Manfaat Buah Pinang Diolah Bersama Gula Merah Bagi Kesehatan

manfaat buah pinang diolah bersama gula merah
Ilustrasi Buah Pinang Muda

Manfaat buah pinang diolah bersama gula merah – Buah pinang muda atau buah dari tanaman pinang ini sering kita jumpai di sekitar kita. Baik untuk tanaman hias maupun dibudidayakan untuk ekspor dan impor hasil perkebunan.

Khasiat buah pinang sudah dikenal masyarakat berbagai negara, termasuk Indonesia, yang telah menggunakan dan mengkonsumsinya sejak dahulu kala. Areca-nut dalam bahasa latinnya tanaman pinang ini termasuk dalam pohon palem. Kebanyakan orang menggunakan biji buah pinang ini berbagai keperluan.

Pinang muda dikenal sebagai obat herbal di sebagian masyarakat Indonesia. Buah pinang biasanya bisa dikonsumsi langsung dengan buah pinang yang dicampur dengan daun sirih dan tembakau atau bisa juga diolah menjadi ekstrak, jus atau sekadar direbus.

Di era modern ini, buah pinang juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan industri sebagai bahan baku untuk warna kulit. Dalam bidang kesehatan, buah pinang dapat dimanfaatkan sebagai obat eksim, pereda nyeri, obat cacing dan lain sebagainya.

Mari kita simak manfaat buah pinang diolah bersama gula merah yang kami rangkum dari berbagai sumber dibawah ini.

Baca Juga : Menilik Penggunaan Tawas Untuk Pengolahan Air

Manfaat Buah Pinang Diolah Bersama Gula Merah

1. Meningkatkan kesehatan pria

Salah satu manfaat buah pinang diolah bersama gula merah adalah dipercaya dapat meningkatkan stamina pria. Dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari karena bahan-bahannya relatif mudah ditemukan di sekitar kita serta mudah untuk dicampur dan diolah. Jika Anda tidak tahan dengan rasa pahit dari buah pinang muda ini, campurkan saja dengan madu, jahe, serai dan gula merah.

Agar mendapatkan manfaat yang maksmimal, siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

  • 3 Buah Pinang Muda
  • 50 gram Gula merah atau secukupnya

Alat:

  • Piring plastik atau melamin
  • Alat penumbuk (ulekan)
  • Sendok makan

Cara Membuat Racikan Buah Pinang

  1. Kupas buah pinang dan ambil bagian biji buahnya
  2. Potong biji buah pinang menjadi bagian kecil agar mudah untuk dihaluskan
  3. Tambahhkan gula merah secukupnya saja
  4. Tumbuk semua bahan sampai melunak
  5. Jemur hasil tumbukan tersebut selama kurang lebih 30 menit
  6. Setelah semua bahan selesai diracik bisa langsung dikonsumsi

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Biji dan daging dari buah pinang muda dapat digunakan sebagai penguat gigi yang rapuh apabila diolah bersama daun sirih, biasanya digunakan untuk kegiatan menyirih. Kandungan Tanin pada buah pinang muda ini berkhasiat untuk menguatkan gusi dan menghentikan pendarahan. Buah pinang juga mempunyai zat anti-bakteri sehingga bisa menyingkirkan penyebab bau mulut.

3. Sebagai obat cacingan

Kandungan anthelmintica yang terdapat pada buah pinang dapat meluruhkan cacing pada usus manusia. Sedangkan zat adstringensia berfungsi untuk menciutkan selaput lendir. Dengan kombinasi zat yang terkandung pada buah pinang ini dapat digunakan sebagai obat cacingan.

Caranya : Ambil satu biji buah pinang yang masih belum mengeras, potong menjadi empat bagian. Kemudian ambil temulawak potong sekitar setengah jari rimpang. Ambil kunyit dan potong setengah jari rimpang. Rebus ketiga bahan tersebut dalam beberapa menit, dinginkan kemudian disaring. Minum air ramuan buah pinang untuk mengobati cacingan.

4. Khasiat pinang muda untuk Obat Difteri

Pinang muda mengandung zat antibiotik yang dipercaya sebagai pembunuh kuman dalam hal ini yang ada pada usus besar kita. Caranya: Siapkan dua biji buah pinang dan potong menjadi beberapa bagian, kemudian rebus buah pinang tersebut dengan dua gelas air. Tunggu hingga kira-kira menjadi 1½ gelas. Tambahkan satu sendok makan madu agar air rebusan tidak terlalu sepet dan masam, minum selagi hangat untuk menyembuhkan difteri.

5. Sebagai Pereda Sakit Pinggang dan Nyeri

Zat lain yang terkandung dalam buah pinang adalah zat psikoaktif, yaitu zat yang dipercaya dapat mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan perubahan pada pikiran, perilaku, atau perasaan. Meski penelitian ini masih dalam proses pengembangan lebih lanjut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Caranya: Ambil beberapa lembar daun pinang dan beberapa buah pinang. Hancurkan daun dan buah pinang, lalu hangatkan. Setelah itu kompres ke bagian tubuh yang sakit.

Banyak manfaat buah pinang diolah bersama gula merah didapat jika pengolahannya benar. Biasanya pinang dianggap sebagai suplemen herbal atau makanan kesehatan. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi petugas medis terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya.

Selanjutnya artikel menarik lainnya jangan sampai terlewatkan Cara Membuat Boba Dengan Mudah dan Enak

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *