Cara Membuat VCO Sederhana Sendiri Tanpa Ribet

cara membuat vco sederhana
Ilustrasi VCO

Cara membuat VCO sederhana – Minyak kelapa murni atau biasa disebut Virgin Coconut Oil (VCO) adalah bahan alami yang terbuat dari daging buah kelapa yang dikeruk dari tempurungnya. Banyak sekali manfaat di dalamnya bila kita bisa menggunakan dan mengolahnya dengan baik. Salah satunya adalah minyak kelapa atau yang biasa kita sebut minyak kelapa dengan istilah virgin coconut oil.

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) bisa Anda buat sendiri di rumah? Dengan artikel ini, kami akan memberi Anda beberapa tips jika Anda tertarik untuk membuat VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa sendiri dari rumah Anda.

VCO atau minyak kelapa murni menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan kita karena mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh dalam minyak kelapa adalah trigliserida rantai menengah (MCT). Jenis lemak jenuh ini adalah lemak yang langsung diproses oleh hati untuk dijadikan energi.

Lalu ada asam laurat yang terkandung dalam VCO ini. Asam laurat ini adalah lemak jenuh khas yang ditemukan dalam minyak VCO yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Untuk kesehatan kulit juga harus membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis.

Cara membuat VCO sederhana tidak terlalu sulit. Namun, ada berbagai cara untuk membuatnya. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan preferensi Anda di bawah ini.

Baca Juga : Menilik Penggunaan Tawas Untuk Pengolahan Air

Cara Membuat VCO Sederhana

1. Merebus Daging Kelapa

Ambil empat gelas air dan panaskan sampai mendidih. Sambil menunggu airnya menyusut, haluskan dengan parutan dua buah kelapa tua. Campurkan kelapa parut dengan air panas, lalu aduk hingga rata.

Gunakan saringan yang rapat untuk menyaring air kelapa yang sudah tercampur agar santannya banyak. Setelah santan terkumpul, rebus dengan api sedang.

Aduk terus sampai air mendidih dan menguap dan mentega kakao terpisah dari minyaknya. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan Anda tidak berhenti mengaduk.

2. Menyaring Daging Kelapa

Potong daging kelapa tua menjadi potongan-potongan kecil. Aduk hingga rata, jika perlu tambahkan air agar lebih mudah dan cepat. Campur semua potongan kelapa untuk menghasilkan santan.

Tambahkan air sedikit demi sedikit agar santannya banyak. Biarkan campuran sari kelapa dalam toples selama 24 jam untuk memisahkan santan dan minyak kelapa.

Dinginkan atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat pembentukan dadih. Dadih dikeluarkan dan minyak kelapa murni yang tersisa di panci atau wadah diperoleh.

3. Mengendapkan Daging Kelapa

Gunakan daging kelapa parutan atau kelapa segar yang dibeli di toko. Jika Anda menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil dan keringkan selama sehari dalam oven kelapa atau di bawah sinar matahari. Masukkan ke dalam juicer secara bersamaan agar pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar.

Lanjutkan proses ini sampai semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini lagi untuk menghilangkan semua minyak kelapa.
Tuang juicer ke dalam stoples dan biarkan di tempat yang hangat sepanjang hari.

Setelah itu, minyak kelapa akan muncul di permukaan, dan lapisan tebal akan mengendap di bagian bawah toples. Untuk mempersiapkan penggunaan minyak kelapa, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Manfaat VCO Bagi Tubuh

Dengan komposisi di atas, minyak kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. diantara mereka:

  1. Baik untuk penderita kolesterol tinggi karena mampu menaikkan kadar (HDL) dalam tubuh
  2. Menurunkan berat badan jika disertai olahraga rutin
  3. Melembabkan kulit
  4. Menghilangkan / mengurangi kutu rambut
  5. Membantu memperbaiki resistensi insulin pada penderita Diabetes

Bagaimana? Mudah bukan? Setelah mengetahui berbagai cara membuat VCO sederhana dan berbagai manfaat yang terdapat pada minyak Virgin Coconut Oil ini. Anda bisa mempraktekkan sendiri dirumah, Selamat mencobaa.

Karena penelitian yang menunjukkan manfaat minyak kelapa masih langka, disarankan untuk tidak mengandalkan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Agar tetap sehat, mohon selalu terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

Artikel selanjutnya jangan sampai terlewatkan Tips Cara Menanam Pinang yang Baik agar Tumbuh Maksimal

Kado Pernikahan Untuk Menghormati Di Era New Normal

jika Anda cari set pernikahan. Atau bila Anda mencari gagasan untuk set hadiah pernikahan cincin emas simple yang hangat, berikut beberapa panduan untuk set...
Bara Bere
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *