Cara Membuat Kerupuk Kentang yang Sederhana dan Enak

cara membuat kerupuk kentang

Bingung tentang cara membuat kerupuk kentang? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat kerupuk kentang yang sederhana dan enak.

Pengertian Kerupuk Kentang

Keripik kentang merupakan irisan tipis kentang yang digoreng atau dipanggang sampai garing. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai makanan pembuka (appetizer) atau sebagai makanan ringan (snack). Jenis komersial umumnya dikemas dalam tas untuk dijual. Persiapan keripik yang paling sederhana yaitu menggoreng dan garam, tetapi produsen bisa menambahkan beragam jenis rasa (umumnya memakai bumbu, rempah-rempah, aditif buatan, atau MSG). Keripik kentang merupakan bagian penting dari pasar makanan ringan di negara-negara yang berbahasa Inggris dan banyak negara “Barat” lainnya juga.

Banyak orang mengatakan bahwa George Crum merupakan penemu keripik kentang pertama, dan George Crum yaitu seorang koki Afrika-Amerika yang bekerja di Moon’s Lake House Restaurant dekat Saratoga Springs, New York. Moon’s Lake House lumayan terkenal dengan kentang gorengnya. 24 Agustus 1853. Pengusaha kereta api AS Cornelius Vanderbilt mengeluh bahwa kentang goreng terlalu kental dan akhirnya membuat kentang goreng menjadi lebih tipis, tetapi pelanggan masih belum puas, sehingga Karam akhirnya membuat kentang goreng setipis mungkin. Mereka tidak bisa menusuknya dengan garpu. Untungnya, pelanggan sangat puas dengan “kentang goreng” yang lembut ini[1] dan akhirnya menjadi populer dan menjadi salah satu makanan di menu, sebagai “Keripik Saratoga”. Makanan ini telah menjadi populer di New York dan New England.

Kandungan Gizi Pada Kentang

  • Karbohidrat :

Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Banyak ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 900 hingga 1.300 kalori dari karbohidrat. Karbohidrat dalam kentang cukup banyak, yaitu berkisar 60 hingga 90 persen. Karbohidrat dalam kentang juga sering menjadi pengganti nasi bagi mereka yang diet gula.

  • Serat :

Rasa biskuit kentang yang lezat menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilihnya sebagai camilan di rumah. Kentang mengandung serat, yang merupakan makanan bagi bakteri menguntungkan. Bakteri di usus besar bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Sebaiknya jangan makan kentang di iklim panas karena saat dingin, kandungan pati dalam kentang lebih tinggi atau lebih tinggi.

  • Protein :

Unsur ini merupakan salah satu nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari kerupuk kentang, khususnya di dalam kentang itu sendiri. Protein berfungsi untuk memproduksi zat kimia tubuh seperti hormon dan enzim. Selain itu, protein juga penting dalam pembentukan otot, sel darah, kulit, rambut, dan tulang. Kandungan protein kentang bervariasi antara 1-1,5% per buah. Meskipun protein dalam kentang tidak terlalu tinggi, namun memiliki kualitas yang baik yang juga bisa disebut pati.

  • Kalium :

Kalium atau yang biasa dikenal dengan potasium merupakan mineral yang terdapat pada kentang. Nutrisi tersebut memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung. Kulit kentang merupakan bagian yang paling banyak mengandung kalium.

  • Antioksidan :

Makan biskuit kentang sebenarnya sangat enak, apalagi bagi teman-teman yang menonton TV atau film. Kentang memiliki rasa yang sedikit manis dan mengandung beragam nutrisi. Seperti antioksidan yang bisa dibilang memiliki kandungan kentang yang tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang baik dan bermanfaat untuk mencegah bahaya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Antioksidan dalam kentang juga memiliki manfaat dalam mengurangi pertumbuhan kanker usus besar dan kanker hati.

  • Vitamin B6 :

Sumber nutrisi lain dalam kentang adalah vitamin B6. Vitamin ini penting dalam pembentukan sel darah merah, pembentukan antibodi, membantu menjaga kesehatan saraf, dan membantu penyerapan protein dalam tubuh manusia.

  • Asam Folat :

Kentang mengandung nutrisi berupa asam folat. Asam folat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mencegah keguguran dan mengurangi risiko cacat lahir.

  • Vitamin C :

Kentang mengandung vitamin C yang sangat penting untuk perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan nutrisi tulang, membantu penyerapan zat besi, dan juga memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Kerupuk Kentang

cara membuat kerupuk kentang

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kerupuk Kentang :

  • 500 g kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • Air hangat secukupnya
  • Irisan daun bawang, optional

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan dan uleni dengan tangan hingga rata menggunakan mesin pengaduk bumbu kering. Bentuk seperti kue beras mini atau sesuai selera Anda. Bila kamu ingin membeli alat tersebut dapat membelinya di Rumah Mesin
  2. Rebus kerupuk dalam panci berisi air, air yang sebelumnya telah dipanaskan hingga mendidih. Jika adonan tampak mengambang, itu tandanya sudah matang. Kami angkat adonan dan ulangi sampai habis.
  3. Dinginkan. Tempatkan adonan di lemari es semalaman, atau sampai adonan kue mengeras. Potong menjadi irisan tipis dan atur di atas piring penampi atau loyang. Jemur adonan yang sudah dipotong di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. (Waktu pengeringan tergantung pada cuaca). Setelah kering, goreng dalam minyak panas dengan api sedang.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat kerupuk kentang pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *