Larangan Sebelum dan Saat Lamaran yang Perlu Diketahui

Lamaran pernikahan harus dilakukan sesuai dengan norma dan agama yang dianut agar semakin banyak keberkahan yang datang. Lamaran merupakan langkah yang serius sebelum akhirnya menuju pernikahan atau hubungan yang sah dan resmi. 

Larangan Sebelum dan Saat Lamaran yang Perlu Diketahui

Itulah mengapa lamaran harus dilakukan dengan benar dan khidmat sesuai dengan syariat yang ada. Beberapa larangan atau pantangan harus dihindari sebelum hingga selama acara lamaran jadi Anda harus tahu larangan yang tidak boleh dilakukan.

Larangan Sebelum dan Saat Lamaran yang Perlu Diketahui

Berikut adalah pantangan atau larangan sebelum dan saat acara lamaran:

1. Lamaran ala Romantis-Komedi

Lamaran adalah acara yang serius sebelum melangsungkan pernikahan jadi sudah seharusnya setiap orang yang mengikuti acara tersebut dengan tenang. Meski acara lamaran bisa dibuat sedemikian rupa, tapi semuanya harus dijalankan secara tulus.

Mengikuti konsep lamaran orang lain tanpa tahu alasan tentu tidak akan baik, apalagi bersifat komedi. Sesekali berbincang secara humor diperbolehkan agar tidak terlalu tegang, tapi jangan sampai menghilangkan kesan sakral dari tunangan dalam islam.

2. Tidak Memikirkan Penampilan

Pertemuan keluarga terjadi pada acara lamaran, mulai dari keluarga inti hingga keluarga besar. Tampil sederhana boleh, tapi harus tetap rapi dan pantas karena ini adalah salah satu acara penting dalam hidup sebelum melangsungkan pernikahan.

Pertemuan orang tua dan keluarga ini membuat Anda harus lebih memikirkan pakaian yang sopan. Misalnya, jangan gunakan pakaian ketat, terlalu terbuka, atau lusuh karena ini dapat memberikan kesan kurang baik dari keluarga calon pasangan.

3. Terlalu Interogatif

Sebagai orang tua, pasti Anda menginginkan pasangan yang terbaik bagi anak namun bukan berarti Anda bisa memberikan berbagai macam pernyataan yang bersifat interogatif karena hal ini akan membuat calon mempelai merasa kurang nyaman.

Terlalu interogatif akan memperlihatkan kesan curiga atau kurang percaya jadi hindari sikap ini. Jika Anda ingin bertanya-tanya, sebelumnya dilakukan saat pertemuan pribadi sebelum acara lamaran, seperti jangka waktu yang dijanjikan sampai sah. 

4. Membocorkan Rencana

Larangan yang tidak boleh dilakukan sebelum lamaran adalah membocorkan rencana kapan lamaran akan diadakan. Meski begitu, Anda tetap boleh memberikan informasi tentang rencana lamaran, tapi hanya keluarga dekat dengan informasi yang terbatas.

Bukan hanya sebelum, ini juga merupakan larangan setelah tunangan karena semua masih sebatas rencana. Jika sudah dipastikan waktu pernikahan berdasarkan persetujuan kedua belah pihak, barulah Anda bisa mengumumkan kabar bahagia ini.

5. Terlalu Tegang

Lamaran memang acara yang penting dan formal, tapi bukan berarti Anda harus selalu tegang. Situasi seperti ini justru membuat orang-orang di dalamnya merasa kurang nyaman jadi suasana bisa dicairkan dengan saling bercengkrama dan humor.

Setelah lamaran selesai dilakukan, kedua mempelai dan keluarga harus segera mempersiapkan rencana selanjutnya mengenai acara pernikahan. Lamaran pernikahan yang lancar diharapkan memberikan berkah yang lebih besar dalam pernikahan. 

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *