Makanan Yang Mengandung Vitamin C Untuk Tubuh

makanan yang mengandung vitamin c

Vitamin adalah salah satu asupan yang harus dipenuhi setiap harinya. Vitamin ini tidak hanya memiliki satu jenis saja, namun banyak. Salah satu jenis vitamin adalah vitamin c. Dibawah ini merupakan makanan yang mengandung vitamin c untuk tubuh.

Definisi Vitamin

Vitamin adalah zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan menjalankan fungsinya dengan normal. Zat gizi ini tergolong sebagai mikronutrien atau zat gizi mikro, yang berarti tubuh memerlukannya dalam jumlah sedikit.

Vitamin terbagi ke dalam dua kelompok besar, yakni vitamin larut lemak (fat-soluble vitamins) dan vitamin larut air (water-soluble vitamins). Berikut perbedaan keduanya.

1. Vitamin Larut Lemak

Vitamin yang termasuk larut lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K. Tubuh menyerap berbagai vitamin ini menggunakan sel-sel lemak di dalam usus, lalu mengedarkannya ke organ-organ melalui aliran darah.

Saat jumlahnya berlebih, tubuh akan menyimpan vitamin larut lemak untuk menjalankan fungsi yang lain. Namun, hal ini tidak boleh berlangsung dalam jangka panjang karena berpotensi menyebabkan keracunan akibat kelebihan vitamin.

Tubuh tidak bisa membuang vitamin larut lemak dengan mudah. Maka dari itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi vitamin ini secukupnya. Hindari konsumsi suplemen dalam jumlah besar, terutama bila tanpa anjuran dokter.

2. Vitamin Larut Air

Vitamin yang tergolong larut air yaitu vitamin C dan B kompleks (seperti vitamin B1, B6, dan B12). Jenis vitamin ini harus terurai dalam air terlebih dulu agar dapat diserap dan digunakan oleh tubuh.

Tubuh tidak bisa menyimpan kelebihan vitamin larut air. Jika jumlahnya berlebih, tubuh akan membuangnya lewat sistem ekskresi (terutama melalui urine). Kelebihan asupan vitamin larut air juga bisa menyebabkan keracunan, tapi risikonya lebih kecil.

Oleh karena sifatnya yang mudah larut dan terbuang, Anda harus mendapatkan asupan vitamin larut air setiap hari dengan jumlah yang sesuai. Anda bisa menemukan vitamin ini dalam makanan sehari-hari serta suplemen bila diperlukan.

Macam-Macam Vitamin Beserta Kegunaanya

Seperti yang sudah kita tau, bahwasanya vitamin tidak hanya memiliki satu jenis saja, akan tetapi memilikibanyak jenis. Apa saja jenis-jenis vitamin itu? Berikut adalah macam-macamvitamin beserta kegunaanya.

1. Vitamin A ( Retinol)

Vitamin A memiliki beberapa kegunaan, antara lain membuat mata dapat melihat dalam kondisi redup, memelihara lapisan organ dan bagian tubuh tertentu, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin D (Kalsiferol)

Disebut juga kalsiferol, fungsi vitamin D yaitu mempertahankan jumlah fosfor dan kalsium darah guna menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakitis pada anak-anak dan osteomalasia pada orang dewasa.

3. Vitamin E (Alfa Tekoferol)

Sebagai antioksidan, fungsi vitamin E yaitu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan melindungi vitamin A dari molekul tertentu yang bisa merusaknya.

4. Vitamin K

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk mengaktifkan protein dan kalsium yang penting dalam proses pembekuan darah. Beberapa penelitian lain menemukan bahwa vitamin ini berpotensi menjaga kesehatan tulang dan mencegah patah pinggul.

5. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan fondasi dari tubuh yang sehat. Zat gizi ini berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan psikis, fungsi otak, perubahan energi di dalam sel tubuh, hingga ketahanan tubuh Anda dalam melawan penyakit.

6. Vitamin C (Asam Askorbat)

Anda mungkin sudah tak asing dengan vitamin yang satu ini. Ada banyak manfaat vitamin C, antara lain melawan efek radikal bebas, menjaga kesehatan pembuluh darah dan tulang, membantu penyembuhan luka, serta meningkatkan produksi kolagen.

Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Vitamin c adalah salah satu vitamin yang harus kita konsumsi setiap harinya. Tahukah kamu apa saja makanan yang mengandung vitamin c? Berikut adalah makanan yang mengandung vitamin c.

1. Jambu Biji

Buah yang satu ini bisa dibilang rajanya vitamin C. Menurut data USDA, satu buah jambu biji (dengan berat sekitar 55 gram mengandung 125 mg vitamin C (sekitar 140% kebutuhan vitamin C harian).

2. Kangkung

Siapa sangka sayur yang lezat dibuat cah hotplate ini ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Per 100 gram kangkung mentah mengandung 120 mg vitamin C walaupun ketika dimasak kandungan vitamin Cnya turun menjadi 41 mg.

3. Brokoli

Sayuran yang kaya protein ini ternyata juga kaya akan vitamin C. Per 100 gram brokoli mentah mengandung vitamin C sebanyak 90 mg; sementara dengan bobot yang sama, brokoli matang mengandung 65 mg vitamin C.

4. Kiwi

Buah lonjong berambut dan berdaging hijau ini selain rasanya yang manis, memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah kiwi dengan bobot sekitar 69 gram mengandung 64 mg vitamin C.

Tetapi jenis kiwi gold yang berdaging kuning keemasan memiliki bobot yang lebih berat (sekitar 86 gram) dan kandungan vitamin C yang lebih tinggi per buahnya, yakni sebesar 90 mg, setara dengan kebutuhan vitamin C harian kita

5. Mangga

Terkenal dengan variasi jenisnya yang banyak membuat buah satu ini digemari berbagai kalangan. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata kandungan vitamin C pada mangga juga tinggi.

Walaupun tiap jenis mangga memiliki kandungan vitamin C yang berbeda-beda, secara umum, pada 1 buah mangga dengan berat sekitar 207 gram, terdapat sekitar 75 mg vitamin C. 

6. Jeruk

Buah yang satu ini sering diidentikkan dengan kadar vitamin C; nah, apakah benar demikian? Ternyata, memang benar jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yakni 70 mg dalam satu buah jeruk ukuran sedang (sekitar 130 gram).

7. Pepaya

Mungkin bagi beberapa orang, pepaya dipercaya sebagai buah yang membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, pepaya ternyata juga kaya akan vitamin C. Per 100 gram pepaya mengandung 61 mg vitamin C.

8. Strawberry

Buah merah cantik ini per buahnya (ukuran sedang) dengan bobot sekitar 12 gram mengandung 7 mg vitamin C. Tetapi tentunya saat mengonsumsi strawberry tidak mungkin kamu hanya makan 1 buah saja bukan? Secangkir strawberry dengan 8 buah strawberry didalamnya sudah bisa mencukupi lebih dari 50% kebutuhan vitamin C harian kamu.

9. Nanas

Buah khas negara tropis yang biasa menjadi teman rujakan ini termasuk dalam jenis buah yang tinggi vitamin C. Per 100 gram nanas mengandung 48 mg vitamin C.

10. Markisa

Last but not least, Markisa. Yup, buah yang dikenal dengan nama passion fruit ini sering muncul dalam campuran teh pada minuman kekinian. Selain rasanya yang asam-asam menyegarkan, kandungan vitamin C pada markisa juga tidak boleh diremehkan. Per 100 gram markisa mengandung sekitar 30 mg vitamin C.

Baca Juga : makanan yang mengandung vitamin e

Makanan yang mengandung vitamin c ini bisa dimakan secara langsung ataupun bisa dibuat jus. Makanan yang mengandung vitamin c apabila ingin dibuat jus maka bisa menggunakan juice extractor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *