Cara Membuat Peyek Rebon

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang cara membuat peyek rebon . Kalian tahu gak kalau kita dapat meniriskan minyak menggunakan mesin peniris minyak . Nah kalian penasaran dengan cara membuat peyek rebon? Simak sampai akhir yaa..

Renyah gurih dan sedikit pedas. Rempeyek yang satu ini dijamin bikin ketagihan. Enak dimakan panas sebagai lauk nasi hangat plus sambal favorit!

Bahan:
150 g udang kecil, buang kepalanya, cuci
minyak goreng
100 g tepung beras
1 sdm tepung kanji
250 ml air
Bumbu, haluskan:
1 butir kemiri
2 buah cabai merah
1 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara membuat:

  • Aduk tepung beras, tepung kanji dan bumbu halus dengan air hingga cukup kental.
  • Sesuaikan jumlah air dengan tingkat kekeringan tepung beras.
  • Masukkan udang, aduk rata.
  • Goreng udang sesendok demi sesendok dalam minyak panas dan banyak hingga kering dan matang.
  • Angkat dan tiriskan.

Bukan hanya sebagai pelengkap atau kerupuk, peyek udang ini bisa sekaligus Anda sajikan sebagai lauk karena kandungan protein yang sudah mencukupi. Peyek ini lezat jika dinikmati langsung setelah matang. Karena menggunakan udang basah, rasa renyah peyek tidak bisa tahan lama sehingga tidak cocok untuk disimpan seperti peyek lainnya.

Lihat juga resep Peye Udang, Bakwan / Peyek Udang enak lainnya! Cara membuat peyek udang basah: Cuci bersih udang, kemudian beri perasan jeruk nipis agar aroma amisnya berkurang. Kocok lepas telur, campur dengan lada bubuk, garam, bawang putih dan penyedap masakan, aduk rata. Anda dapat membuat Peyek udang menggunakan 10 resep dan 3 langkah. Inilah cara Anda memasak itu.

Resep Untuk Membuat Peyek udang

  1. Kemudian 250 gr dari udang.
  2. Kemudian 259 gr dari tepung beras.
  3. Kemudian 65 ml dari santan.
  4. Anda membutuhkan 1 butir dari telur.
  5. Persiapkan 2 lembar dari daun jeruk.
  6. Kemudian dari Bumbu halus :.
  7. Persiapkan 5 siung dari bawang putih.
  8. Persiapkan Seruas dari kunyit.
  9. Persiapkan 1 sdm dari ketumbar.
  10. Persiapkan dari Garam dan kaldu bubuk.

Tambahkan tepung terigu dan tapioka ke dalam adonan telur, aduk secara perlahan hingga tercampur rata. Resep cara membuat peyek udang, salah satu makanan yang digemari baik untuk lauk ataupun cemilan. Spesial Resep Peyek Kacang Tanah – Peyek atau rempeyek termasuk makanan khas Indonesia yang terkenal nikmat dan renyah karena dibuat dari perpaduan tepung terigu dan bahan-bahan pilihan lainnya. Selain berfungsi sebagai cemilan, Rempeyek juga menjadi pelengkap makan layaknya seperti kerupuk.

Langkah-langkah Pembuatan Peyek udang

  1. Cuci bersih udang, hilangkan kepalanya.
  2. Uleg bumbu halus. Iris halus dain jeruk. Aduk rata tepung beras, santan, telur, garam, irisan daun jeruk dan bumbu halus. Adonan jangan terlalu encer..
  3. Masukkan udang ke adona tepung, goreng adonan dalam minyak panas sampai matang dan renyah..

Banyak sekali cemilan renyah dan gurih yang sangat lezat, mulai dari cheese stick, telur gabus asin,telur crispy,peyek dan masih banyak lagi. Selalu bisa bikin ramai saat bersantap, peyek udang rebon Rebon yang super tipis dan renyah ini juga bisa menghadirkan kenikmatan sebagai cemilan yang enak. Demikian cara membuat peyek kacang renyah dan gurih dengan santan.

Bukan hanya sebagai pelengkap atau kerupuk, peyek udang ini bisa sekaligus Anda sajikan sebagai lauk karena kandungan protein yang sudah mencukupi. Karena menggunakan udang basah, rasa renyah peyek tidak bisa tahan lama sehingga tidak cocok untuk disimpan seperti peyek lainnya. Peyek Kacang Super Renyah dan Tahan Lama. Anda bisa memulai Peyek kacang, udang kering super renyah dengan menggunakan 14 bahan-bahan dan cukup 5 langkah. Berikut ini kami menyajikan bagaimana cara memasak dengan simple, cepat dan gampang diikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan Peyek kacang, udang kering super renyah

  1. Persiapkan 250 gr tepung beras.
  2. Siapkan 80 gr tepung kanji.
  3. Sediakan 30 gr tepung maisena.
  4. Siapkan 1 butir kuning telur.
  5. Persiapkan 400-430 ml santan (sesuai selera ketebalan).
  6. Anda butuh 5 lembar daun jeruk (potong kecil2).
  7. Sediakan secukupnya Udang kering dan kacang tanah.
  8. Sediakan Bumbu halus.
  9. Persiapkan 5 butir bawang putih.
  10. Sediakan 1/2 sdt tumbar utuh.
  11. Siapkan ± 1,5 cm kencur.
  12. Anda butuh 2 butir miri.
  13. Sediakan 1 lembar daun jeruk purut.
  14. Sediakan Secukupnya minyak, untuk menggoreng.

Peyek kacang atau rempeyek menjadi salah satu camilan favorit karena memiliki rasa yang renyah dan gurih. Peyek merupakan gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental yang kemudian diberi bumbu. Jika kamu bosen dengan peyek kacang. Peyek kacang memang sangat nikmat dijadikan sebagai camilan atau pelengkap lauk makan.

Instruksi membuat Peyek kacang, udang kering super renyah dengan gampang

  1. Campur semua bahan dan bumbu halus dalam baskom, lalu masukkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk dgn whisker agar adonan halus (tidak ada tepung yang menggumpal).
  2. Panaskan wajan yang berisi minyak dengan api sedang sampai panas (tapi tidak sampai berasap minyaknya).
  3. Tuang adonan dipinggir wajan, sambil disiram dengan minyak.
  4. Masak hingga matang,angkat.
  5. Sajikan,.

Peyek atau rempeyek kacang hijau yang renyah cocok jadi lauk makan atau camilan teman bekerja. Pada resep peyek kacang hijau kali ini, tanpa menggunakan santan. Biasanya, santan berfungsi menambah renyah dan gurih pada peyek.

Peyek biasanya disajikan sebagai menu pendamping makan seperti kerupuk. Saat ini banyak modifikasi dari peyek seperti peyek bayam, peyek udang, peyek daun ketela, peyek udang rebon dan sebagainya. Pada resep peyek kacang hijau kali ini, tanpa menggunakan santan. Tenang saja untuk tutorial membikin Peyek udang tanpa santan yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 4 langkah saja.

Untuk bisa bikin Peyek udang tanpa santan pada postingan ini kalian membutuhkan 10 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung beras – 1/2 bungkus.
  2. Siapkan udang – Secukupnya.
  3. Siapkan b.putih – 3 siung.
  4. Siapkan kemiri – 1 buah.
  5. Siapkan ketumbar – Secukupnya.
  6. Siapkan air – Secukupnya.
  7. Siapkan telor ayam – 1 butir.
  8. Siapkan daun jeruk – 1 lembar.
  9. Siapkan garam – Secukupnya.
  10. Siapkan kencur – Secukupnya.

Namun, hasilnya tetap renyah karena pakai tepung maizena. Bahkan, Anda bisa mencampur santan agar peyek udang makin gurih dan enak. Untuk membuat peyek renyah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan, seperti udang segar sesuai selera, tepung beras, tepung sagu, bawang putih, dan bumbu lainnya. Bukan hanya sebagai pelengkap atau kerupuk, peyek udang ini bisa sekaligus Anda sajikan sebagai lauk karena kandungan protein yang sudah mencukupi.

4 Langkah Memasak Peyek udang tanpa santan

Jika kamu sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Peyek udang tanpa santan dibawah ini.

  1. Masukkan tepung dan telur ke dalam mangkok lalu aduk dengan tangan hingga kecampur rata.
  2. Setelah itu masukkan air secukupnya aduk dengan tangan hingga tidak ada yg bergerindil.
  3. Lalu haluskan bumbu : kencur, b.putih, garem, kemiri, ketumbar setelah halus masukkan bumbu tersebut ke dalam mangkok yg sdh berisi tepung yg sdh jadi lalu terakhir masukkan daun jeruk dan siap di goreng.
  4. Ketika menggoreng tunggu minyak nya panas terlebih dahulu .

Peyek ini lezat jika dinikmati langsung setelah matang. Karena menggunakan udang basah, rasa renyah peyek tidak bisa tahan lama sehingga tidak cocok untuk disimpan seperti peyek lainnya. Resep Membuat Peyek Udang Renyah – Peyek atau rempeyek adalah sajian yang digoreng dengan menggunakan tepung terigu serta bumbu-bumbu. Lazimnya peyek dibuat dengan campuran santan agar lebih renyah. Tetapi dengan komposisi bahan yang tepat, peyek yang tidak menggunakan santan juga bisa renyah

Rempeyek merupakan gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu serta diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai.

Selain kacang tanah atau kedelai, rempeyek juga bisa diberi pengisi lain, seperti udang. Rempeyek udang biasa dijadikan sebagai pengganti kerupuk. Selain itu peyek udang juga biasa digunakan sebagai lauk karena mengandung protein yang sudah mencukupi.

Memiliki tekstur garing dan rasa yang gurih, membuat peyek udang juga biasa dijadikan sebagai bahan cemilan dan selalu berhasil membuat orang ketagihan untuk terus mencoba.

Cara membuat peyek udang juga terbilang praktis. Kalau kamu ingin membuatnya di rumah, berikut ini resep dan cara membuat peyek udang rumahan yang gurih dan renyah.

  1. Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung beras, tepung tapioka, telur, garam, dan santan ke dalamnya. Aduk seluruh bahan itu hingga tercampur merata tanpa ada yang menggumpal. Sisihkan sebentar.
  2. Selanjutnya, haluskan bawang putih yang sudah dikupas, kemiri, ketumbar bubuk, dan kencur sampai lembut dan merata. Tuang terlebih dahulu ke dalam wadah.
  3. Tuang bumbu halus ke dalam adonan tepung, kemudian aduk dengan spatula sampai tercampur merata dan pastikan tidak ada yang menggumpal.
  4. Lalu tambahkan irisan daun jeruk dan sisa santan ke dalamnya. Setelah itu, aduk kembali adonan sampai menjadi adonan rempeyek sempurna.
  5. Siapkan wajan di atas kompor, kemudian tuang cukup banyak minyak ke dalamnya dan panaskan sampai mendidih
  6. Apabila minyak di dalam wajan sudah mendidih, tuang satu sendok sayur adonan rempeyek di pinggir wajan perlahan-lahan.
  7. Berikan udang secukupnya di atas rempeyek sebelum mengeras. Siram rempeyek dengan minyak panas sesekali.
  8. Selanjutnya, lakukan teknik menyiram dengan minyak sampai rempeyek terlepas dan mengambang di dalam wajan.
  9. Goreng rempeyek udang sampai renyah dan berubah warna jadi kecokelatan.
  10. Lakukan sampai adonan habis, angkat dan tiriskan rempeyek udang hingga tuntas

Kamu bisa mencoba membuat peyek udang yang renyah jika mempunyai stok udang di rumah. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis dan ukuran udang. Sebab peyek udang pada dasarnya membutuhkan adonan peyek yang bagus agar hasilnya enak. Udang adalah penambah rasa dan protein. Cara membuat peyek udang juga terbilang praktis, karena kamu tidak perlu membuang bagian kepala dan buntut udang. Justru bagian tersebut membuat peyek tambah renyah. Sajian satu ini cocok jadi camilan atau lauk makan nasi. Berikut resep peyek udang dari Sajian Sedap.

Resep peyek udang

Bahan:

  • 100 gram udang kecil 200 gram tepung beras 25 gram tepung sagu 1 buah kuning telur 350 ml santan, dari 1/4 butir kelapa
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Cara membuat peyek udang renyah:

  1. Campur rata tepung beras dan tepung sagu. Tambahkan santan sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata. Masukkan bumbu halus dan kuning telur. Aduk rata.
  2. Ambil satu sendok sayur adonan. Tambahkan udang. Tuang di pinggir wajan yang berisi minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang. Siram-siram dengan minyak panas sampai terlepas dari wajan.
  3. Goreng sampai matang, kering, dan renyah.

esep Peyek Udang a la Restoran Padang ini memang lumayan banyak bahan bumbunya, tidak seperti peyek lain. Dan untuk hasil yang maksimal pastikan udangnya betul-betul segar ya. Nah, sekarang Bunda siapkan bahan-bahannya dulu.

Bahan dasar

Bahan yang harus Bunda siapkan seperti di bawah ini:

  • 250 gram udang
  • 8 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 buah telur
  • 2 sdm kapur sirih (saya skip)
  • Bumbu iris :
  • 2 lembar daun kunyit (kalau susah bisa di skip)
  • 8 lembar daun jeruk

Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdt merica
  • Secukupnya Garam dan Kaldu Jamur
  • Secukupnya air

Cara Membuat

1. Haluskan bahan bumbu halus.

2. Cuci bersih udang tidak perlu dikupas.

3. Campur udang, tepung terigu, tepung beras, telur, bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, garam dan kaldu jamur.

4. Aduk rata semua bahan tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan mengental.

5. Ambil 1 sendok adonan dengan beberapa udang. Atau sesuikan selera untuk besar kecilnya ukuran peyek.

6. Panaskan minyak lalu tuang 2 sendok adonan. Mulai menuang adonan dari pinggir ya agar pinggiran tipis seperti resto padang. Perlahan lepaskan adonan dari pinggir. 

Kamu sudah pernah makan peyek udang rebon belum nih? Peyek udang rebon adalah makanan yang terbuat dari ikan rebon dan campuran bahan bumbu pelengkap, kemudian digoreng. Peyek udang rebon merupakan makanan camilan saat santai. Namun, bisa juga dijadikan sebagai lauk pauk untuk menu makan sehari-hari.

Cara membuat peyek rebon ini sangat mudah lho. Karena caranya sama dengan membuat peyek kacang dan kamu juga bisa membuatnya di rumah.

Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan

  • 100 gram udang rebon
  • 300 gram tepung beras
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air mineral secukupnya
  • 1 bungkus santan kara tapi yang kecil
  • 1 butir telur ayam

Persiapkan bahan bumbu yang dihaluskan

  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 1 butir kemiri
  • ¼ sendok teh penyedap rasa

Cuci dan tiriskan udang rebon

Kocok adonan telur

Sediakan wadah, pisahkan telur dari cangkangnya dan masukan telur ke dalam wadah lalu kocok telur menggunakan alat mixer atau alat lainnya.

Persiapkan adonan peyek rebon lalu goreng dalam tempat penggorengan

  • Sediakan wadah lalu masukkan tepung beras, rebon, bumbu yang sudah dihaluskan, adonan telur, santan Kara, dan tambahkan air sedikit-sedikit. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan adonan cukup kental.
  • Panaskan wajan dan masukkan minyak goreng ke dalam wajan. Tunggu sampai minyak benar-benar panas.
  • Tuangkan adonan peyek rebon ke dalam pinggiran wajan tempat penggorengan menggunakan takaran sendok sayur yang kecil.
  • Setelah beberapa saat sirami adonan dengan minyak goreng yang berada di tengah wajan sehingga peyeknya terjatuh ke tengah minyak.
  • Goreng sampai peyek matang kemudian angkat dan tiriskan
  • Nah, sekarang peyek udang rebon renyah sudah jadi tinggal disajikan. 

Cara penyajian peyek rebon 

Setelah peyek sudah matang, tiriskan sampai dingin. Supaya peyek lebih tahan lama, bisa kamu masukkan peyek ke dalam tempat penyimpanan yang tertutup rapat berupa toples. Nah, jika kamu mau memakan peyek rebon kamu tinggal buka tutup toplesnya lalu ambil peyek udang rebonnya. Cara ini agar menjaga peyek tetap renyah.

Nah mungkin itu kurang lebih yang dapat saya sampaikan dan jelaskan tentang cara membuat peyek rebon . Kalian dapat mencobanya sendiri dan semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel artikel selanjutnya.

Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Kompos organik dapat dibuat dari bahan dasar sampah organik. Sampah organik itu sendiri merupakan sampah yang masih bisa dipakai lagi, atau sampah daur ulang...
Bara Bere
2 min read

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi. Kami adalah melayani sewa mobil dengan harga benar-benar kompetitif guna sewa hitungan per hari juga sewa kendaraan bulanan...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *