Manfaat Dan Cara Buat Minyak Atsiri Lemon

Hai teman teman apa kabar kalian semua? kali ini kita akan membahas tentang cara dan manfaat minyak artsiri lemon . simak artikel ini sampai akhir ya..

Minyak lemon adalah pembersih dan bahan perawatan kulit serbaguna yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Untuk membuat minyak lemon, Anda membutuhkan kelapa, minyak biji anggur, atau minyak almond manis, beberapa lemon, dan stoples dengan tutup kedap udara. Anda bisa membuat minyak lemon dengan cepat di atas kompor atau dengan teknik cold press yang membutuhkan waktu 2 minggu. Setelah selesai, minyak lemon dapat digunakan untuk membersihkan meja dapur dan lantai, atau ditambahkan ke air untuk berendam, atau disemprotkan ke wajah untuk menenangkan dan menutrisi kulit. Kita dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan mesin penyulingan minyak atsiri.

Membuat Minyak Lemon di Atas Kompor

Cuci dan keringkan 5-6 lemon.

Lepaskan stiker dari lemon lalu bilas lemon dengan air dingin. Saat membilas lemon, gosok kulit luarnya dengan spons atau sikat sayuran untuk menghilangkan residu dan kotoran pestisida. Setelah itu, keringkan lemon dengan lap atau tisu dapur.

  • Membersihkan lemon seperti ini akan mencegah pestisida bercampur dengan minyak lemon.

Kupas kulit lemon dengan alat.

Jika Anda tidak memiliki pengupas buah, Anda bisa menggunakan pisau atau parutan keju untuk mengupas kulit lemon. Kupas bagian luar lemon dengan pengupas dan tarik kulitnya menjadi potongan-potongan panjang. Tempatkan kulit lemon dalam mangkuk dan sisihkan untuk digunakan nanti.

  • Bagian kuning dari kulit lemon yang mengandung minyak. Anda tidak perlu mengupas bagian putih lemon.

Rebus setengah panci air di atas kompor, lalu kecilkan api.

Jika Anda memiliki ketel ganda, Anda bisa menggunakan panci ini untuk membuat minyak lemon. Namun, jika tidak, Anda bisa menggunakan wajan biasa. Isi panci setengah penuh dengan air lalu panaskan di atas kompor dengan api besar. Tunggu hingga air mulai menggelembung lalu gunakan api paling kecil di atas kompor.

  • Jika Anda menggunakan panci biasa, sisakan ruang untuk mangkuk.
  • Setelah panasnya turun, air akan berhenti mendidih.
  • Anda harus menggunakan api kecil di atas kompor agar minyak lemon tidak mendidih.

Tempatkan kulit lemon dan 1 cangkir (250 ml) minyak kelapa ke dalam mangkuk.

Jika Anda menggunakan perebus ganda, tuangkan minyak kelapa dan letakkan kulit lemon di atas wajan. Jika tidak, tuangkan minyak ke dalam mangkuk yang sesuai dengan wajan.

  • Anda dapat menggunakan minyak biji anggur dan minyak almond manis sebagai pengganti minyak kelapa.

Letakkan mangkuk di atas panci berisi air dan biarkan mendidih dengan api kecil

Turunkan mangkuk minyak dan kulit lemon ke dalam air panas secara perlahan. Perhatikan minyak lemon agar tidak mendidih.

  • Kenakan sarung tangan oven agar tangan Anda tidak terbakar.
  • Panas terkecil akan mengekstrak semua minyak alami dari kulit lemon sehingga perlahan meresap ke dalam minyak kelapa.

Biarkan minyak mendingin selama 2-3 jam.

Kenakan sarung tangan oven saat menyentuh mangkuk panas. Matikan kompor lalu keluarkan mangkuk dari panci berisi air. Sisihkan minyak di meja dapur dan tutupi dengan aluminium foil atau bungkus plastik.

  • Tunggu hingga minyak mendingin hingga mencapai suhu ruangan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Saring minyak dan masukkan ke dalam toples.

Gunakan saringan atau kain katun tipis untuk menyaring minyak lemon dan memisahkan kulitnya. Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, minyak alami lemon akan meresap ke dalam minyak yang Anda gunakan.

  • Gunakan stoples dengan tutup kedap udara agar minyak lemon bertahan lebih lama.

Simpan stoples di tempat yang sejuk dan gelap.

Simpan minyak lemon di tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es atau lemari dapur. Minyak lemon dapat disimpan hingga 1 bulan sebelum kadaluwarsa.

Nah mungkin itu kurang lebih yang dapat saya jelaskan dan semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel artikel selanjutnya.

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *