Cara Membuat Americano Ice

Oke akan saya jelaskan tentang cara membuat es americano ini. Ya, sangat cocok disajikan saat musim hujan.Untuk pembuatanya juga bisa menggunakan mesin kopi.
Nah sekarang saya akan membahas tentang kopi ya teman-teman. Saya yakin jika anda sudah membaca artikel ini, dijamin saya akan mau membuatnya karena sangat mudah bagi anda untuk melakukan hal tersebut.
Oke, mungkin saya akan membahasnya saja dengan benar!
Apa itu Kopi Americano?

Americano adalah minuman kopi espresso yang ditambahkan dengan menggunakan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon dia dipanggil americano karena dianggap lelucon dan olok-olok orang Amerika yang suka membuat espresso mereka lebih encer.
Ada banyak varian minuman kopi berbasis espresso dan menjadi populer di banyak kedai kopi. Minuman kopi ada bermacam-macam, mulai dari espresso itu sendiri, kemudian kopi latte, cappucino, mocha, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak varian kopi tersebut, pernahkah Anda mencoba varian kopi americano?
Jika dilihat, kopi americano hampir mirip dengan varian kopi hitam (black coffee) atau kopi yang diseduh. Namun sebenarnya cara membuat kopi americano tidak sama dengan saat membuat kopi hitam pada umumnya.
Kopi Americano dibuat dengan satu atau dua gelas espresso, lalu ditambahkan menggunakan air panas di atasnya. Sedangkan kopi hitam sendiri merupakan minuman kopi yang dihasilkan dari seduhan ampas kopi tanpa menggunakan espresso.
Jadi, jangan sampai salah memesan kopi saat membeli varian ini karena menurut Anda americano itu sama dengan kopi hitam.
Namun, Anda tidak akan menemukan crema (busa berwarna coklat) yang kental seperti yang terdapat pada kopi espresso pada kopi americano pada umumnya. Pasalnya, karena crema yang biasanya ada di permukaan kopi espresso sudah terbelah dan tercampur dengan air panas.
Nah disitulah minuman ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kopi hitam.
Rasio atau rasio espresso dengan air panas pada kopi americano yang biasanya paling umum digunakan adalah 1: 4. Rasio satu digunakan untuk satu atau dua gelas espresso, dan rasio empat digunakan untuk air panas. Secangkir kopi americano biasanya disajikan dengan 240 ml kopi.
Selain menggunakan rasio ini, ada juga beberapa orang atau penjual kopi yang membuat kopi americano dengan rasio 1: 2 atau bahkan rasio 1: 1. Rasio mana yang oke karena setiap orang memiliki selera kopi yang berbeda.
Berbicara soal rasa, tidak ada jenis kopi spesifik yang paling baik digunakan dalam pembuatan kopi americano. Anda dapat menggunakan sumber tunggal maupun dengan menggunakan campuran kopi.

Cara Membuat Es Americano
Dan tentunya harga menurut saya lumayan mahal untuk segelas Americano Coffee atau Ice Americano, untuk dapat segelas Americano Coffee atau Ice Americano kita harus merogoh kocek sekitar Rp. 32.000 – Rp. 45.000.
Sebenarnya tidak semahal itu, mereka hanya menjual merk. Tapi tenang, kalau mau minum Americano Coffee atau Ice Americano tapi tidak punya uang.
Buat saja di rumah (Home made), tidak mahal hanya Rp. 6.000 hanya bisa 8 gelas. Oke langsung saja kita buktikan.

Bahan:

  1. Kopi / Kopi (untuk kopi kami menggunakan Nescafe Classic harganya Rp5.000 / 12sachet)
  2. Es / Es batu (hanya seribu di toko)
  3. Gelas 450ml – 500ml (1 buah)
  4. Gelas kecil (1 buah)
  5. Ketel / pemanas air
    Bagaimana membuat:
  6. Panaskan air (jangan terlalu panas – + 60 ′ – 70’C)
  7. Kemudian masukkan 1 1/2sachet (3gram) nescafe classic ke dalam gelas kecil dan tuangkan 100 ml air panas.
  8. Masukkan Es / Es batu secukupnya ke dalam gelas 450ml – 500ml
  9. Tuang kopi dari gelas kecil (100ml) ke dalam gelas yang telah diisi Es / Es batu, lalu tambahkan 200ml – 250ml air dingin (tambahkan gula jika ingin manis) lalu aduk.
    Jadi sangat mudah bukan bagaimana cara membuatnya? Jika iya, Anda bisa langsung mencobanya di rumah masing-masing.
    Alat dan bahannya mudah ditemukan dimana-mana dan gampang juga, hihi.
    Demikianlah artikel ini saya buat, jika ada sepatah kata pun dalam artikel saya, mohon maaf sebesar-besarnya.
    Semoga berhasil & semoga berhasil. 🙂
    Bagikan ini:

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *