Megahnya Masjid agung Darussalam Palangkaraya Kalimantan tengah

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang salah satu masjid di ndonesia yang terkenal akan keindahan dan kemegahannya yaitu Masjid Raya Darussalam dari Palangkaraya

Masjid Darussalam merupakan masjid terbesar dan termegah di kota Palangka Raya. Lokasi masjid yang dibangun di atas tanah sekitar 5 hektar berada di kompleks noda Palangka Raya.

Masjid Darussalam juga menjadi pusat pengembangan Islam dan dirancang dengan fasilitas bangunan multiguna. Sedangkan untuk menara masjid, ia memiliki ketinggian hingga 118 meter.

Anda dapat menikmati keindahan Darussalam Raya Masjid langsung dari Jln. Raya G. Obos. Ketika Anda memasuki pintu masuk Kampus Stain, Anda akan memasuki gerbang masjid besar Darusalam. Jalan ini memiliki dua jalur yang dibagi dengan dekorasi kaligrafi yang memiliki bahan dasar beton dengan dekorasi keramik merah dan putih, ada juga dekorasi kaligrafi kalimat tauhid. Selain itu, kombinasi dua simbol yang ada dapat tauhid untuk Islam dengan merah dan putih untuk Indonesia.

Berdasarkan perencanaan, bangunan arsitektur Masjid Darussalam terdiri dari tiga lantai, yaitu lantai pertama yang digunakan untuk fasilitas kantor. Kamar ini memiliki luas hingga 1.017 meter persegi. Sedangkan di lantai dua dan lantai tiga, ia memiliki luas hingga 2.028 meter persegi. Sehingga area bangunan masjid adalah 3.358,5 meter persegi. Di kamar masjid ini dapat menampung peziarah ke 5.000 sidang.

Bukan hanya ruang masjid yang bisa digunakan untuk doa. Halaman masjid juga dapat digunakan untuk doa dengan luas hingga 3.442,5 meter persegi sehingga dapat menampung sekitar 15.000 sidang. Area parkir memiliki kapasitas hingga 72 unit mobil dengan kendaraan bermotor hingga 300 unit di sekitarnya ada juga ruang terbuka.

Jam masjid digital

Berdasarkan simbol di masjid ini, dapat dilihat dengan jelas jika masjid ini adalah masjid merpakan yang memiliki simbol Pancasila. Memiliki lantai keramik di dalamnya dikombinasikan dengan merah dan putih. Alasannya karena masjid agung Darussalam adalah salah satu dari 999 masjid yang telah membangun Yayasan Charity Musim Pancasila atau (YAMP) yang telah tersebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi, masjid yang memiliki model arsitektur ini sering disebut oleh masyarakat dengan masjid Pancasila.

Kegiatan yang dilakukan di masjid agung sangat beragam tidak hanya untuk doa. Kegiatan keagamaan lain yang biasanya dilakukan di sini seperti TPA, madrasah, dan pusat kegiatan belajar masyarakat). Di masjid ini juga menyelenggarakan Da’wah Islam yang dipimpin oleh para pemimpin agama dengan para penyembah yang terdiri dari tetangga dan orang luar.

Dalam pembangunan pembangunan masjid ini, terutama bagian dari kubah, disediakan hingga 15 teknisi dari Jakarta. Kubah utama masjid ini memiliki diameter hingga 32 meter. Gedung Dome juga dirancang dengan metode terbaru sehingga menghasilkan kubah modern dengan desain yang sangat luar biasa. Materi yang dipilih untuk bangunan kubah ini berasal dari bahan GRC sehingga selain menjadi lebih kokoh, jenis kubah ini juga memiliki bobot yang sangat ringan. Semen yang diperkuat Glassfiber atau (GRC) adalah bahan komposit yang berasal dari keberadaan campuran semen dan juga pasir dan kemudian dipompa dan disemprot saat diberi pertobatan fiberglass. Komponen GRC ringan karena menghasilkan produk tipis itu akan memfasilitasi transportasi, penyimpanan, penanganan, hingga proses instalasi di atas masjid. Selain kubah utama, kubah pendamping di masjid ini juga membangun sama dengan kubah utamanya.

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *