Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan memanfaatkan materi yang luar biasa ini. Salah satu bahan ajaib di rak dapur adalah kuncinya. Bahan ini telah digunakan sebagai obat untuk mengobati sakit gigi. Nah, masih banyak lagi khasiat minyak cengkeh yang bisa Anda dapatkan. 

Asal usul cengkeh adalah dari pohon cemara menengah-tinggi dengan sifat obat. Bahan ini telah ditemukan sejak peradaban India dan Cina kuno. Dengan nama latin clavus, cengkeh telah menjadi bahan penting dalam banyak resep seperti nasi biryani karena rasanya yang pedas dan aroma buah yang lezat. Nama khas “clavus” berarti kuku, dan begitulah tampilannya.

khasiat minyak cengkeh

Minyak cengkeh berasal dari proses ekstraksi dari kuncup cengkeh yang disuling sehingga kaya akan berbagai kandungan. Proses ini bisanya dibantu dengan mesin cengkeh agar lebih mudah. Salah satu kandungannya ialah kalsium, zat besi, natrium, fosfor, kalium, serta vitamin A dan C. Tapi apa manfaat minyak cengkeh? Nah, bahan ini terkenal dengan sifat antibakteri, antiseptik, antivirus dan stimulannya.

Khasiat Minyak Cengkeh

Seperti yang saya kaakan sebelumnya, bahwa minyak cengkeh sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi medis. Mari kita lihat manfaat menakjubkan minyak cengkeh untuk kesehatan, kulit dan rambut.

Sebagai perawatan gigi

Minyak cengkeh banyak ditambahkan ke produk gigi seperti obat kumur dan pasta gigi karena sifat antibakterinya yang kuat dan adanya senyawa eugenol. Ini membantu Anda melawan sakit gigi, penyakit mulut dan sakit gusi. jadi lumayan kan jika kita menyebut minyak ini sebagai paket lengkap untuk perawatan gigi.

Selain itu, aroma cengkeh yang kuat dapat menghilangkan bau mulut dan mengurangi sakit tenggorokan. Ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan minyak cengkeh untuk mengatasi mulut? Ini cukup mudah. Encerkan empat tetes minyak cengkeh, larutkan bersama degan secangkir air hangat. Pakailah untuk berkumur setiap hari atau dua kali sehari.

Peringatan

Penggunaan berlebihan produk apapun akan memiliki efek negatif. Jangan mengambil lebih dari jumlah minyak cengkeh yang dibutuhkan karena dapat menyebabkan luka bakar jika dikonsumsi berlebihan.

Menyembuhkan infeksi

Minyak cengkeh sangat populer karena sifat antiseptiknya. Khasiat ini digunakan untuk mengobati luka, infeksi jamur, biang keringat dan kapalan. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati gigitan serangga dan gigitan jelatang. Namun, pastikan untuk selalu mencampur minyak cengkeh dengan menambahkan minyak nabati seperti minyak almond atau minyak kelapa.

Peringatan

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, jangan terlalu sering memakai minyak cengkeh karena bisa menyebabkan luka bakar.

Meredakan stres

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh dapat mengurangi tingkat stres? Orang-orang di banyak negara dan peradaban telah mempraktekkan pijat minyak utama untuk menghilangkan stres dan rasa sakit. Minyak cengkeh memiliki kualitas afrodisiak, yang bertindak sebagai pereda stres. Kandungan ini dapat mengurangi kelelahan mental, kelelahan, kecemasan dan stres karena memiliki efek relaksasi pada pikiran.

Mengurangi sakit kepala

Jam kerja yang panjang dan makan terlalu cepat dapat mempengaruhi tubuh. Dan masalah yang paling sering muncul adalah sakit kepala. Namun tahukah Anda bahwa minyak cengkeh dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh? Hal ini dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan sakit kepala dalam sekejap.

Penggunaannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam laut, 2 sendok teh minyak almond atau kelapa dan 2-3 tetes minyak cengkeh. Gunakan campuran ini untuk memijat dahi Anda. Campuran ini memberikan efek pendinginan instan dan meredakan sakit kepala.

Meredakan masalah pernapasan

Minyak cengkeh mempunyai efek anti-inflamasi serta pendinginan pada rongga hidung dan tenggorokan. Ini akan membersihkan saluran hidung dan meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sinusitis, dan asma.

Meredakan sakit telinga

Jika Anda sedang pilek dan sakit kepala, sakit telinga adalah masalah umum. Campurkan 2 sendok teh minyak wijen dan 3-4 tetes minyak cengkeh murni dan panaskan campuran tersebut. Oleskan campuran ini dengan lembut ke telinga dan biarkan sebentar. Ini akan memiliki efek menenangkan segera.

Menyembuhkan masalah pencernaan

Tahukah Anda mengapa cengkeh menjadi bagian penting dari banyak makanan? Ini disebapkan karena minyak cengkeh mampu membantu pencernaan yang sehat serta bisa meredakan masalah pencernaan seperti cegukan, mabuk perjalanan, gangguan pencernaan, dan perut kembung.

Baik untuk penderita diabetes

Sebuah penelitian mengemukakan sebuah hasil bahwa minyak cengkeh murni mampu membantu mempertahankan kadar insulin dalam darah. Selain itu juga, serta berguna dalam menyembuhkan diabetes. Kandungan yang dikandungnya juga memperkuat metabolisme tubuh dengan menjaga sirkulasi darah dan menurunkan suhu tubuh. Minyak cengkeh juga memurnikan darah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengunyah cengkeh terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sifat antivirusnya yang kuat. Kuku juga menjernihkan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit serta memiliki antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas dari dalam tubuh.

Mengobati perut

Benjolan di mata adalah infeksi yang terjadi ketika kelenjar di kelopak mata tersumbat. Ini akan menyebabkan benjolan terbentuk di sekitar atau di kelopak mata. Kondisi ini benar-benar menjengkelkan dan menyakitkan serta membuat mata sulit berfungsi dengan baik.

Sifat antibakteri kuku diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam waktu singkat. Minyak ajaib ini juga membantu mencegah infeksi mata lainnya.

Pengobatan mual

Minyak cengkeh terbukti sangat efektif guna membantu mengendalikan rasa mual serta biasa digunakan untuk mengurangi efek mual di pagi hari dan ketidaknyamanan yang dihadapi ibu hamil.

Cara menggunakannya adalah dengan menghirup aroma manis minyak cengkeh. Menjadi obat instan untuk masalah mual selama perjalanan. Anda juga dapat menikmati aromaterapi dengan minyak esensial cengkeh untuk efek yang tahan lama.

Menghilangkan racun dalam darah

Ekstrak minyak cengkeh berperan dalam mengurangi racun dalam darah serta meningkatkan tingkat aktivitas antioksidan dalam tubuh. Membantu memurnikan darah dan trombosit.

Singkirkan biji-bijian

Salah satu manfaat minyak kulit cengkeh adalah membantu mengurangi jerawat. Banyak krim dan losion untuk kulit berjerawat mengandung bahan kimia keras yang dapat disembuhkan tetapi memiliki beberapa efek samping. Kuku cukup efektif dalam menyembuhkan jerawat, karena mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat antibakteri. Dapat menghilangkan jerawat kistik dan membunuh infeksi sekaligus mengurangi peradangan.

Memudarkan bekas jerawat

Minyak cengkeh beraroma membantu menghilangkan noda dan bekas luka bila dioleskan langsung ke kulit di bawah pengawasan ahlinya. Minyak ini benar-benar berfungsi sebagai kulit kimia yang lembut. Mengelupas kulit yang rusak atau mati dengan lembut, menjadikan kulit lebih sehat dan cerah.

Bahan utama dalam kosmetik

Minyak cengkeh ummnya dipakai untuk minyak pijat serta sebagai bahan dasar di sebagian besar krim serta losion kulit. Minyak ini juga ditambahkan ke sabun untuk sifat antiseptik dan efek menenangkan. Karena aromanya yang khas, bahan ini juga bisa dipakai untuk membuat sebuah parfum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *