Macam Macam Minyak Esensial Beserta Manfaatnya

macam macam minyak esensial

Hai sobatku semua! Jumpa lagi dengan penulis keren disini! Kali ini penulis akan membagikan informasi tentang Macam Macam Minyak Esensial. Sebelumnya, kalian dah tau belum cara membuat minyak esensial?

Nah, cara membuat minyak esensial ini menggunakan metode penyulingan. Dalam metode penyulingan ini kamu membutuhkan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri atau alat penyulingan. Minyak esensial sendiri memiliki berbagai macam atau jenis. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, yuk Macam Macam Minyak Esensial berikut ini!

Macam Macam Minyak Esensial

macam macam minyak esensial

Minyak bunga lavender

Minyak bunga lavender memiliki manfaat untuk mengatasi alergi, menghilangkan pusing, meredakan mual, serta untuk mengobati luka pada kulit.

Selain itu, minyak bunga lavender ini juga sering digunakan untuk pengharum ruangan di tempat terapi. Hal ini di karenakan minyak ini mempunyai aroma yang menenangkan dan mampu untuk membuat rileks dan nyaman.

Minyak lemon

Minyak lemon memiliki manfaat untuk Kesehatan yaitu digunakan untuk mengobati mual, dan juga memperkuat system kekebalan tubuh. Selain itu, minyak ini juga sering digunakan untuk kecantikan, salah satunya yaitu digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Minyak lemon ini mempunyai aroma yang kuat sehingga biasa digunakan untuk campuran bahan dalam produksi pengharum ruangan maupun pengharum kendaraan

Minyak kayu putih (cajeput)

macam macam minyak esensial

Sama seperti minyak cinnamon bark, minyak atsiri dari kayu putih juga menggunakan kulit dari tumbuhan kayu putih. Minyak kayu putih ini juga mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu meringankan pusing, mual, mengobati masuk angin, dan meringankan gejala flu.

Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk minyak terapi untuk merelaksasikan diri. Aroma yang dimiliki minyak kayu putih dapat membuat kalian rileks dan tenang

Minyak sereh

Selain digunakan sebagai bahan untuk memasak, tanaman sereh juga bisa digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan alat kecantikan ataupun lotion anti nyamuk. Aroma khas yang dimiliki sereh, sereh juga dapat di olah menjadi minyak atsiri.

Minyak sereh memiliki manfaat untuk mengurangi radang dan nyeri pada kulit. Namun, perlu kalian ketahui bahwa minyak yang berbahan dasar sereh sangat tidak di anjurkan untuk digunakan pada anak usia dibawah 2 tahun.

Minyak bunga cannabis

Minyak atsiri yang terbuat dari bunga cannabis memiliki harga yang sangat mahal di pasaran. Dikarenaan bung aini termasuk dalam salah satu jenis narkotika. Bunga cannabis sendiri dapat dibilang mirip dengan ganja.

Maka dari itu, minyak ini di bandrol dengan harga 430 juta per liternya. Dibalik harga minyak cannabis yang mahal ini dikarenakan tanaman cannabis tidak dilegalkan di setiap negara sehingga dalam proses pembuatannya sulit.

Minyak bunga cannabis memiliki sifat yag menenangkan, rileksasi, mengatasi iritasi, radang, serta mengatasi ketidakseimbangan hormone pada wanita. Walaupun memiliki harga yang sangat fantastis, minyak bunga cannabis ini sangat diminati oleh pasar di Eropa.

Minyak gaharu (Agarwood)

Minyak gaharu diperoleh dari batang pohon agarwood atau biasa di sebut dengan gaharu. Namun, tidak semua pohon gaharu dapat diolah menjadi minyak atsiri, hanya batang gaharu yang terdapat jamur saja yang bisa di olah dengan kualitas yang baik.

Aroma yang dimiliki minyak gaharu ini sangat kuat dan tajam. Minyak ini dibandrol dengan harga 570 juta per liternya yang di jual di pasar dunia.

Minyak kamboja (Frangipani)

Bunga kamboja sering kalian jumpai pada pemakaman umum maupun taman. Namun, siapa sangka bahwa bunga kamboja dapat diolah menjadi minyak atsiri yang memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Harga yang dimiliki minyak kamboja yaitu di bandrol dengan harga 680 juta per liternya. Hal ini dikarenakan minyak ini biasa digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan parfum mahal.

Minyak bunga sedap malam (Tuberose)

Tumbuhan bunga sedap malam biasa digunakan untuk dekorasi acara pernikahan di Indonesia. Namu siapa sangka bahwa tanaman ini jika diolah menjadi minyak atsiri bisa memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Minyak jenis ini sering digunakan oleh masyarakat Eropa yang digunakan sebagai aroma terapi. Minyak ini di bandrol dengan harga 690 juta per liternya. Aroma khas yang dimiliki minyak ini dapat embuat nyaman dan menambah inspirasi kalian lho!

Minyak bunga cempaka wangi (Champaca)

Minyak bunga cempaka wangi dijual dengan harga 1 milyar per liternya. Khasiat yang dimiliki minyak ini yaitu mampu mengobati penyakit vertigo, merelaksasikan tubuh, sebagai aroma terapi, serta untuk menambah gairah saat berhubungan suami istri.

Macam Macam Minyak Esensial Untuk Wajah

macam macam minyak esensial

Minyak esensial melati

Minyak melati sudah biasa digunakan oleh orang orang untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu regenerasi sel sel kulit kalian.

Dengan sel sel kulit baru, maka akan lebih mudah untuk mendorong hidrasi kulit yang membuat kulit menjadi elastis, dan mengurangi bekas luka dan garis garis penuaan.

Cara penggunaan:

Kalian dapat mencampur minyak esensial melati dengan minyak almond supaya dapat mengencangkan wajah menjadi lebih maksimal

Minyak esensial lavender

Lavender ini sudah terkenal karena memiliki kandungan sifat antibakterinya. Oleh sebab itu, minyak esensial ini dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah kalian, serta minyak ini memiliki aroma yang menyenangkan dan aroma menyenangkan ini dapat menghilangkan stress dan membantu meningkatkan kualitas tidur kalian.

Minyak geranium

Minyak esensial geranium merupakan salah satu minyak esensial yang terbaik dalam memperbaiki kolagen karena dapat meningkatkan elastisitas kulit kalian serta mengurangi tanda penuaan dini dan stretch mark. Selain itu, minyak ini juga memberikan nutrisi ekstra pada kulit supaya lebih bercahaya

Cara penggunaan:

Kalian dapat menggunakan beberapa tetes minyak geranium dengan argan oil yang dapat membuat wajah menjadi lebih kencang.

Minyak myrrh

macam macam minyak esensial

Minyak esensial ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas kulit dengan cara mengoksidasi jaringan tubuh, melembapkan kulit, serta membantu merawat kulit pecah pecah dan mengurangi munculnya garis tanda penuaan

Cara penggunaan:

Kalian campurkan minyak myrrh  dengan minyak alpukat kemudian oleskan pada kulit tubuh anda secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

Minyak frankincense oil

Struktur molekul kecil pada minyak frankincense ini dapat menembus dan melindungi sel sel kulit serta mendorong pertumbuhan sel sel kulit yang baru. Minyak frankincense ini adalah minyak yang bagus untuk mengencangkan kulit terutama pada area mata.

Cara penggunaan:

Kalian campurkan minyak frankincense ini dengan virgin oilive oil dan kalian gunakan untuk perawatan harian kalian.

Minyak neroli

Sudah banyak ahli yang setuju bahwa minyak neroli merupakan minyak yang terbaik untuk mengencangkan kulit. Hal ini dikarenakan minyak neroli ini mengandung citral.

Citral merupakan zat kimia yang dikenal untuk meregenerasi sel kulit. Selain itu, minyak neroli ini juga dapat membantu meningkatkan ketahanan kulit

Minyak rosehip

Manfaat minyak rosehip ini yang paling popular yaitu untuk menghilangkan noda pada wajah yang disebabkan oleh jerawat maupun penuaan dini. Minyak rosehip ini memiliki kandungan kaya akan vitamin C dan E yang dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan oleh semua jenis kulit

Peluang Usaha Minyak Esensial

Bahan baku untuk membuat minyak esensial memanglah mahal. Namun, potensi keuntungan yang didapatkan akan berlipat ganda. Modal tersebut bersifat produktif, karena digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan bisnis.

Mulai dari minya esensial, tungku pembakaran, bahan baku, mesin destilasi minyak atsiri, kemasan, dan lain sebagainya. Dan juga kalian bisa minta bantuan dari aroma terapi yang sudah tersertifikasi.

Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa setiap formula dan racikannya sudah benar benar aman. Nah, ini jika kamu ingin membuat brand sendiri, berbeda lagi jika kamu menjadi reseller.

Jika kamu ingin menjadi seorang reseller, yang pertama yaitu kamu harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Nah, setelah bergabung menjadi member, kamu akan mendapatkan diskon 24 % setiap pembelian produk minyak esensial, entah dalam bentuk paket maupun eceran.

Keuntungan yang didapat jika berbisnis minyak esensial ini yaitu mendapat keuntungan bersih sebanyak 40 % dari omset yang didapat, bisa balik modal, dan juga berbuah untuk yang sangat melimpah.

Itulah macam macam minyak esensial. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Untuk artikel selengkapnya, silahkan kunjungi Cara Membuat Minyak Esensial.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *