Cara Membuat Minyak Goreng Dari Kelapa

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang cara membuat minyak goreng dari kelapa . Di indonesia sendiri sangat banyak terdapat pohon kelapa . simak sampai akhir ya..

Minyak kelapa memiliki segudang manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Meski oli ini mudah didapat, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Apalagi cara membuat minyak kelapa sebenarnya tidak terlalu sulit.

Popularitas minyak kelapa memang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dari kosmetik hingga produsen makanan, mereka berlomba-lomba menggunakan bahan alami ini dalam produknya. Di satu sisi, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dikatakan dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Di sisi lain, minyak kelapa merupakan bahan alami yang 80 persen kandungannya merupakan lemak jenuhnya yang ternyata dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Cara membuat minyak kelapa di rumah

Jika Anda menjelajahi internet untuk mencari cara membuat minyak kelapa, ada banyak metode yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah.

1. Tanpa pemanas

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan warna minyak yang bening yang sering disebut dengan minyak kelapa murni . Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberi sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak)
  • Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan air di bawah.
  • Buat lubang pada bagian bawah plastik agar airnya terpisah dan terbuang.
  • Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), air (bawah)
  • Minyak sendok dituang ke dalam wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di lemari es sehingga bagian atas ketiga lapisan membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dari jaringan inilah yang disebut VCO.

2. Pemanasan

Cara lain untuk membuat minyak kelapa adalah dengan memanaskan santan terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan keluar lebih banyak)
  • Masak santan dengan api kecil selama 2- 3 jam. Pastikan santan tidak gosong dengan mengaduknya sesekali.
  • Setelah santan menjadi cokelat dan kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan.
  • Matikan api dan diamkan pada suhu kamar.
  • Setelah tidak panas lagi, masukkan minyak ke dalam wadah yang telah dialasi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di lemari es sehingga bagian atas santan membeku. Ambil bagian beku yaitu minyak kelapa, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Cara membuat minyak kelapa dengan cara memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak kuning. Meski demikian, minyak kelapa diprediksi tetap memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa buatan sendiri ini bisa disimpan hingga 8-10 bulan dalam suhu ruangan. Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa buatan sendiri tersebut.

Manfaat minyak kelapa

Mengetahui cara membuat minyak kelapa akan sangat bermanfaat bagi anda yang sering menggunakan bahan ini untuk berbagai keperluan. Minyak kelapa sendiri memang memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyehatkan otak. Itu juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Membakar kalori, mengingat salah satu kandungan dalam minyak kelapa adalah medium-chain triglycerides .
  • Kulit, rambut dan gigi yang sehat.

Nah itu tadi kurang lebih penjelasan yang dapat saya beri , semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *