Cara Membuat Kue Cucur Yang Praktis Dan Pastinya Maknyus

Cara Membuat Kue Cucur

Cucur Cake adalah salah satu makanan ringan tradisional dan spesialisasi legendaris dari Indonesia dan telah ada sejak jaman dahulu. Bentuk kue ini bulat dengan fitur karakteristik bagian yang menonjol di tengah. Resep Kue Cucur ini harus diikuti sampai Anda kehabisan.

Membahas kuliner dan jajanan tradisional nusantara, sangat menarik karena jajanan lama memiliki kualitas rasa dan penampilan yang bervariasi. Kue tradisional juga biasanya cocok untuk menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk teh sore atau teh sore.

Banyak camilan kuliner yang terkenal dan hebat dan dapat bertahan sampai sekarang, tanpa ditelan zaman. Salah satu yang paling legendaris adalah Cucur Cake.

Membuat Resep Kue Cucur ini adalah solusi bagi Anda yang ingin menikmati kue panggang setiap saat, terutama mereka yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Pastinya, kenikmatan mencicipi kue buatan sendiri bisa didapat. Anda dapat menerapkan berbagai jenis resep ini langsung di dapur rumah Anda.

Selain Cucur Cake, Anda juga perlu mencoba makanan ringan tradisional lainnya. Ada beragam kue tradisional Indonesia lainnya yang dapat dinikmati juga. Salah satunya adalah Resep Kue Mochi yang juga harus dijadikan panduan untuk membuat Kue Mochi yang lembut dan lezat saat dikonsumsi.

Aktivitas apa pun bisa ditemani oleh jajanan tradisional Indonesia yang satu ini. Namun sayangnya, kue ini sekarang lebih jarang ditemukan karena hanya dapat ditemukan di beberapa pasar tradisional dan toko kue.

Ini adalah Resep Kue Cucur, salah satu kue legendaris yang dapat Anda terapkan sehingga Anda masih dapat menikmati kue panggang di mana pun dan kapan pun, dan tentu saja buatan sendiri.

Sejarah Singkat Kue Cucur

Di Indonesia sendiri, kue pisang pada awalnya dibawa oleh negara asing yang datang saat itu. Sayangnya tidak ada literatur yang mengatakan dari negara mana itu berasal dan kapan.

Karena bahannya mudah didapat (tepung beras) dan cara mudah membuatnya goreng, keberadaan kue pahit diterima oleh masyarakat Indonesia dan merupakan salah satu jajanan tradisional, terutama untuk upacara tradisional.

Warna cokelat kue panggang diperoleh dari gula merah yang ditambahkan ke adonan sebagai sumber rasa manis. Ternyata secara tidak langsung, kue panggang ini juga telah menjadi kue tradisional di beberapa daerah di Indonesia.

Tapi tahukah Anda? Jika kue panggang tidak hanya makanan ringan yang selalu hadir di Indonesia, tetapi kue panggang juga merupakan makanan ringan tradisional di wilayah Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Thailand.

Di Thailand selatan, kue membungkuk sering disajikan di festival dan upacara pernikahan. Sementara di Negara Malaysia, istilah Kue Cucur lebih ditujukan untuk jenis makanan ringan goreng.

Dan ternyata, kue panggang adalah simbol cinta lho! Orang Thailand percaya bahwa bentuk kue panggang mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh dalam kondisi sulit. Kue pisang melambangkan cinta pasangan yang baru menikah dan akan semakin sukses dalam kehidupan pernikahan.

Terkadang, kue pisang juga diberikan sebagai hadiah dari orang-orang Thailand setelah pernikahan. Sementara di Indonesia, terutama Jakarta, camilan ini termasuk dalam makanan tradisional yang tersedia di upacara budaya tradisional Betawi, dan Resep Kue Cucur ini harus dibuat untuk disajikan.

Cara Membuat Kue Cucur

Kue tradisional tradisional nusantara tak dapat disangkal merupakan rasa manis yang pas di lidah. Ternyata ada 2 jenis Kue Cucur, yaitu menggunakan gula merah dan gula pasir. Jenis yang paling terkenal dan disukai adalah kue pisang gula merah. Ini adalah rahasia resep kue gula merah yang bisa Anda coba buat sendiri.

1. Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

Bahan:

  •     250 gram tepung / gandum
  •     250 gram tepung beras
  •     200 gram gula merah
  •     200 gram gula putih
  •     Jumlah minyak yang tepat
  •     Cukup air
  •     Kesumba kuning
  •     Garam secukupnya

Bagaimana membuat :

  1.     Panaskan gula cokelat dengan sedikit air sehingga meleleh dengan cepat. Jika gula merah kurang merah, berikan waktu ekstra untuk merebus gula merah agar terlihat lebih matang. Setelah karamel terbentuk, tambahkan air, lalu dinginkan.
  2.     Campur tepung terigu dan tepung beras. Saring gula merah yang telah didinginkan sebelumnya (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke campuran antara tepung beras dan tepung.
  3.     Selanjutnya, tambahkan air ke campuran tepung dan gula merah. Aduk menggunakan mesin pemanggang datar. Tambahkan gula putih, ketumba secukupnya, dan garam. Biarkan adonan sekitar 1 jam atau bahkan lebih, sampai ketebalan adonan seperti susu kental manis (untuk menghasilkan kue roti berserat)
  4.     Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Menurut resepnya, minyak tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit agar kue pas. Volume api juga harus tepat. Jika api terlalu besar, kue menjadi sangat tebal (puffer), sedangkan jika api terlalu besar, kue akan menjadi sangat tipis.
  5.     Setelah minyak terasa cukup panas dan volume apinya tepat, goreng adonan kue panggang. Tunggu sampai benar-benar matang dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik.

2. Cara Membuat Kue Cucur Gula Pasir

Kue gula pasir dapat memiliki berbagai warna. Anda bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam campuran sesuai selera untuk memberi warna pada kue panggang. Ini resep kue pisang yang terbuat dari gula olahan.

Bahan:

    150 gram tepung beras

    50 gram tepung (anda bisa juga mencoba mesin pembuat tepung)

    100 gram gula pasir

    300 ml air kelapa

    ½ sendok teh garam

    2 helai daun pandan diikat

    Pewarna makanan secukupnya (warna sesuai selera)

Bagaimana membuat :

  1.     Campur tepung beras, tepung dan garam
  2.     Masak air dengan gula dan daun pandan sampai mendidih. Biarkan agak dingin.
  3.     Tuang larutan gula sedikit dingin ke dalam tepung dan campuran garam. Aduk rata.
  4.     Beri pewarna makanan secukupnya dan aduk rata.
  5.     Panaskan minyak goreng di wajan. Ingat, ukuran oli harus pas. Tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tunggu sampai panas benar.
  6.     Selanjutnya, goreng adonan. Perhatikan juga cara menggorengnya, sehingga benar-benar kue berbentuk panggang dan berserat. Ambil campuran dengan sendok sayur dan tuangkan di tengah panci (campuran harus direndam dalam minyak). Nantinya, serat akan muncul dari tepi ke tengah. siram bagian tengahnya dengan minyak, lalu balikkan. Angkat, lalu tiriskan.

3. Kue Cucur Manado

Apakah Anda pernah mencicipi kue panggang Manado? Apa bedanya dengan kue panggang pada umumnya? Sebenarnya, tidak ada perbedaan mencolok. Perbedaannya terletak pada penambahan bahan kayu manis. Ini adalah versi lengkap dari resep kue pisang.

Bahan:

  •     100 gram tepung
  •     100 gram tepung beras
  •     100 gram gula merah
  •     50 gram gula pasir
  •     1 sendok teh garam
  •     1 sdm kayu manis
  •     100 ml air

Bagaimana membuat :

  1.     Pertama, campur tepung, tepung beras, dan garam.
  2. Selanjutnya, rebus gula pasir dan gula merah dalam 100 ml air. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah gula aren dan gula pasir larut ke dalam air rebusan, biarkan agak dingin.
  4. Tambahkan kayu manis ke dalam tepung dan campuran garam.
  5. Setelah larutan gula agak dingin, tuangkan di atas campuran tepung dan aduk hingga rata, kira-kira selama 10 menit.
  6. Biarkan adonan setidaknya selama 1 jam. Ini adalah tips agar adonan memiliki tingkat ketebalan yang tepat, sehingga tekstur kue panggang tidak keras atau lunak.
  7. Goreng dengan minyak yang sudah panas. perhatikan volume api agar tetap dalam volume sedang. 
  8. Teknik penggorengan, ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan ke tengah panci. 
  9. Tunggu sampai serat muncul dari tepi ke tengah, sementara membilas bagian tengah dengan minyak sehingga bagian tengah balon. Setelah beberapa saat, balikkan kue agar matang merata.
  10. Setelah semua bagian matang, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik. Anda bisa menggunakan daun pandan.

Demikian tadi cara membuat kue cucur, Anda bisa menikmatinya di ruangan ber-AC, dan jika mau service rutin bisa di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *