Cara Membuat Kue Balok Lumer Kukus

cara membuat kue balok lumer kukus

Halo sobat sobat semuanya, di kesempatan serta artikel kali ini saya mau membagikan ke sobat sekalian bagaimana cara membuat kue balok lumer kukus yang bisa sobat buat juga dirumah.

Tetapi sebelum ke topik pembahasan tersebut, saya mau sedikit membahas latar beserta beberapa hal yang masih berkaitan dengan kue balok ini sobat.

Tak perlu lagi pembukaan basa basinya, kita langsung saja masuk ke dalam pembahasan dari latar dan juga beberapa hal yang masih terkait dengan kue balok ini.

Kue Balok

cara membuat kue balok lumer kukus

Makanan kue adalah salah satu makanan yang paling populer saat ini, namun tahukah Anda bahwa itu adalah salah satu makanan khas Jawa Barat? Kue balok ini berbeda dengan kue balok masa lalu dan modern.

Hal ini cukup dimaklumi, karena dunia kuliner pasti akan berubah seiring berjalannya waktu. Kue balok sekarang lebih kenyal daripada di masa lalu di mana kue balok lebih padat.

Kue balok ini juga sangat mudah ditemukan. Banyak penjual kue jalanan yang menjual kue. Selain itu, banyak kafe biasanya menawarkan menu kue ini sebagai menu makan.

Sejarah Kue Blok

Pastinya banyak pecinta kue yang mengira kue yang kita anggap kue modern ini sudah ada sejak lama. Kue ini dipercaya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan masih eksis hingga sekarang.

Banyak orang mengira bahwa kue balok ini memiliki bentuk dan tekstur yang padat. Berbeda dengan block cake yang sering kita jumpai saat ini, block cake memiliki irisan yang lebih banyak dan tekstur yang lebih lembut.

Pada zaman dahulu, kue balok menjadi menu favorit orang Belanda untuk makan siang atau makan malam. Seiring berjalannya waktu, lambat laun menjadi menu sarapan bagi warga Bandung. Hal ini dikarenakan block cake memiliki tekstur yang kental sehingga mengenyangkan perut.

Peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu dengan kue balok sangat unik, jadi saya akan membahas kisah kue dengan balok dengan teman-teman semua.

Dimulai dengan makanan Belanda

Ketika Indonesia dijajah oleh Belanda, banyak koloni Belanda yang menetap di Bandung, Jawa Barat. Mereka suka makan dalam bentuk roti dan kue. Pada saat yang sama, tepung terigu mulai masuk ke Indonesia.

Hal ini membuat persiapan roti dan kue menjadi mudah, dan sejak itu kue balok telah menjadi makanan pokok dalam makanan orang Belanda.

Seiring berjalannya waktu, warga Bandung menemukan resep Patt yang enak dan mencoba membuat kue balok.

Dari percobaan awal ternyata banyak orang yang menyukai kue bandung. Dan beberapa tidak memanggang kue dengan balok pada menu sarapan.

Saat itu, popularitas roti sebagai pilihan makanan juga menghilangkan block cake karena teksturnya yang padat cepat mengisi perut.

Telah ditemukan di jalanan sejak zaman dahulu

Kue ini sudah ada sejak tahun 1952 dan bisa ditemukan di pinggir jalan. Saat itu, orang makan 2 kue sebagai alternatif menu sarapan mereka dan memakannya dengan teh atau kopi.

Hampir berganti nama menjadi Robur Cake

Sekitar tahun 1960, kue balok menjadi kontroversial dan hampir berganti nama menjadi Kue Robur. Dimulai pada tahun 1966 dengan hadirnya bus bantuan Bandung dengan merk Robur dari Jerman Timur.

Dikatakan mengganti nama kue tersebut karena ukuran emboss busnya mirip dengan ukuran block cake. Namun karena masyarakat Bandung sudah terbiasa dengan nama Kue, maka nama tersebut ditarik dan ditolak atau ditarik.

Cara Membuat Kue Balok Lumer Kukus

cara membuat kue balok lumer kukus

Setelah tadi saya sudah bahas beberapa hal serta latar yang terkait dengan kue balok, kini saatnya saya akan mulai masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat kue balok lumer kukus.

Ga perlu lagi berlama lama dengan pembukaan basa basinya, kita masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat kue balok lumer kukus.

Bahan:

  • 150 gram dark chocolate, bisa menggunakan jenis cokelat lainnya
  • 150 gram tepung terigu
  • 75 gram mentega
  • 45 gram gula pasir
  • 1,5 EL. Coklat bubuk (bisa Dankou, coklat, sabun, oval, dll)
  • 1,5 TL Soda kue
  • Garam secukupnya)
  • 250 ml susu cair
  • 3 telur

Langkah-langkah melakukannya:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melelehkan coklat dan mentega dengan teknik steaming (memasak bahan-bahan dalam mangkuk yang telah direndam air mendidih).
  2. Lalu, agar coklatnya tidak gosong. Masukkan coklat dan margarin ke dalam panci berisi air hangat, matikan oven.
  3. Kemudian campurkan coklat dan mentega hingga coklat meleleh.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengocok telur dengan gula yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda dapat menggunakan mesin mixer agar lebih cepat. Lakukan hingga tercampur rata dan tidak perlu mengembang.
  5. Aduk rata, tambahkan coklat leleh dan aduk hingga rata. Namun kali ini jangan dicampur dengan mixer, aduk dengan tangan.
  6. Kemudian tambahkan coklat bubuk, tepung terigu dan baking powder lalu aduk hingga semuanya merata.
  7. Tambahkan susu cair yang sudah disiapkan sebelumnya agar adonan tidak kental, lalu tambahkan hingga adonan menjadi sedikit cair agar mudah dibentuk.
  8. Kemudian tambahkan sejumput garam dan aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  9. Selanjutnya siapkan loyang dan panaskan terlebih dahulu loyang, pastikan loyang sudah diolesi mentega.
  10. Setelah panas, masukkan adonan ke dalam cetakan dan pastikan cetakan juga tertutup.
  11. Tunggu sekitar 5 menit atau sampai matang
  12. Angkat dan kue dengan balok siap disajikan.

Demikianlah untuk postingan kali ini yang membahas bagaimana cara membuat kue balok lumer kukus yang mungkin bisa berguna untuk sobat sekalian yang sedang mencari pembahasan terkait.

Sampai jumpa lagi sobat sekalian dipostingan lainnnya, see you !.

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *