Cara Membuat Kue Balok Lumer Tanpa Oven

cara membuat kue balok lumer tanpa oven

Halo sobat sekalian, dalam hal ini saya akan berbagi dengan sobat semuanya cara membuat kue balok lumer tanpa oven dengan cara dan langkah yang sederhana.

Sehingga sobat tidak perlu khawatir dan takut tidak dapat melakukannya. serta bisa membuatnya sendiri di rumah kalian masing-masing.

Namun sebelum saya masuk ke pembahasan, izinkan saya membahas terlebih dahulu beberapa hal tentang kue balok ini.

Siapa tau pembahasan ini akan membantu beberapa sobat sekalian dan mempelajari lebih lanjut tentang topik kue balok ini.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan banyak basa-basi lagi kita langsung masuk ke pembahasannya.

Kue Balok

cara membuat kue balok lumer tanpa oven

Kue balok merupakan salah satu kue tertua yang sudah eksis sejak pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Kue ini sudah ada sejak lama, namun seiring berjalannya waktu, kue ini mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Kue balok ini memiliki konsistensi yang sama seperti kue klasik atau kue tradisional dan berbeda dari kue balok biasa yang lebih umum saat ini.

Kebanyakan kue balok saat ini memiliki tekstur yang lembut, rapuh dan terlihat seperti kue bolu masa kini.

Kue ini merupakan salah satu menu favorit orang Belanda, yang menggunakan kue ini sebagai kudapan atau camilan.

Selama ini kue balok mudah ditemukan tidak hanya di jalan atau di toko kue, tetapi juga di toko-toko, restoran dan kafe, sering menjadikan kue ini sebagai salah satu hidangan di beberapa menu yang ditawarkan.

Selain itu, kue balok kini menawarkan berbagai rasa serta varian, mulai dari cokelat, stroberi, teh hijau, keju, tiramisu, pisang, dan lainnya.

Cara Membuat Kue Balok Lumer Tanpa Oven

cara membuat kue balok lumer tanpa oven

Setelah membahas beberapa hal tentang kue balok sebelumnya, saya akan membahas cara membuat kue balok lumer tanpa oven kali ini sehingga saya jamin rasa kue ini tidak akan kalah saing dengan yang yang lain.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan banyak basa-basi lagi kita langsung masuk ke pembahasan dari cara membuat kue baloknya.

Bahan-bahan:

  • 150 gram cokelat batangan hitam / DCC
  • 75 gram mentega
  • 45 gram gula pasir
  • 150 gram tepung terigu
  • 1,5 sendok makan coklat bubuk (bisa menggunakan coklat, oval, hilo, milo atau coklat bubuk lainnya)
  • 3 telur
  • 1,5 sendok teh aerator
  • garam secukupnya)
  • 300 ml susu cair

Tahapan perkembangan:

  1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah melelehkan coklat dengan mentega dengan cara di tim.
  2. Selain itu, sobat sekalian bisa memastikan agar coklatnya tidak gosong, setelah kamu memasukkan coklat dengan mentega ke dalam panci yang berisi air mendidih dengan keadaan kompor tak menyala.
  3. Setelah itu sobat bisa melanjutkan dengan mencampurkan coklat dan margarine hingga meleleh atau mencair.
  4. Sobat kemudian dapat melanjutkan dengan mengocok gula dengan telur, sobat dapat menggunakan mixer atau dengan tangan. Dan lanjutkan sampai semuanya tercampur dengan baik, tetapi jangan sampai benar-benar lembut.
  5. Kemudian, tambahkan coklat yang telah dilelehkan sebelumnya dan lanjutkan mengaduk kembali hingga semuanya merata (tidak menggunakan blender pada tahap ini).
  6. Setelah semuanya tercampur dengan baik, sobat dapat melanjutkan untuk menambahkan bubuk kakao, baking powder dan tepung, dan campur semua bahan sampai merata.
  7. Selanjutnya, sobat terus menambahkan susu cair yang sudah disiapkan sebelumnya hingga adonan memiliki tekstur yang sedikit lebih ringan agar hasil adonan tidak terlalu kental.
  8. Selanjutnya, sobat bisa menambahkan sejumput garam dan aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
  9. Selanjutnya sobat bisa panaskan terlebih dahulu bentuk kue tersebut di dalam oven dengan api kecil. Saat panas, olesi mentega secukupnya untuk membentuk blok kue.
  10. Setelah itu teman-teman bisa menuangkan adonan ke dalam cetakan, dan jangan lupa untuk menutup cetakan. Kemudian sobat sekalian bisa menunggu sampai matang (sekitar 5 menit).
  11. Setelah matang, sobat-sobat bisa mengangkatnya, dan kue balok lumer pun siap dihidangkan.

Demikian artikel yang membahas tentang cara membuat kue balok lumer tanpa oven yang mungkin bisa berguna serta bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Oiya!, kalian juga jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang ada di website atau situs ini ya !, karena artikel disana ga akan kalah menarik nan unik untuk disimak.

Sampai berjumpa lagi ya !, see u at another article ! byebye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *