Cara Mengolah Sampah Organik

cara mengolah sampah organik

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara mengolah sampah organik berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

INI ADALAH PENGOLAHAN SAMPAH YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

Sebelum memasuki pembahasan, kita perlu mengetahui jenis-jenis sampah yang ada di lingkungan sekitar, agar kita bisa mengolah sampah sesuai jenis dan pemanfaatannya.

JENIS JENIS SAMPAH

LIMBAH ANORGANIK

Secara umum sampah anorganik merupakan jenis sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai, dimana proses penghancurannya memakan waktu lama, namun jenis sampah ini juga dapat didaur ulang dan dijadikan bahan kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi pula. , jenis limbah ini. seperti plastik, kaleng, botol, seng, karet, logam dan lain-lain. Jenis sampah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menaikkan dataran rendah dengan cara dihancurkan.

SAMPAH ORGANIK

Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai secara hayati. Jenis sampah ini biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi kompos yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan. Jenis sampah ini termasuk sampah dapur, seperti sisa sayuran dan sisa buah yang merupakan jenis sampah organik. basah, sedangkan serasah daun kering yang jatuh, sampah pertanian merupakan jenis sampah organik kering, dan sampah organik lainnya.

Dari berbagai permasalahan yang diakibatkan sampah, banyak hal yang dapat dilakukan untuk pemberdayaan sampah, misalnya mengolah sampah organik menjadi kompos.

PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI PUPUK KOMPOS

Sebelum mengolah kompos, terlebih dahulu kita pilah mana yang bisa digunakan untuk membuat kompos, seperti menyortir mana yang organik dan mana yang anorganik. kita bisa mengolah sampah menggunakan mesin pencacah kompos.

Pengolahan sampah organik menjadi kompos dapat dilakukan dengan prinsip penguraian bahan organik dengan cara fermentasi, bahayanya berupa daun atau sampah rumah tangga lainnya yang merupakan bahan organik, serta campuran kotoran ternak seperti sapi. , kambing, ayam.

Berikut cara mudah dan murah mengolah sampah organik menjadi kompos yang bisa kita lakukan untuk kebutuhan kita sendiri maupun untuk berkelompok, yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitar.

BAGAIMANA MENGOLAH LIMBAH ORGANIK MENJADI PUPUK KOMPOS.

1. Siapkan sampah organik seperti dedaunan, sisa sayuran dapur, rumput dan sampah lain yang merupakan sampah organik.

2. Memotong sampah menjadi potongan-potongan kecil, baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin pencacah sampah organik khusus.

3. Campur sampah olahan dengan kotoran kambing.

4. Setelah sampah dan kotoran kambing tercampur, kemudian siram dengan larutan gula atau air biasa dan larutan bakteri EM4 yang disesuaikan dengan jumlah bahan atau limbah yang akan diolah, kemudian diaduk dan diaduk hingga merata hingga rata. bahan menjadi basah dan lembab. Larutan bakteri EM4 biasanya ditemukan di toko-toko pertanian.

5. Setelah tercampur, masukkan ke dalam wadah atau bak penampung seperti kantong plastik besar atau kantong plastik dan biarkan bahan terfermentasi selama kurang lebih 2 – 3 bulan atau sampai pupuk siap digunakan.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan lestari sebaiknya kompos dibuat secara berkala agar dapat dimanfaatkan dan dimanfaatkan secara lestari.

Perlu kita ketahui bahwa kompos dapat kita gunakan dalam sistem pertanian yang ramah lingkungan dan memiliki hasil yang lebih tinggi.

Dengan memanfaatkan pupuk organik, selain mampu menanggulangi sampah yang banyak menimbulkan permasalahan lingkungan, berarti kita juga menerapkan pola hidup sehat.

Begitulah sampah organik diolah menjadi kompos, dan masih banyak jenis pengolahan sampah organik lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga artikel ini memberikan manfaat.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan lestari sebaiknya kompos dibuat secara berkala agar dapat dimanfaatkan dan dimanfaatkan secara lestari.

Perlu kita ketahui bahwa kompos dapat kita gunakan dalam sistem pertanian yang ramah lingkungan dan memiliki hasil yang lebih tinggi.

Dengan memanfaatkan pupuk organik, selain mampu menanggulangi sampah yang banyak menimbulkan permasalahan lingkungan, berarti kita juga menerapkan pola hidup sehat.

Begitulah sampah organik diolah menjadi kompos, dan masih banyak jenis pengolahan sampah organik lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga artikel ini memberikan manfaat. sekian terimakasih.

Peluang Usaha Galon Air Minum Isi Ulang dan Strateginya

Galon air minum isi ulang – Air telah menjadi kebutuhan utama manusia. Kami membayangkan kebutuhan air minum, kebutuhan toilet, dan kebutuhan industri. Namun, air...
Bara Bere
2 min read

Khasiat Minyak Cengkeh

Hidup di negara yang identik dengan segala macam rempah-rempah mulai dari daun salam, pala dan merica, adalah sebuah anugerah tersendiri. Kita harus mengenali dan...
Bara Bere
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *