Manfaat Arang Batok Kelapa Untuk Tanaman Dan Pembibitan!

Halo Semuanyaa!!! Kembali lagi ke artikel saya yang selanjutnya. Pada kali ini kita akan belajar tentang manfaat arang batok kelapa untuk tanaman dan juga pertanian. Nah, sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang manfaatnya, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu arang dan jenisnya. Yuk simak penjelasannya!!!

manfaat arang batok kelapa untuk tanaman

Salah satu limbah pertanian yang dapat dijadikan pupuk organik adalah tempurung kelapa. Tempurung kelapa dijadikan pupuk dalam bentuk arang. Arang tempurung kelapa dapat dijadikan pupuk organik karena mengandung unsure hara P (Fosfor), K (Kalium) Na (Natrium), Mg (Magnesium) dan unsure lainnya. Unsur kalium pada arang tempurung kelapa memiliki komposisi 45.01% yang dapat digunakan sebagai tempat tidur kalium dari pupuk anorganik.

Peranan utama unsur kalium bagi tanaman adalah untuk membentuk protein dan karbohidrat dan dapat memperkokoh tubuh tanaman agar bunga dan buah tidak berguguran. Gejala kekurangan kalium dapat dilihat dari daun tanaman mengeriting dan mengerut terutama pada daun yang tua, kemudian timbul bercak kecoklatan, menguning dan akhirnya tanaman mati. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja manfaat arang untuk tanaman, kunjungi artikel manfaat arang bagi tanaman.

Manfaat Arang Batok Kelapa Untuk Tanaman

1. Meningkatkan pH tanah

pH tanah adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Jika angka skala pH kurang dari 7 benda dikatakan bersifat asam dan jika skala pH lebih dari 7 disebut basa. Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kondisi tanah yang paling ideal untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman adalah tanah yang bersifat netral.pH arang sekam cukup tinggi, yaitu antara 8,5 sampai 9.0 sehingga sangat baik digunakan untuk meningkatkan pH pada tanah asam.

2. Menjaga kondisi tanah tetap gembur

Arang sekam jika digunakan sebagai campuran media tanam yang dapat bermanfaat untuk menjaga
kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan.

3. Mengisolasi penyakit dan menyerap racun di dalam tanah

Di dalam tanah terdapat racun dan penyakit yang merugikan tanaman, tetapi sebelum racun dan penyakit tersebut menyerang tanaman yang sudah diikat dan diserap oleh arang sekam, atau dengan kata lain arang sekam bermanfaat sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen.

4. Mengikat unsur hara

Arang memiliki pori-pori yang banyak, karena itu meskipun bentuknya besar arang tetap ringan, tak terkecuali arang sekam.
Pori-pori tersebut berfungsi untuk mengikat dengan cara menyerap unsur hara, dan jika unsur hara sudah diserap maka saat disiram, unsur hara tidak larut udara terbawa.

Pori-pori tersebut juga menjadi tempat hidup dan berkembang biak mikroba / mikroorganisme yang berguna bagi tanaman, sehingga memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna bagi tanaman, yang mana mikroba tersebut sebagai pengurai bahan-bahan organik menjadi nutrisi dan unsur hara yang bermanfaat untuk tanaman.

5. Menjaga sirkulasi udara pada media tanam

Akar menjadi salah satu bagian penting dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang dibutuhkan tumbuhan. Walaupun benar di dalam tanah, bukan berarti udara tidak dapat menembus akar. Tumbuhan akan membutuhkan O2 (oksigen) dan mengeluarkan CO2.

6. Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air

Menambahkan Arang pada media tanam dapat meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air, sehingga kebutuhan air bagi tanaman tetap terjaga.

7. Memperbaiki tanah yang rusak akibat kontaminasi bahan kimia

Caranya yaitu masukkan atau campurkan arang sebanyak-banyaknya pada tanah yang rusak karena terkontaminasi bahan kimia.

8. Mampu Menyerap Gas atau Zat Beracun

Fungsi arang untuk tanaman ternyata bagus untuk mengatur kelembapan udara. Arang dapat menyerap bau, termasuk gas, dan zat beracun yang ada di udara. Tetapi kamu memerlukan 8 kg arang untuk ruangan yang luasnya sekitar 10-13 m2.

Begitu jg dengan manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan O2 dan mengeluarkan CO2.
Nah, dengan menambahkan arang sekam pada media tanam maka kegemburan tanah akan terjaga sehingga sirkulasi udara akan lancar. menurut sebuah penelitian bahwa arang tidak mudah lapuk dan bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan ratusan tahun. Dengan demikian kegemburan tanah akan tetap terjaga sehingga tanaman akan tumbuh optimal.

Untuk melihat lebih lanjut tentang manfaat arang batok kelapa kunjungi situs web manfaat arang untuk tanaman .

Manfaat Arang Bagi Tanaman Saat di Pembibitan

Arang di pembibitan untuk menyemaikan benih (pembibitan) di berbagai lokasi, hampir selalu berhasil membuat bibit dengan baik, dengan catatan benihnyapun harus baik dan tidak telat menyiramnya. Sebab pertumbuhan akar dari tanaman yang masih kecil/pendek akan menjadi mudah menjangkau unsur hara yang di butuhkan dan dalam kondisi layak makan (tidak beracun, pH netral dan tidak berpenyakit).

Namun jika tidak menggunakan arang, maka pupuk yang diberikan akan cenderung tercuci saat tanaman tersebut tersiram oleh air (minimal hara akan turun ke bagian bawah polibag). Bibit muda yang baru masih mempunyai akar yang pendek, sehingga akar tidak akan dapat menjangkau makanan (unsur hara) yang telah turun ke bawah. Hal ini berakibat pada bibit menjadi tumbuh kerdil dan tidak jarang mati karena kekurangan makan.

“Arang adalah hasil dari proses pembakaran kayu yang tidak sempurna, dalam arti proses peng-arangan adalah pembakaran dengan pemakaian oksigen yang sangat terbatas (pirolisis). Sedangkan pembakaran sempurna (oksidasi) adalah berada pada kondisi pemakaian oksigen yang cukup. Kelebihan lain arang daripada kayu adalah arang tidak akan lekang kena panas dan lapuk kena hujan dalam waktu puluhan bahkan ratusan tahun, sehingga karena sifat fisiknya tak berubah maka fungsinyapun dapat bertahan pada kurun waktu yang lama pula,” demikian penjelasan Dr. Pri.

Dari penuturan mereka kuketahui bahwa kalau tidak dicampur arang, maka padi membutuhkan pupuk dalam jumlah banyak. Dan dari pengalaman pemakaian pupuk buatan dalam kurun waktu yang lama, pupuk buatan lambat laun justru merusak sifat fisik, kimia dan biologis tanah sehingga menurunkan kondisi kesuburan tanah, sehingga untuk penanaman periode berikutnya selalu akan di butuhkan jumlah pupuk yang lebih banyak dari periode sebelumnya.

Cara Membuat Arang Batok Kelapa Menjadi Kompos

manfaat arang batok kelapa untuk tanaman

Untuk mendapatkan arang tempurung kelapa dilakukan dengan cara terbang tempurung kelapa tersebut. Pengarangan dapat dilakukan dengan cara pengarangan dalam tanah atau pengarangan dalam drum. Arang tempurung yang akan digunakan sebagai pupuk organik dengan ukuran 1,22 mm. Sebelum digunakan sebagai pupuk organik, arang tempurung harus melalui proses pengomposan.

Proses pengomposan akan mempermudah terurainya unsur hara yang terkandung di dalam arang tempurung kelapa. Dalam pengomposan terjadi proses perubahan dan penguraian bahan organik. Proses pengomposan dapat dipercepat dengan bantuan larutan EM4. Pupuk organik dengan bahan dasar dari arang tempurung kelapa dapat berangkat dari bahan dasar tanaman lainnya atau dengan kotoran hewan. 

Jika anda kesulitan dalam mencari mesin mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumahmesin.com. Disana menjual barang barang yang tentunya akan memudahkan pekerjaan sehari hari kita, yuk buruan di klik!

Demikianlah artikel tentang manfaat arang batok kelapa untuk tanaman. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, dan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan.

Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya!

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *