • Didihkan air dan garam, masukkan ayam, masak hingga daging matang dan empuk. Angkat dan biarkan dingin. Ayam rebus suwir.
  • Panaskan minyak goreng, goreng ayam suwir hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  • Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum.
  • Tambahkan kelapa parut dan santan. Masak sampai kelapa mengering.
  • Masukkan ayam suwir goreng dan gula pasir mengunakan mesin pengukus abon, aduk hingga ayam tertutup bumbu dan kering.
    Sajikan 350 gram.

demikian mengenai artikel kali ini tentang membuat abon sapi dengan sangat praktis yang dapat kalian coba dirumah kalian bersama keluarga kalian, dan kami juga memiliki beberapa resep alternatif lainya untuk menu cemilan kalian yaitu resep usus crispy. Itu saja yag dapat saya bagikan bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *