Cara Membuat Tahu Telur Yang Enak Bikin Ketagihan

cara-membuat-tahu-telur

Cara membuat tahu telur – Halo guys, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep cara membuat tahu telur yang enak bikin ketagihan.

Kalian udah tahu belum apa itu tahu telur ? Gimana kalau kita bahas dahulu mengenai asal usul dalgona coffee. Oke kalau begitu sebelum ke  resep cara membuat tahu telur yang enak bikin ketagihan, kita bahas dulu yuk tentang asal usul dari tahu telur.

Sejarah Tahu Telur

Indonesia memang terkenal dengan kulinernya hingga mancanegara, Surabaya Jawa Timur selain dikenal sebagai kota pahlawan juga memiliki berbagai macam makanan khas yang enak dan enak. Salah satunya adalah telur tahu. 
Ada berbagai versi lain yang menyebutkan bahwa nama Tofu Tek diambil dari bunyi gunting yang digunakan untuk mengoyak bahan baku Telur Tahu. Penjualnya memotong lontong, tahu, telur, menggunakan gunting. Sekali lagi, GUNTING. 
Unik bukan? Barangkali filosofi penggunaan gunting adalah untuk memudahkan penyajian di antara pembeli yang banyak, karena makanannya mudah terjangkau, terutama untuk anak-anak kos. Tahu Telur ini memiliki cita rasa yang unik dan khas. 
Rasa kuah yang terbuat dari pasta ini memberikan rasa dan aroma yang khas. Rasa kacang pada sambalnya juga sangat terasa, karena pada dasarnya kacang pada sambal ini tidak digiling hingga empuk sehingga memberi sensasi tersendiri di lidah kita. 
Selain rasanya yang enak, Tahu Tek juga sangat mengenyangkan karena menggunakan lontong yang lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Pasta yang digunakan untuk tahu adalah pasta udang. Proses pembuatan telur tahu terlihat cukup sederhana. 

Mengenal Lebih Dalam Tahu Telur

Tahu Telur terbuat dari bahan-bahan seperti lontong, tahu goreng, kentang goreng, tauge dan irisan ketimun. Bahan-bahan tersebut kemudian dipotong kecil-kecil menggunakan gunting khusus dan garpu untuk menahannya. Setelah bahan dipotong, mereka siap disajikan. Dalam penyajiannya, bahan-bahan yang telah disiapkan disusun menjadi piring kemudian disiram dengan kuah terasi. Pasta ini terbuat dari bahan seperti terasi, kacang tanah goreng, air, cabai dan bawang putih. 
Bahan tersebut kemudian diulek menggunakan lesung yang terbuat dari batu hingga bumbu mengental. Pasta yang digunakan untuk membuat sambal ini biasanya diambil dari sidoarjo, karena ada asal petisnya sehingga rasanya lebih enak dan otentik.
Anda tahu petis, bukan? Petis ini merupakan salah satu yang digunakan sebagai penyedap pada makanan tablet. Salah satunya digunakan untuk campuran tahu telur. 
Selain sebagai bahan campuran tahu telur, terasi ini juga bisa digunakan sebagai penyedap masakan lain seperti rujak, remis lontong, tahu campur, dan lain sebagainya. 
Ada banyak jenis terasi yaitu terasi, terasi tuna, dll. Yang paling terkenal adalah petis madura, karena petis ini dibuat dari sari ikan pilihan dan dicampur dengan bumbu.
Petis ini memiliki aroma yang sangat khas. Rasa petis biasanya gurih dan manis. Ternyata pasta ini memiliki berbagai bahan yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk penyedap makanan. Petis mengandung protein, energi, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, lemak dll.
Kacang tanah disini merupakan makanan pendamping tahu telur, karena bumbu dari tahu telur mengandung kacang tanah yang dilumatkan dicampur dengan pasta. Kacang ini memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat tinggi, sehingga merupakan bahan makanan yang penting. 
Kacang juga memiliki vitamin yaitu vitamin B yang fungsinya mencegah kelelahan pada otak kita. Kacang ini umumnya merupakan makanan yang baik untuk jantung. 
Makan kacang-kacangan akan membuat kita merasa kenyang secara normal, karena mengandung kandungan yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Banyak sekali manfaat kacang-kacangan. 
Contohnya termasuk mencegah keriput, baik untuk jantung, mencegah berbagai macam kanker, mengurangi risiko timbulnya batu empedu, dll. Untuk itu, jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan atau sebagai pelengkap makanan, kacang-kacangan tidak berbahaya untuk dikonsumsi.
Sehingga jika kita mengkonsumsi kacang-kacangan dalam kehidupan sehari-hari tidak berbahaya. Karena kacang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

Cara Membuat Tahu Telur Yang Enak Bikin Ketagihan

Bahan Bahan Cara Membuat Tahu Telur

Bahan Bumbunya :

  • 2-3 sendok makan kacang tanah goreng
  • 1 siung bawang putih goreng
  • 2 atau lebih cabai rawit goreng (sesuai selera)
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sendok makan terasi (nikmat campur antara kue kering biasa dan enak), juga tidak bisa anda gunakan karena masih enak
  • 2 sdm kecap manis
  • secukupnya Air matang

Bahan Tahu Telurnya :

  • 1 butir telur
  • Secukupnya garam
  • 1/4 potong tahu putih seharga 3000 rupee
  • Secukupnya merica bubuk

Bahan Pelengkap :

  • 1 biji lontong ukuran sedang
  • Kecambah cukup direbus
  • Irisan daun brambang dan seledri secukupnya
  • Brambang goreng secukupnya
  • Kerupuk

Langkah Langkah Cara Membuat Tahu Telur

  1. Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, dan garam menggunakan blender serbaguna. Yang halus jadi rasanya enak sis Kemudian tambahkan pasta dan aduk sampai rata, lalu tambahkan kecap manis. Terakhir, tambahkan air matang secukupnya sampai kental sesuai keinginan. Jangan terlalu encer karena rasanya tidak enak. Bumbu ini siap disajikan
  2. Kocok telur dengan garam dan mrica, lalu tambahkan irisan tahu, potong dadu tapi agak tipis. Aduk lagi dan goreng dengan minyak secukupnya seperti kita membuat telur dadar. Biarkan minyak sekali pakai. Setelah selesai, hapus
  3. Potong lontong di atas piring, lalu taruh telur di atasnya. Di atas telur ditambahkan tauge rebus, irisan brambang dan daun seledri. Lalu tuangkan bumbu kacang. Terakhir, taburkan brambang goreng di atasnya dan masukkan kerupuk. Telur tahu siap disantap.
  4. Tambahan: jika digoreng, bisa dipisahkan dari telurnya, tapi dipotong lebih sedikit. Jika Anda ingin telur digoreng secara terpisah dan kemudian Anda bisa melakukannya seperti penjual. Setelah telur dikocok, goreng dengan sedikit minyak dan cukup panas. Hasilnya pasti akan mekar dan rasanya enak. Kemudian potong dengan gunting dan taruh di atas tahu goreng. Hanya jika ini masalahnya, serap banyak minyak
  5. Terserah Anda model seperti apa yang Anda inginkan. Itu sama enaknya. Silakan coba, Bunnn !!!

Cara Membuat Tahu Telur Yang Enak Bikin Ketagihan

Nah itu dia guys resep cara membuat tahu telur yang enak bikin ketaguhan . Gimana.. gampang bukan? Tahu telur sendiri sangat mantap jika disantap dengan kopi, jika ingin gak ribet kalian bisa menggunakan mesin pembuat kopi agar praktis.

Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya . 

Dapatkan Harga Sewa Bus Trac 2019 Surabaya

Dapatkan Harga Sewa Bus Trac 2019 Surabaya yang paling sreg sama dengan kebutuhan Anda serta rasakan berpergian terserah kemana Anda berangkat! non HD, HD,...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *