Cara Membuat Cilok Yang Praktis dan Murah

halo sobat semua, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat cilok yang praktis dan murah. Kalau mengingat Cilok ini, mungkin masih ada yang ingat dengan skandal Borak di Cilok. Sekarang ketika Anda membuat cilok sendiri, Anda akan tahu apa yang ada di dalam cilok Anda sendiri.

Jika Anda ingin tahu cara membuat cilok sederhana di rumah, baca juga artikel kami.

cara membuat cilok yang praktis dan murah
cara membuat cilok yang praktis dan murah

Cara Membuat Cilok Yang Praktis dan Murah

Cilok adalah singkatan dari Aci Dicolok. Siapa yang belum pernah makan jajanan ini? Tapi tahukah kamu dari mana asalnya cilok itu? Ya, cilok ini adalah makanan khas Jawa Barat yang dibuat dengan aci yang teksturnya kenyal dengan tambahan tambahan seperti sambal kacang dan lain-lain. Cilok ini memiliki bentuk bulat seperti bakso. Perbedaannya hanya pada bahan dasarnya saja.

Ternyata cilok berbeda-beda di setiap daerah lho, cara penyajiannya. Mari kita bahas cilok di Indonesia satu per satu:

Cilok Bandung
Cilok asli Bandung yang suka makan Cilok Bandung pasti tahu persis perbedaan rasa Cilok Bandung dengan Cilok lainnya. Cilok Bandung rasanya gurih karena adonannya dibuat dengan kuah kaldu dan bawang putih yang dihaluskan, serta bumbu lainnya. Kini cilok Bandung telah berkembang menjadi berbagai variasi isian cilok, mulai dari cilok isi keju, sosis, ayam dan lain-lain. Ada juga yang ciloknya dibakar seperti sate. Harga cilok ini bervariasi mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 18.000 per porsi, tergantung isi cilok.

Cilok Goang, Tasikmalaya
Di sini untuk semua orang yang ingin makan pedas, hangat dan pedas. Namanya Cilok Goang yang berasal dari Tasikmalaya, tapi cerita Cilok ini sendiri masih simpang siur. Tidak ada yang tahu persis kapan Cilok ini ditemukan dan oleh siapa dibuat. Goang sendiri adalah nama sambal khas dari Sunda. Terbuat dari cengkeh yang dihancurkan (cabai rawit) dengan garam.

Namun, saat ini sudah banyak yang menggunakan berbagai jenis rempah. Cilok ini berisi daging giling dan biasanya disajikan dengan tahu, ceker ayam, dan kuah kaldu merah yang beraroma. Sausnya sama dengan saus bakso. Harga Cilok ini bervariasi mulai dari Rp. 8.000 sampai Rp. 12.000.

Cilok Gajahan, Yogyakarta
Cilok yang sudah terkenal seantero Jogjakarta ini memiliki sales point di Alun-alun Selatan (Alkid) atau dalam bahasa Indonesia Alun-alun Selatan. Cilok diberi nama Gajahan karena Cilok dulu dijual di bekas kandang gajah keraton. Pemilik cilok Gajahan adalah Syahrul. Sudah hampir 10 tahun dia berjualan cilok gajah ini. Meski di kawasan ini banyak yang menjual Cilok Cilok lainnya, namun Cilok gajahan inilah yang paling banyak dikunjungi pembeli. Jika Anda ingin membeli Cilok ini, Anda harus mengantri panjang untuk membelinya. Jika kalian mencari kado pernikahan di new normal ini cek artikel kami

Cilok Boga Rasa, Ciamis
Cilok Boga Rasa ini berasal dari Ciamis. Namun kini cilok ini mudah ditemukan di kawasan Tangerang Selatan, lokasi tepatnya berada di dekat kampus UIN dan UNPAM. Cilok biasanya disantap dengan bumbu kacang. Namun, cilok ini disajikan dengan saus, kecap, dan merica bubuk.

Cara Cembuat Cilok Yang Praktis dan Murah


bahan
bahan cilok:
Kanji – 1/4 kg
Tepung terigu – 100 gr
Bawang putih (dihaluskan) – 2 siung
Air panas secukupnya (harus mendidih ya)

Saus kacang:
Kacang tanah – 1 ons
cabai merah – 3 buah
Cabe rawit (sesuai selera) – 4 buah
Bawang putih – 2 siung
gula merah/gula putih sesuai selera
Garam secukupnya
penyedap rasa sesuai selera
Daun jeruk – 4 lembar

cara membuat cilok yang praktis dan murah

  1. Langkah pertama campur semua bahan cilok jadi satu, uleni sampai kalis, sampai tidak ada lagi adonan yang menempel di tangan.
  2. Kemudian bentuk bentuk bulat hingga semua adonan yang ada habis.
  3. Kemudian didihkan air, setelah air mendidih masukkan cilok ke dalam air mendidih sampai mendidih (rebus cilok semua terapung dan tidak tenggelam).
  4. Tiriskan cilok dan biarkan dingin
  5. Goreng kacang setelah dimasak angkat kacang.
  6. Aduk semua bahan cabai (kacang tanah, cabai, cabai rawit, gula pasir) sampai rata.
  7. Panaskan wajan, beri sedikit minyak, masukkan semua bahan cabai ke dalam wajan dan goreng hingga matang. Tambahkan juga daun jeruk, garam, dan penyedap rasa. Tunggu bumbu masak.
  8. Kemudian matikan api, tunggu hingga agak dingin atau hangat, lalu tambahkan cilok ke dalam wort dan aduk hingga semua cilok tercampur rata dengan sempurna.

Sekian artikel dari kami, semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk kita semua dan jika ada yang salah mohon maaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *