Jenis – Jenis Rumah Adat Lampung

Lampung ialah salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang secara geografis berbatasan dengan Sumatera Selatan, Selat Sunda, Samudera Hindia, serta Laut Jawa.

Lampung pula mempunyai macam kekayaan adat serta budaya yang jadi bukti diri warga Lampung pada biasanya. Salah satunya merupakan rumah adat Lampung yang diketahui dengan istilah Nuwou Sesat ataupun Sesat Balai Agung, berikut rumah adat sumatra menurut sinan-arsitek.com :

Nuwow Balak

Nuwow Balak yang berarti rumah besar ini ialah rumah adat Lampung yang bermanfaat buat dijadikan selaku tempat tinggal penyimbang adat ataupun kepala suku. Rumah adat ini umumnya mempunyai dimensi yang lumayan besar ialah 30 m x 15 m. Pada bagian depan, ada beranda yang mana digunakan selaku tempat unutk bersantai serta menerima tamu.

Beranda ataupun serambi tersebut didesain tanpa mempunyai bilik, serta pada bagian depan tersebut pula ada tangga yang digunakan selaku akses naik turun rumah. Setelah itu disamping tangga dasar ada tempat buat meletakkan alas kaki serta cuci kaki supaya tidak mengotori rumah Nuwow Balak. Tempat buat mencuci kaki tersebut biasa diucap dengan nama garang hadap. Sedangkan pada bagian inti rumah adat Nuwow Balak dipecah jadi sebagian ruangan.

Umumnya ada 2 ruangan buat pertemuan, satu ruang keluarga, serta pula 8 ruang kamar. Diantara banyaknya kamar tersebut, terdapat suatu kamar spesial yang digunakan buat tempat tinggal istri kepala adat. Kemudian buat dapur umumnya terletak di bagian sangat balik serta bangunannya terpisah dengan bangunan rumah utama. Dapur tersebut dihubungkan dengan bangunan yang mirip dengan jembatan. Kemudian bagian atapnya dibuat dari ijuk enau yang dibangun semacam perahu terbalik.

Nuwow Lunik

Nuwow Lunik yang pula berarti rumah kecil ialah rumah adat yang biasa digunakan oleh warga biasa. Rumah tradisional dengan dimensi yang lebih kecil dari Nuwow Balak ini mempunyai beranda serta serambi yang mirip dengan rumah Nuwow Balak. Tidak hanya ukurannya yang lebih kecil, Nuwow Lunik pula mempunyai wujud rumah yang lebih simpel bila dibanding dengan Nuwow Balak.

Rumah Nuwow Lunik ini cuma mempunyai sebagian kamar tidur saja, serta bagian dapurnya pula jadi satu dengan bangunan rumah utama. Sebaliknya bagian atap rumah adat ini mempunyai wujud yang lebih bermacam- macam, terdapat yang berupa semacam limas, terdapat pula yang berupa semacam perahu terbalik.

Sesat Balai Agung

Sesat Balai Agung ialah rumah adat yang biasa dijadikan selaku ikon rumah adat provinsi ini. Bangunan rumah adat ini ialah tempat pertemuan para pimpinan adat( penyimbang adat) ataupun yang biasa diucap pula dengan nama purwatin. Para purwatin tersebut umumnya melaksanakan musyawarah ataupun pepung adat di bangunan Sesat Balai Agung tersebut.

Buat dapat masuk kedalam Sesat Balai Agung ini, terlebih dulu wajib melewati tangga ataupun jambat agung. Tangga tersebut pula kerap diucap selaku lorong agung. Kemudian dibagian atas lorong agung tersebut ada payung dengan warna putih, merah, kuning. Ketiga payung tersebut ialah lambang yang mempunyai filosofi selaku satu kesatuan warga di Lampung.

Dimana payung putih mempunyai makna tingkatan marga yang dipunyai, payung merah melambangkan tingkatan suku di Lampung, serta payung kuning melambangkan tingkatan kampung. Sesat Balai Agung ini pula mempunyai keunikan lain ialah terdapatnya lambang burung Garuda.

Burung Garuda tersebut dipercaya oleh suku Lampung selaku kendaraan dari Dewa Wisnu pada era dulu. Tetapi, dikala ini lambang burung garuda tersebut banyak digunakan pada tempat duduk pengantin dikala upacara adat pengantin suku Lampung.

Menilik Penggunaan Tawas Untuk Pengolahan Air

Penggunaan tawas untuk pengolahan air – Tawas atau aluminium sulfat memiliki banyak kegunaan. Salah satunya sudah lama dikenal sebagai flokulator, yang berfungsi mengumpulkan kotoran...
Bara Bere
2 min read

Cincin Emas Terbaik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Wanita

Cincin merupakan salah satu perhiasan sekaligus aksesoris yang banyak digunakan oleh wanita. Wanita bisa menjadi lebih percaya diri jika mereka menggunakan cincin yang sesuai...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *