Cara Membuat Americano Tanpa Mesin

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat americano tanpa mesin yang mudah dan praktis.
Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia, bahkan bagi sebagian orang minum kopi sudah menjadi aktivitas sehari-hari.
Meski banyak pendapat mengenai kandungan dalam kopi yang berdampak buruk bagi kesehatan, namun kopi masih digemari oleh rata-rata 80% hingga 90% populasi orang dewasa dunia.
Jika Anda termasuk salah satu pecinta kopi, ada berbagai cara untuk membuat kopi americano agar lebih nikmat.
Diantaranya adalah Anda harus memperhatikan kualitas air, kualitas biji kopi, proporsi konsentrasi kopi, dan berbagai faktor lainnya.
Yang lebih menarik adalah sekarang Anda dapat membeli mesin pembuat kopi manual dan membuatnya sendiri. Caranya sangat mudah, Anda bisa membuat kopi sendiri. Berikut beberapa cara membuat kopi americano enak yang bisa Anda coba.
Americano

Caffè Americano adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan segelas espresso dengan air panas.
Air panas yang digunakan dalam minuman ini adalah 6 hingga 8 ons. Nama kopi ini awalnya menjadi ejekan orang Amerika yang meminta agar espresso mereka dibuat lebih encer.
Seperti namanya, Americano memang merupakan kopi hitam yang berasal dari Amerika. Padahal kedai kopi di Amerika dan sekitarnya pasti menyediakan menu hitam panjang.
Meski sama-sama kopi hitam, Americano tentu berbeda dengan hitam pekat. Yang membedakannya sebenarnya sederhana, yaitu cara penyajiannya.
Cara penyajiannya adalah dengan membuat espresso terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan air panas. Hasil Americano biasanya hampir tidak meninggalkan crema di permukaan cangkir.
Hal ini dikarenakan espresso disiram air panas sehingga memecahkan crema yang ada di dalam espresso. Inilah perbedaan paling jelas antara Americano dan hitam panjang. Crema di permukaan cangkir inilah yang membedakan kedua jenis kopi hitam tersebut.
Cara Membuat Americano Tanpa Mesin

  1. METODE FILTER
    Secara umum ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk membuat kopi americano. Metode pertama yang sering digunakan adalah metode filter.
    Cara ini adalah cara paling sederhana dalam menyajikan kopi americano. Sangat efisien dan tidak memakan banyak waktu.
    Cukup letakkan ampas kopi di atas kertas saring di corong wadah kopi. Tuang air panas di atasnya. Kemudian kopi direndam dalam air panas dengan cara memanaskan wadahnya. Kopi Americano siap disajikan.
  2. PERS PERANCIS
    Cara lain penyajian kopi americano adalah dengan menggunakan alat yang disebut dengan french press. Bubuk kopi hanya perlu dimasukkan ke dalam french press lalu air panas menyusul.
    Saat menuangkan air panas dari teko, posisikan teko lebih tinggi dari french press. Dengan begini, gelembung kopi yang muncul semakin banyak dan aroma kopinya semakin harum.
    Aduk perlahan dan diamkan kopi selama 4 menit. Kemudian tekan tutup french press dengan ringan dan kopi dapat dituangkan ke dalam cangkir.
    Cara ini membuat rasa kopi lebih berminyak dan lebih kuat. Banyak kedai kopi menggunakan teknik ini karena kopi menjadi lebih beraroma.
  3. KOPI TURKI
    Metode kopi Turki dikenal sejak abad ke-15 di Turki. Pembuatan bir ini juga dikenal sebagai metode teknik Arab.
    Dengan cara ini rasa kopinya lebih kental dan kuat. Biji kopi harus digiling secara manual.
    Kemudian masukkan bubuk kopi ke dalam wadah dan tambahkan gula dan air. Setelah diaduk dan didiamkan, kopi siap disajikan. Itulah penjelasan kami kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya jika ada yang semakin sedikit, saya mohon maaf. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *