Cara Membuat Tepung Porang yang Mudah

Cara Membuat Tepung Porang

Halo teman – teman semua pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat tepung porang yang mudah. Untuk informasi lebih lanjutnya kalian bisa simak penjelasan dibawah ini.

Tepung Porang

Porang merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Tumbuhan berumbi ini termasuk dalam famili Araceae atau Araceae yang memiliki potensi ekonomi yang besar baik untuk industri pangan maupun nonpangan.

Sayangnya, tanaman porang tidak begitu banyak dibudidayakan di Indonesia dan masih tumbuh secara alami di hutan dan kebun yang tidak ditanami di sepanjang bantaran sungai dan lereng gunung.

Umbi porang mengandung kadar glukomanan yang tinggi atau yang biasa disebut dengan mannan.

Akibatnya, umbi porang jarang dikonsumsi langsung karena mengandung kristal kalsium oksalat yang menyebabkan gatal. Oleh karena itu, sering digunakan untuk singkong dan tepung.

Seperti tepung lainnya, pembuatan tepung porang harus melalui serangkaian tahapan dan diproses menggunakan mesin tepung.

Cara Membuat Tepung Porang

Cara Membuat Tepung Porang

  • Tepung porang memiliki tekstur kenyal dan digunakan dalam mie, oden, kue, jeli, dll.
  • Gunakan umbi polen yang bersih dan dipanen sampai bersih. Berhati-hatilah agar jus tidak mengenai tangan Anda. Ini bisa menyebabkan gatal.
  • Masukkan porang bersih ke dalam alat pengiris dan tipiskan seperti ujungnya.
  • Setelah itu, keripik kentang dikeringkan di bawah sinar matahari, ditempatkan di disc mill dan dihancurkan di ball mill.
  • Butiran halus tepung porang perlu disortir terlebih dahulu. Artinya, sisa kontaminan yang tidak terpakai harus dipisahkan dan dibuang.
  • Tepung polen untuk bahan komersial biasanya dicuci ulang sampai kandungan oksalat (yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit) benar-benar hilang dan hanya tersisa glukomanan.
  • Jika sudah bersih, lakukan quality check lagi untuk mengecek kualitasnya
  • Setelah itu, dikemas penuh dengan tepung porang murni dan siap untuk didistribusikan.

Cara pembuatan tepung porang adalah cara tradisional. Namun saat ini masyarakat sudah sering mengkonsumsinya dalam kemasan basah atau dalam bentuk yang lebih praktis seperti mie, roti, kue, oden, sukiyaki, keripik, jeli, dan agar-agar nabati.

Bahkan jika cetakan berubah menjadi tepung, Porang tidak dapat menggantikan fungsi tepung dalam memasak. Tapi hanya sebagai tambahan. Tepung porang dapat meningkatkan tekstur dan tekstur adonan yang lembut.

Sebagai perbandingan, menambahkan setengah sendok teh tepung porang ke dalam secangkir tepung dapat menghasilkan adonan yang lebih lembut sekaligus meningkatkan kandungan serat tanpa mengubah rasa makanan.

Fakta dan Kegunaan Tepung Porang

Shirataki menggunakan tepung porang dan konjak bebas kolesterol dan karbohidrat, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan pelaku diet.

Persiapan tanaman konjak ini telah menjadi makanan pokok banyak orang Asia Timur selama beberapa dekade, terutama dari Jepang dan Cina, Thailand hingga Vietnam.

Beberapa orang yang sudah mulai mengkonsumsinya memahami manfaat dari tepung porang dan konjak. Inilah fakta dan manfaat tepung porang bagi kehidupan kita.

Karena mengandung glukomanan, yang merupakan polisakarida yang mudah larut dalam air, ia juga berguna sebagai serat makanan.

Di Filipina, tepung pembuat porang digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat roti. Dalam industri farmasi, kandungan glukomanan dari porang digunakan untuk membentuk dan mengikat tablet atau kapsul.

Tepung porang dikatakan memiliki daya rekat yang lebih baik dibandingkan tepung beras. Fitur ini juga banyak digunakan dalam industri perekat kertas.

Dalam industri tekstil, tepung porang dapat menggantikan pati dan tapioka sebagai penguat kilap dan tenun. Tepung porang memiliki indeks glikemik rendah dan aman untuk penderita diabetes

Glukomanan yang terkandung dalam porang dapat menurunkan kolesterol dan memperpanjang rasa kenyang, sehingga dapat dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan sifat glukomanan yang dapat diserap oleh sistem pencernaan hingga 200 kali lipat.

Oleh karena itu, membantu Anda merasa kenyang, meningkatkan penurunan berat badan, mengurangi sembelit dan merangsang usus besar.

Ini adalah cara membuat tepung porang dan mengolahnya menjadi berbagai bentuk makanan. Dengan menjadikannya produk kering seperti tepung, Porang lebih tahan lama dan dapat menjaga kuantitas dan kualitas.

Saat dijual untuk distribusi, porang tidak mudah rusak dan lebih praktis untuk digunakan.

Nah, itu tadi adalah cara membuat tepung porang yang bisa kalian coba, kalian juga bisa mendapatkan produk mesin porang di Rumah Mesin.

Baiklah cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Membuat Tepung Porang yang Mudah”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *