Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku Anti Ribet

Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku

Pada kesempatan kali ini saya menulis Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku. Usus Crispy merupakan salah satu makanan yang terbuat dari usus ayam dengan bahan tambahan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung sajiku beserta bumbu yang sudah disiapkan.

Usus yang renyah sangat cocok dijadikan sebagai teman kerja, untuk menonton film ataupun sebagai teman bersantai bersama keluarga.

Selain daging, ada juga bagian ayam yang bisa kita buat sendiri menjadi camilan yang sangat enak dan renyah, apalagi jika disajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti nasi atau sambal pasti akan menambah kelezatan olahan yang satu ini.

Cara Memilih Usus Yang Benar

Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku

Usus Ayam yang dijual di pasaran tidak selalu bagus. Ada yang sudah lama ada, bahkan ada yang diberi formalin agar lebih awet. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memilih usus ayam yang masih bagus.

1. Warnanya Kuning Segar

Usus ayam yang baik berwarna putih kekuningan. Warnanya kuning segar, seperti warna lemak pada kulit ayam. Jika warnanya terlalu terang dan mencolok, Anda harus berhati-hati karena usus ayam mungkin telah menerima bahan pengawet seperti formalin. Sedangkan jika warnanya pucat kebiruan berarti kualitas usus ayam kurang baik.

2. Teksturnya Tidak Keras

Tekstur usus ayam yang baik dan segar cenderung lembut. Saat Anda meremasnya, Anda akan merasakan kelembutannya. Jika Anda menemukan usus ayam yang konsistensinya kenyal, jangan dibeli. Karena tekstur usus ayam yang kenyal menandakan adanya bahan pengawet.

3. Tidak Berbau Busuk

Usus ayam, seperti halnya daging dan jeroan, pasti memiliki bau amis. Namun dengan usus ayam yang baik, bau amisnya tetap alami dan tidak menyengat hidung. Jika baunya sudah tidak enak atau tidak berbau sama sekali, sebaiknya usus ayam tidak dibeli.

Usus ayam yang baunya tidak enak, kualitasnya jelas tidak bagus. Meskipun tidak berbau, usus ayam mungkin mengandung bahan pengawet.

4. Saat Anda Membelinya di Supermarket, Periksa Tanggal Pengemasannya

Membeli usus ayam dari supermarket biasanya lebih aman karena kualitasnya terjaga dan bebas dari bahan pengawet berbahaya. Namun, Anda perlu tetap berhati-hati untuk mendapatkan usus ayam dengan kualitas terbaik.

Caranya adalah dengan mengecek kembali tanggal pengepakan, yaitu pada label pada kemasan usus ayam. Usahakan untuk membeli selongsong ayam yang dikemas pada hari yang sama dengan saat Anda membelinya sehingga masih segar.

Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku

Berikut sebuah Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku yang bisa kalian contoh dan kalian praktekkan di rumah dengan keluarga maupun teman kalian :

Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku

Bahan – Bahan :

  • 1/4 usus ayam
  • 1 bks tepung sajiku
  • 2 siung bawang putih
  • 1 bks kunyit bubuk
  • Air
  • Minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih usus terlebih dahulu, lalu tiriskan
  2. Rebus air hingga mendidih lalu masukan usus crispy, rebus kurang lebih sekitar 10 menit bila sudah tiriskan
  3. Haluskan bawang putih dan campurkan ke dalam usus ayam dan tepung sajiku capur, lalu aduk hingga merata agar meresap diamkan kurang lebih 3 menit
  4. Lumuri dengan tepung sajiku kalian atau bisa lihat cara menyampur dibelakang kemasan tepung sajiku
  5. Goreng mengunakan minyak panas, usus yang sudah dibalut tepung hingga berubah warna menjadi kuning keemas an, kemudian angkat dan tiriskan
  6. Siap disajikan sebagai lauk atau cemilan

Tips Mengolah Usus

Sebelum melakukan proses Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku menjadi berbagai makanan, usus ayam harus dibersihkan terlebih dahulu dan bau amisnya dihilangkan agar rasanya enak.

1. Cuci Usus Ayam Beberapa Kali Sampai Bersih dan Olesi Dengan Air Jeruk Nipis

Karena ini adalah usus dan saluran pencernaan ayam, usus perlu dibersihkan secara menyeluruh sampai kotorannya hilang. Cuci usus ayam di bawah air mengalir sekitar 3 kali. Gosok dengan lembut terutama di antara lipatan usus, tempat banyak kotoran menempel.

Jika sudah bersih, lumuri usus ayam dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Biarkan usus ayam terendam selama 10 menit sebelum akhirnya mengolahnya.

2. Rebus Usus Ayam Bersama Jahe, Lengkuas dan Daun Salam

Usus ayam harus dimasak terlebih dahulu sebelum diolah agar empuk dan bau amisnya hilang sama sekali. Rebus usus ayam dalam air mendidih, lalu tambahkan jahe, lengkuas, dan daun salam untuk menghilangkan bau amis. Masak selama sekitar 5 menit. Kemudian tiriskan usus ayam dan buang airnya.

3. Ganti Air Rebusan dan Masak Usus Ayam Hingga Matang

Masak kembali usus ayam untuk memasak dan melunakkan teksturnya. Kali ini, gunakan air kelapa sebagai air rebusan. Tidak hanya usus ayam yang cepat empuk, air kelapa juga membuat usus ayam terasa lebih nikmat saat dikonsumsi nanti. Masak usus ayam hingga matang dan empuk, sekitar 5 menit.

Cobalah untuk membuat persiapan untuk ini sekarang, seperti usus renyah dengan bumbu sjiku, agar usus ini nantinya dapat Anda sajikan sebagai camilan renyah atau sebagai lauk.

Bahaya Usus Bagi Kesehatan

Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Terigu

Usus crispy terbuat dari usus ayam yang diproses melalui penggorengan. Seperti jeroan usus lainnya, usus garing mengandung kadar kolesterol tinggi yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan atau dalam jumlah banyak. Sejumlah kasus penyakit terkait organ tubuh seperti kolesterol dan stroke ditemukan bakteri yang menempel pada usus busuk.

Jika ingin mengkonsumsi/mengolah usus ayam menjadi makanan atau snack, maka sebaiknya memilih bahan jeroan yang baru dan bersih. Dalam pengolahannya pun casing harus memastikan bahwa hasilnya berkualitas tinggi dan menguntungkan pembeli.

Selain potensi bahayanya, keripik usus yang renyah dalam bumbu sajian saya ini cukup lengkap kandungan gizinya. Dikutip dari sejumlah sumber, setiap 100 gram usus ayam goreng mengandung 473 kalori energi, 13,9 gram karbohidrat, 45,2 gram protein, dan 26,3 gram lemak.

Selain itu, usus crispy bumbu sajian saya juga mengandung mineral penting lainnya seperti kalsium hingga 1407 mg, fosfor 458 mg, zat besi 8,4 mg, vitamin A 20 IU dan vitamin B1 0,57 mg.

Selain itu, memiliki usus yang renyah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Termasuk penyakit lebih baik dan penakluk wasir atau stroke. Usus ini juga baik untuk menunjang asupan makanan anak kurang gizi. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi camilan usus yang renyah ini secara berlebihan.

 

Berikut adalah artikel Cara Membuat Usus Crispy Dengan Tepung Sajiku saya yang bisa sangat menguntungkan bagi yang memiliki bisnis retail. Pada dasarnya, resep ini sangat mudah dibuat.

Bahan-bahannya cukup murah dan cara mengolahnya yang crispy juga tidak terlalu rumit. Tidak hanya itu, semoga bermanfaat untuk anda semua. itulah sedikit pembahasan resep usus krispi jika sudah dalam bentuk kata kata maaf terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *