15 Kegunaan Daun Nilam Untuk Kesehatan

kegunaan daun nilam

Hai sobatku semua! Pada kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai Kegunaan atau Manfaat Daun Nilam. Daun nilam dapat diolah menjadi minyak atsiri.

Proses pembuatan minyak atsiri dari daun nilam pastinya membutuhkan sebuah alat atau mesin, nah mesin yang digunakan yaitu mesin destilasi minyak atsiri. Untuk informasi selanjutnya, yuk simak artikelnya, jangan sampai ketinggalan ya kawan!

10 Kegunaan Daun Nilam

kegunaan daun nilam

Mengatasi penyakit disentri

Disentri adalah penyakit yang diawali dengan gejala diare, mual, muntah demam, bahkan hingga kram perut. Daun nilam dipercaya dapat mengobati penyakit disentri dan juga mencegah tubuh terserang oleh penyakit disentri ini.

Sebagai obat sakit kepala

Manfaat daun nilam selanjutnya yaitu digunakan sebagai obat sakit kepala. Kandungan senyawa dalam daun nilam sendiri mampu meredakan sakit kepala hingga migrain. Cukup dengan merebus daun nilam kemudian meminumnya maka sakit kepala dan migrain akan berkurang.

Obat bisul

Kandungan yang terdapat pada daun nilam mampu mengobati hingga meredakan bisul yang menyerang pada kulit kalian. Kamu dapat mengatasinya hanya dengan mengonsumsi rebusan dari daun nilam atau menghaluskan daun nilam yang sudah direbus kemudian balurkan pada bagian yang terkena bisul lalu diamkan hingga mongering dengan sendirinya.

Menjaga Kesehatan ginjal

Seperti yang sudah kalian tau bahwa ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling penting. Apabila ginjal terganggu, maka organ tubuh lain juga ikut terganggu. Maka dari itu, mulai sekarang kita perlu menjaga Kesehatan ginjal kita agar tidak terserang penyakit.

Kamu bisa mengonsumsi rebusan daun nilam maka akan membantu menjaga Kesehatan ginjal kalian. Hal ini dikarenakan, kandungan yang terdapat pada daun nilam mampu menjaga Kesehatan ginjal.

Efek untuk reumatik

Reumatik seringkali menyerang pada lanjut usia bahkan anak anak pun bisa terkena penyakit reumatik. Salah satu bagian dari tanaman nilam yaitu akar nilam dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat reumatik.

Kamu hanya perlu meremas akar nilam kemudian dibalurkan pada bagian yang terkena reumatik lalu diamkan hingga mongering dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar semakin terasa manfaatnya.

Mencegah terjadinya infeksi

Manfaat daun nilam selanjutnya yaitu mencegah infeksi. Infeksi yaitu dimana keadaan luka menjadi semakin parah dan memburuk. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan daun nilam yang sudah diekstrak menjadi minyak atsiri.

Maka jika kamu menggunakan minyak atsiri daun nilam dipercaya dapat mengendalikan dan mencegah terjadinya infeksi pada luka yang kalian alami.

Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak atsiri daun nilam pada daerah yang terluka lalu diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Menghilangkan jerawat

Sebagian besar orang yang sudah mengalami masa pubertas pastinya pernah muncul jerawat pada wajah. Bagi beberpa orang, jerawat sangatlah mengganggu penampilannya, sehingga berusaha untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Kamu bisa membuat masker dari daun nilam untuk menghilangkan jerawat. Lakukan secara rutin agar jerawat memudar dan wajah Kembali bersih dan mulus.

Melancarkan buang air kecil

Kesulitan dalam buang air kecil sangatlah tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari hari. Nah manfaat daun nilam selanjutnya yaitu dapat melancarkan buang air kecil. Cukup mengonsumsi rebusan daun nilam akan mengatasi kesulitan buang air kecil lho teman teman!

Mencegah bau badan

Bau badan adalah masalah bagi setiap orang dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas.

Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi rebusan daun nilam  ataupun mandi dengan air rebusan daun nilam, maka dipercaya akan mengurangi bau bada yang kalian alami.

Hal ini dikarenakan daun nilam memiliki aroma yang harum sehingga dapat menghilangkan bau badan dan juga membunuh bakteri penyebab bau badan.

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat daun nilam yang terakhir yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh. Daun nilam mengandung senyawa yang mampu meningkatkan system imun tubuh kita supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dengan mengonsumsi rebusan daun nilam secara rutin setiap harinya akan membuat tubuh kamu menjadi semakin sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

5 Kegunaan Lainnya

kegunaan daun nilam
  1. Pencegah kanker
  2. Digunakan sebagai obat borok pada kulit
  3. Mengatasi jerawat
  4. Menjaga daya tahan tubuh
  5. Mencegah serangan jamur pada kulit

Kegunaan Minyak Nilam

kegunaan daun nilam

Selain daunnya, minyak nilam juga memiliki berbagai kegunaan atau manfaat untuk Kesehatan lho! Yuk simak berbagai kegunaan minyak nilam:

Berfungsi sebagai antiseptic

Minyak nilam memiliki sifat antiseptic yang membuat minyak tersebut digunakan sebagai obat alternatif dan aman untuk mengobati luka. Selain memiliki sifat antiseptic, minyak nilam juga memiliki sifat antijamur yang dapat menangkal infeksi jamur.

Manfaat lain dari minyak ini yaitu mampu mengobati permasalahan kulit seperti seborrhoea, jerawat dan dermatitis. Selain itu juga mampu melawan ketombe, memperkuat folikel rambut, melindungi rambut dari kerontokkan dini.

Cara penggunaan:

  • Larutkan minyak nilam dengan menggunakan minyak carrier, kemudian oleskan langsung pada bagian yang terluka
  • Jika digunakan untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan kulit, kamu bisa mencampur minyak nilam kedalam minyak biasa. Lalu gunakan untuk memijat bagian yang bermasalah. Ataupun kamu bisa menggunakan cara lain yaitu mencampur beberapa tetes minyak nilam dengan sabun dan digunakan untuk mandi.
  • Sedangkan jika digunakan untuk mengobati ketombe caranya yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak nilam pada conditioner tanpa pewangi kemudian gunakan untuk memijat rambut. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan bersih.

Memiliki sifat anti peradangan

Minyak nilam dapat meredakan peradangan yang Sebagian besar disebabkan karena demam. Selain itu, minyak ini juga mampu mengatasi iritasi kulit, membantu memelihara kulit supaya tetap sehat dan melindungi otot otot wajah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jika digunakan secara teratur, minyak nilam ini mampu membantu meregangkan otot dan mengencangkan kulit. Tak hanya itu saja, minyak ini juga digunakan untuk mengobati arthritis, tumor, dan masalah yang berkaitan dengan kulit lainnya.

Cara penggunaan:

  • Campurkan minyak nilam dengan minyak tubuh yang kalian miliki, lalu pijat dengan perlahan dan lembut pada bagian yang terkena peradangan.
  • Atau kamu dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam air yang akan digunakan untuk mandi lalu gunakan untuk berendam setelah mandi

Bekerja sebagai afrodisiak

Sifat afrodisiak pada minyak ini berguna untuk mengobati masalah seksual seperti impotensi, disfungsi ereksi, kecemasan seksual, frigiditas, dan rasa tidak tertarik pada seks.

Selain itu, minyak nilam mampu membantu merangsang sekresi hormone testosterone dan dan estrogen pada pria dan wanita yang bisa meningkatkan dorongan seks

Cara penggunaan:

  • Campur minyak nilam dengan minyak tubuh kemudian gunakan untuk memijat tubuh kamu dengan lembut
  • Atau dengan cara lain yaitu menambahkan 8 – 10 tetes minyak nilam kedalam air mandi yang hangat dan gunakan untuk berendam selama beberapa saat

Meningkatkan jumlah sel

Kegunaan minyak nilam selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan putih dalam tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Jika jumlah sel darah putih meningkat maka akan memungkinkan tubuh untuk melawan pathogen. Sedangkan jika jumlah sel darah merah meningkat, maka akan melancarkan fungsi pencernaan dan fungsi tubuh yang lainnya.

Minyak nilam memiliki sifat cytophylactic yang mampu meningkatkan produksi energi yang lebih besar, membantu melancarkan sirkulasi darah, serta menambah produksi oksigen dan membantu menyebarkan ke sel sel yang berbeda dalam tubuh kamu.

Dengan cara mengikat fungsi sel yang disebabkan oleh minyak nilam , maka akan terjadi peningkatan pertumbuhan sel sel dalam tubuh.

Cara penggunaan:

Campurkan minyak nilam dengan baby oil kemudian gunakan untuk memijat ke seluruh tubuh kamu.

Menghilangkan bau badan

Minyak nilam memiliki aroma yang harum sehingga dapat mencegah sekaligus menghilangkan bau badan. Tak heran jika minyak nilam dapat digunakan sebagai deodorant.

Selain itu, minyak nilam ini juga sering digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan cologne karena memiliki aroma yang khas, kuat dan harum.

Cara penggunaan:

  • Campurkan beberapa tetes minyak nilam dengan minyak tubuh lalu oleskan pada tubuh kamu
  • Atau dengan menambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam bak mandi dan gunakan untuk berendam setelah kamu selesai mandi

Itulah 15 Kegunaan atau Manfaat Daun Nilam dan Kegunaan Minyak Nilam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Untuk artikel lainnya silahkan baca Kegunaan Minyak Nilam dan Kegunaan Minyak Atsiri lainnya.

Sekian, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kelebihan dalam penulisan artikel ini. Apabila ada kritik dan saran membangun yang ingin kamu sampaikan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *