Daur Ulang Kertas

Cara mendaur ulang kertas bisa dilakukan dengan mudah, Anda bisa menggunakan cara manual, atau menggunakan alat. Jika dilakukan secara manual, prosesnya agak lama dan hasilnya kurang bagus. Namun jika proses daur ulangnya menggunakan alat maka waktunya akan lebih singkat dan tentunya hasilnya akan lebih baik. Kita dapat menggunakan mesin penghancur kertas.

Cara Mendaur Ulang Kertas

Kertas merupakan suatu benda yang tidak bisa dihilangkan dari segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia setiap hari karena keberadaannya dianggap sangat berpengaruh.

Apabila produksi kertas dilakukan secara terus menerus tanpa daur ulang yang baik maka jumlah pepohonan di dunia akan berkurang sehingga hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kelestarian lingkungan.

Daur ulang kertas sangat dibutuhkan untuk membantu melestarikan lingkungan alam dan efisiensi penggunaan kertas itu sendiri. Untuk itu dalam proses daur ulang dibutuhkan kerjasama yang baik antar manusia agar dapat berjalan dengan lancar. Mari kita lihat cara mendaur ulangnya!

1. Kumpulkan Kertas

Jika Anda menemukan banyak kertas yang tidak lagi digunakan di lingkungan Anda seperti di rumah, di tempat kerja, di sekolah, atau tempat umum lainnya, sebaiknya bantu Anda mengumpulkannya untuk didaur ulang.

Jangan biarkan kertas-kertas yang tidak terpakai ini dibakar dan tidak berguna lagi. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya pembuatan kertas baru dengan menebang pohon, bukan mendaur ulang. Bagaimana Anda ingin mendaur ulang saat kertas terbakar. Untuk itu disarankan agar Anda lebih peduli pada hal-hal kecil seperti ini yang berdampak besar bagi masa depan anak cucu kita.

2. Memproses Makalah menjadi Bagian yang Lebih Kecil

Proses selanjutnya setelah Anda mengumpulkan banyak kertas yang tidak terpakai di lingkungan Anda, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah ukuran yang semula lebih besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan cara merobek-robeknya terlebih dahulu.

Mengapa ini harus dilakukan? Jika kondisi fisik kertas lebih kecil maka akan memudahkan Anda dalam mengolah kertas bekas. Anda bisa memasukkan potongan-potongan kertas kecil tersebut ke dalam wadah yang cukup besar untuk memuat banyak dan tentunya akan cepat selesai.

3. Rendam Kertas Robek Dalam Air Panas

Setelah kertas suwir siap di wadah, Anda bisa mulai membuat bubur kertas dengan mencampurkan air panas ke dalam wadah. Luangkan waktu beberapa saat karena proses perendaman akan membuat kertas lebih lembut dan lebih mudah dikerjakan.

Jangan lupa melakukan proses pengadukan agar kertas dapat menyerap air dengan sempurna. Jika adonan yang dihasilkan tidak terlalu kental, maka Anda bisa menambahkan beberapa sendok makan tepung khusus yaitu tepung maizena agar lebih kental. Namun jika kondisinya kental tidak perlu menambahkan tepung maizena.

4. Lakukan Proses Pemurnian Adonan Kertas

Cara mendaur ulang kertas pada tahap ini sangat penting. Adonan kertas yang sudah kamu rendam dan dilunakkan kemudian bisa dihaluskan menggunakan alat bantu seperti blender. Lakukan proses blender secara bertahap sesuai takaran dalam wadah blender yang Anda miliki di rumah. Gunakan untuk mempercepat agar kertas dapat menjadi pulp dengan sempurna.

Jika Anda tidak memiliki alat seperti blender di rumah, jangan khawatir, karena proses pemurnian kertas bisa dilakukan secara manual. Namun yang perlu Anda ingat dan juga perhatikan adalah rajin melakukannya agar mendapatkan pulp yang bagus.

5. Lakukan Proses Filter Pulp

Untuk mendapatkan adonan yang halus dan sempurna dibutuhkan alat yang dapat digunakan untuk menyaring ampas yang telah diblender sebelumnya. Anda bisa menggunakan kain kasa atau alat penyaring khusus yang biasanya terbuat dari bahan sejenis kawat.

Namun banyak orang yang lebih memilih menggunakan kelambu yang digunakan untuk menutupi ventilasi, karena hasilnya lebih baik daripada menggunakan alat penyaring lainnya. Selanjutnya, untuk memfasilitasi proses penyaringan, Anda dapat memasang bingkai di sekeliling jaring.

6. Masukkan Hasil Filter Pulp ke dalam wadah lebar

Tuang bubur kertas yang telah difilter ke dalam wadah yang lebar agar lebih fleksibel. Tambahkan air secukupnya hingga isi wadah memiliki tinggi adonan 7 hingga 10 sentimeter. Proses ini dilakukan untuk memudahkan proses pencetakan kertas nantinya.

Lakukan pengadukan kembali agar ampas tercampur rata dengan air. Hal ini sangat perlu dilakukan, jika tidak pulp akan mengendap dan mengelompok di satu tempat sehingga akan mempersulit proses pencetakan kertas.

7. Proses Cetak Kertas Dengan Menggunakan Kain Kasa

Nah untuk mendapatkan hasil cetakan kertas yang bagus dan sempurna, anda bisa menggunakan kain kasa yang masih dalam kondisi bersih. Siapkan screen sesuai dengan lebar wadah untuk memudahkan proses pencetakan berlangsung. Buat strip kain kasa dengan cara mencetaknya menggunakan buku, sehingga nantinya Anda mendapatkan alat cetak yang bentuknya sempurna seperti buku.

Kemudian Anda bisa memasukkan kain kasa ke dalam bubur secara perlahan. Masukkan hingga benar-benar berada di dasar wadah. Jika sudah membiarkan adonan mengendap terlebih dahulu, hal ini akibat gerakan memasukkan kain kasa yang membuat adonan bergerak kembali.

Kemudian setelah adonan ampas sudah mengendap kembali, Anda bisa angkat kasa perlahan-lahan agar adonan ampas bisa terjebak di permukaan kasa. Setelah sampai di permukaan wadah kamu bisa menggerakkan kain kasa ke kanan dan ke kiri agar adonan bisa merata di seluruh permukaan kain kasa.

Nah, jika semua adonan sudah memenuhi permukaan kain kasa, maka anda bisa meletakkannya terlebih dahulu di udara bebas agar cepat kering. Saat adonan benar-benar kering Anda bisa mengeluarkan kertas dari kain kasa. Jadilah kertas daur ulang. Lebih bermanfaat bukan.

Nah itu tadi cara mendaur ulang kertas yang simple dan juga sangat mudah. Temen temen bisa mencobanya di rumah

Menilik Penggunaan Tawas Untuk Pengolahan Air

Penggunaan tawas untuk pengolahan air – Tawas atau aluminium sulfat memiliki banyak kegunaan. Salah satunya sudah lama dikenal sebagai flokulator, yang berfungsi mengumpulkan kotoran...
Bara Bere
2 min read

Cincin Emas Terbaik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Wanita

Cincin merupakan salah satu perhiasan sekaligus aksesoris yang banyak digunakan oleh wanita. Wanita bisa menjadi lebih percaya diri jika mereka menggunakan cincin yang sesuai...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *