Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet

Ada begitu banyak sekali bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Mulai dari fast food, roti, jelly, daging, seafood, buah, dan sayuran. Bahkan tak jarang ditemukan sisa makanan yang belum dimakan dimasukkan ke dalam alat ini. Maklum, kulkas bisa berfungsi untuk mengawetkan makanan. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet dengan benar dapat memperpanjang masa simpan sayuran tersebut.

Kulkas akan mendinginkan makanan, membuatnya bertahan lebih lama. Bagi Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk berbelanja, memiliki kulkas di rumah akan sangat membantu. Perangkat ini bisa menjadi penolong bagi Anda. Anda dapat menyimpan semua persediaan makanan Anda untuk beberapa hari ke depan menggunakan lemari es.

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Kualitas tidak sayuran tidak akan rusak. Karena lemari es ini telah dilengkapi dengan kemampuan khusus yang dapat membuat kualitas makanan Anda tetap baik meskipun telah disimpan dalam waktu yang lama. Bahkan untuk sayuran yang notabene merupakan bahan makanan yang mudah busuk, Anda dapat menyimpannya di lemari es tanpa khawatir kualitasnya akan rusak.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet

Keringkan Sayuran Terlebih Dahulu

Penyebab utama busuknya sayuran adalah air. Bahkan jika Anda menyimpannya di lemari es, mereka akan cepat membusuk jika basah. Tanpa di sadari, sayuran yang dibeli di pasar atau supermarket mengandung banyak air di permukaannya agar nampak tetap segar.

Ada baiknya untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum memasukkan sayuran ke dalam lemari es. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung, tetapi Anda hanya perlu menjemurnya di tempat terbuka sampai tidak ada air di permukaannya.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet Jangan Mencuci Sayuran

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet yang berikutnya jangan mencuci sayuran. Kesalahan fatal yang paling sering dilakukan adalah mencuci sayuran yang baru dibeli sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Mungkin maksud Anda baik agar sayuran terbebas dari kuman dan bakteri.

Namun, mencuci sayuran akan membuatnya basah, sehingga cepat busuk bahkan setelah disimpan di lemari es yang dingin. Anda hanya harus mencuci sayuran yang ingin Anda masak. Sedangkan sayuran yang ingin disimpan tidak perlu dicuci. Anda bisa mencucinya nanti saat sayuran akan dimasak.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet Bersihkan Bagian yang Rusak

Jika Anda kurang beruntung, sayuran yang Anda beli di pasar atau supermarket memiliki bagian yang tidak layak untuk dikonsumsi. Misalnya, ada bagian yang membusuk, menghitam, atau mengering. Sesaat sebelum Anda memasukkannya ke dalam lemari es, sebaiknya sayuran dibersihkan terlebih dahulu dari bagian yang sudah rusak. Karena bagian yang rusak ini dapat mencemari sayuran segar lainnya.

Terpisah dari Buah Fruit

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet selanjutnya. Anda juga tidak boleh mencampur sayuran dengan buah. Karena kedua jenis makanan ini tidak boleh untuk disimpan di rak yang sama. Ini karena beberapa buah mampu menghasilkan gas etilen. Gas ini berfungsi sebagai hormon pematangan pada buah.

Namun, jika sayuran yang Anda simpan juga terkena gas etilen ini, dampaknya sayuran akan menjadi matang, menguning, atau bahkan membusuk. Jadi, Anda harus memisahkan sayuran dari buah-buahan.

Jangan Campur dengan Daging/Ikan

Selain buah, sebaiknya jangan mencampur sayuran di lemari es dengan daging dan ikan. Anda harus menggunakan rak yang berbeda untuk menyimpan sayuran dan daging/ikan. Jangan pernah mencampur kedua bahan ini bersama-sama. Mengapa? Karena daging dan ikan mentah banyak mengandung bakteri.

Jangan biarkan sayuran Anda terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat mempercepat pembusukan atau bahkan menyebabkan sakit perut.

Bungkus Menggunakan Kertas/Plastik

Ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya Anda simpan dengan dibungkus kertas atau plastik. Ini termasuk daun bawang, daun bawang, seledri, daun bawang, peterseli, dan ketumbar. Pembungkusan sayuran ini bertujuan untuk mencegah terjadinya proses penguapan pada sayuran sehingga menyebabkan sayuran menjadi kering.

Mungkin Anda pernah melihat sayuran yang disimpan di lemari es dalam kondisi kering? Nah ini dia alasan utamanya.

Jamur Sebaiknya Dibekukan

Jamur termasuk sayuran juga, kan? Di pasaran, ada berbagai macam jenis jamur yang tersedia. Misalnya yaitu jamur tiram, jamur kancing, jamur shitake, jamur inokai, dan sebagainya. Jamur ini ada yang dijual dalam kondisi yang masih segar, namun ada pula yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Untuk jamur yang sudah dikeringkan bisa Kita bungkus dengan kertas terlebih dahulu kemudian disimpan di kulkas. Sedangkan jamur yang masih fresh sebaiknya dibekukan di dalam freezer. Jangan menyimpannya di kulkas karena jamur mudah untuk menyerap kelembaban sehingga membuat jamur tersebut cepat busuk.

Simpan Menggunakan Vacum Sealer

Proses vakum membuat sayuran bebas dari oksigen. Sementara bakteri serta jamur tidak bisa tumbuh tanpa adanya oksigen. Inilah yang membuat vacuum sealer dapat memperpanjang usia sayuran. Jika Anda mengemas bahan makanan menggunakan kontainer atau kantong plastik biasa kemudian dimasukkan ke dalam freezer, lama kelamaan akan terbentuk kristal di sekeliling bahan makanan tersebut.

Kristal ini terbentuk karena air dari dalam sayuran tersebut keluar dan terkena udara. Akibatnya, kualitas dan juga rasa bahan makanan jadi berubah karena kelembabannya berkurang. Menggunakan vacuum sealer dapat mengunci kelembaban sayuran sehingga setelah beberapa lama pun, rasanya tetap akan segar.

Inilah tadi beberapa cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet dan tahan lama.

Kado Pernikahan Untuk Menghormati Di Era New Normal

jika Anda cari set pernikahan. Atau bila Anda mencari gagasan untuk set hadiah pernikahan cincin emas simple yang hangat, berikut beberapa panduan untuk set...
Bara Bere
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *