Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

cara menyimpan buah agar tahan lama

Cara menyimpan buah agar tahan lama dan tetap segar. Tentunya teman-teman pengen kan buah yang disimpan bisa tahan dalam waktu yang lama dan tetap dalam keadaan segar. Pas banget nih artikel kali ini akan mengupas tuntas bagaimana sih cara menyimpan buah agar tahan lama dan tentunya tetap segar.

Buah merupakan salah satu sumber makanan sehat yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh kita. Jadi buah sebnarnya merupakan makanan yang wajib kita konsumsi setiap hari untuk menunjang keebutuhan nutrisi tubuh. Supaya tidak merepotkan untuk belanja buah setiap hari, ada baiknya stok buah dirumah.

Namun seperti yang kita ketahui, buah memang cepat membusuk jika cara penyimpanannya tidak tepat. Kalau begitu langsung saja kita kulik cara menyimpan buah agar tahan lama. Bisa simak penjelasannya di bawah ini ya guys.

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

cara menyimpan buah agar tahan lama

Apel dan Pir

Menyimpan buah apel dan pir bukanlah hal yang rumit. Cukup simpan kedua jenis buah ini dalam suhu ruang. Namun, untuk menjaga rasa dan kesegaran dari buah ini ada baiknya untuk disimpan di dalam kulkas.

Perlu diingat kedua buah ini memproduksi gas etilen dimana gas ini membantu proses pematangan buah. Jadi, simpan apel dan pir ke dalam wadah terpisah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas supaya tidak memicu pembusukan buah lainnya.

Mangga

Mangga merupakan buah yang bisa matang dengan sendirinya pada suhu ruang. Bisa matang dalam waktu 3-4 hari. Jadi tidak hrean penjual buah mangga biasanya menjual mangga dalam keadaan mentah atau setangah matang.

Mangga matang yang disimpan ke dalam kulkas mampu bertahan hingga 2 minggu. Sedangkan mangga yang sudah dikupas dan dipotong hanya mampu bertahan selama 2-3 hari walaupun disimpan ke dalam kulkas.

Pisang

Sebenarnya menyimpan pisang matang di dalam kulkas dapat bertahan lama, namun menyimpan pisang ke dalam kulkas juga membuat kualitas dan rasa dari pisang menurun. Untuk mendapat pisang dengan kualitas  bagus sebenarnya cukup simpan di suhu ruang, namun penyimpanan ini hanya bertahan selama 2-3 hari.

Semangka

Buah semangka dengan kandungan air yang melimpah ini sangat cocok disantap siang-siang hari terlebih saat cuaca panas. Untuk cara menyimpan semangka lebih baik masukkan ke dalam kulkas, karena akan menambah kesegaran dan juga rasa manis dari semangka.

Semangka utuh yang disimpan pada suhu ruang hanya bertahan selama kurang lebih 10 hari, sedangkan semangka utuh yang disimpan di dalam kulkas mampu bertahan hingga 2 minggu lamanya. Jika teman-teman hendak menyimpan semangka dalam bentuk potongan, bungkus terlebih dahulu semangka seperti di minimarket atau gunakan vacuum sealer sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Melon

Buah melon juga menjadi pilihan pas untuk dimakan dikala cuaca panas. Teman-teman bisa menyimpan melon dengan dipotong terlebih dahulu kemudian simpan didalam kulkas agar melon tidak lembek dan berair.

Berbeda dengan melon utuh, menurut U.S Departement of Agriculture (USDA), kandungan antioksidan dalam melon dapat berkurang jika disimpan di dalam kulkas. Jadi cukup simpan melon utuh dalam keadaan suhu ruang saja ya.

cara menyimpan buah agar tahan lama

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah cara penyimpanannya. Tidak ada syarat khusus dan jeruk juga tidak menyebabkan buah lainnya cepat membusuk. Hanya saja saat menyimpan jeruk usahakan jangan ditumpuk, ini bisa menyebabkan jeruk yang paling bawah rusak.

Jeruk yang disimpan dalam suhu ruang mampu bertahan selama 10 hari, sedangkan jeruk yang disimpan dalam kulkas dapat bertahan hingga 1 bulan lamanya.

Anggur

Buah satu ini menjadi buah favorit dikalangan anak-anak, karena kesegaran dari buah ini memang sangat cocok dijadikan camilan sehat di siang hari. Untuk penyimpanan anggur, simpan anggur dalam kulkas. Anggur akan bertahan selama 10 hari.

Anggur juga bisa disimpan ke dalam freezer, jika di dalam freezer anggur akan bertahan lebih lama, sekitar 2-3 bulan lamanya. Anggur yang dibekukan terlebih dahulu didiamkan pada suhu ruang sebelum dikonsumsi.

Nah itu dia beberapa buah dan cara penyimpanan agara buah tetap segar. Jangan lupa untuk dicoba ya tips diatas. Untuk pembelian alat vacuum sealer kunjungi web Rumah Mesin

Mungkin ini saja yang dapat saya samapikan mengenai begaimana sih cara menyimpan buah agar tahan lama dan tetap segar. Semoga informasi ini mudah dipahami sehingga dapat membantu teman-teman semua. Terimakasih dan selamat mencoba teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *