Cara Membuat Americano Di Rumah

mengenai cara membuat ice americano coffee. Namun diantara kalian pasti belum banyak yang tahu apa itu kopi americano, jadi sebelum kita ke bagian cara membuatnya, kita terlebih dahulu kita bahas kopi americano dulu.Untuk pembuatan kopi bisa menggunakan mesin kopi.

Americano adalah minuman kopi espresso yang ditambahkan dengan menggunakan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon katanya, disebut americano adalah karena dianggap sebagai lelucon dan ejekan kepada orang-orang Amerika yang suka membuat espresso-nya yang lebih encer.

Ada banyak varian minuman kopi yang berbasis espresso dan menjadi populer di banyak coffee shop. Minuman kopi tersebut ada bermacam-macam, mulai dari espresso itu sendiri, lalu coffee latte, cappuccino, mocha, dan masih banyak macam lagi. Dari sekian banyak varian kopi tersebut, pernahkah Anda mencoba varian kopi jenis americano?

Jika dilihat, kopi americano memang hampir serupa dengan varian kopi hitam (black coffee) atau kopi tubruk. Namun, sebenarnya cara membuat kopi americano tak sama seperti ketika membuat kopi hitam pada umumnya.

Kopi americano dibuat dengan cara dari satu atau dua shot espresso, lalu ditambahkan dengan menggunakan air panas di atasnya. Sementara kopi hitam sendiri adalah minuman kopi yang dihasilkan dari  seduhan bubuk kopi tanpa menggunakan espresso.

Jadi, jangan sampai Anda salah pesan kopi saat anda beli kopi varian ini karena mengira bahwa americano sama seperti kopi hitam.

Namun anda tidak akan menemukan sebuah crema (buih berwarna cokelat) yang kental seperti yang ada pada kopi espresso umumnya pada kopi americano. Alasannya, karena crema yang biasanya ada pada permukaan kopi espresso telah terpecah dan tercampur oleh siraman air panas.

Maka dari situlah minuman ini memiliki bentuk yang hampir sama menyerupai black coffee.

Perbandingan atau rasio antara espresso dengan air panas pada kopi americano yang biasanya paling umum digunakan adalah 1:4. Perbandingan satu digunakan untuk single atau double shot espresso, dan perbandingan empat diguanakn untuk air panas. Secangkir kopi americano biasanya disajikan dengan kopi sebanyak 240 ml.

Selain menggunakan rasio tersebut, ada juga beberapa orang atau penjual kopi yang membuat kopi americano dengan menggunakan rasio 1:2 atau bahkan dengan rasio 1:1. Sah-sah saja mau menggunakan  rasio yang mana karena setiap masing-masing orang punya selera kopi yang berbeda-beda.

Bicara masalah selera, tidak ada jenis kopi khusus yang paling baik untuk digunakan dalam membuat kopi americano. Anda bisa menggunakan single origin maupun dengan menggunakan coffee blend.

Cara Membuat Ice Americano yang Enak, Dapat Menggunakan Teknik Ini

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Filter

Pada umumnya terdapat banyak sekali teknik yang dapat digunakan dalam cara pembuatan kopi americano. Cara atau teknik pertama yang sering digunakan untuk membuatnya adalah dengan menggunakan metode filter. Cara dengan menggunakan metode filter tersebut merupakan cara yang paling sederhana dalam penyajian kopi americano.

Sangat efisien dan tak butuh banyak waktu. Caranya anda cukup meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring yang biasa digunakan untuk pembuatan kopi pada corong bejana kopi. Tuangkan air panas ke atasnya. Lalu kopi direndam air panas dengan memanaskan bejana. Tuang ke dalam gelas, tambahkan es. Kopi americano siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Teknik French Press

Cara lain dalam membuat kopi americano adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan french press.Hanya perlu memeasukkan bubuk kopi ke dalam french press setelah itu menyusul air panas. Pada saat air panas dituangkan dari teko, posisikan teko tersebut lebih tinggi daripada french press.

Dengan begini gelembung kopi yang akan timbul menjadi lebih banyak dibanding menggunakan metode filter  dan aroma kopi juga lebih harum. Kemudian aduk-aduk perlahan dan diamkan kopi  kurang lebih selama 4 menit.

Lalu tekan tutup french press pelan-pelan dan kopi bisa dituang ke dalam cangkir dan tambahkan dengan es akan lebih enak. Anda bisa juga membuat kopi dengan menggunakan mesin kopi untuk membuat kopi yang lebih mudah.

Cara ini membuat rasa kopi lebih lebih kuat. Belakangan ini sudah banyak kedai kopi yang menggunakan cara atau teknik french press ini, karena dengan alasan rasa kopi menjadi jauh lebih terasa dan nikmat.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Turkish Coffee

Metode turkish coffee ini sudah dikenal banyak orang sejak abad ke-15 silam di Turki. Cara penyeduhan ini juga sering disebut dengan teknik Arab method. Dengan penggunaan metode tersebut, cita rasa yang dihasilkan kopi akan menjadi lebih kental dan kuat.

Penggilingan biji kopi harus dengan cara manual. Kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalam bejana kopi dan ditambah dengan gula dan air.panas setelahnya diaduk dan didiamkan, setelah itu masukkan es maka kopi siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Espresso

Jika metode turkish coffee adalah cara yang bisa dibilang tradisional, maka berbeda dengan teknik satu ini. Teknik espresso ini harus menggunakan alat canggih yang berteknologi tinggi dan prosesnya lebih praktis. Menyajikan kopi americano dengan teknik espresso harus memiliki ketrampilan yang mumpuni.

Biji kopi harus digiling dengan mesin ini. Anda dapat mengatur tekstur bubuk kopi sesuai yang diinginkan. Membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menghasilkan kopi yang enak dengan menggunakan teknik espresso.

Setelah biji kopi menjadi bubuk, masukkan bubuk kopi tadi ke dalam gelas saji, tuang air panas dan terakhir tambahkan es batu.

Ice Americano

Bahan-bahan 

  • 1,5 sdt bubuk kopi nescafe classic
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm air panas
  • Es batu
  • secukupnya Air putih biasa

Alat :

  • Whisk ukuran apa saja

Langkah-langkah

  1. Campur kopi, gula serta air panas di mangkuk
  2. Aduk menggunakan whisk selama 3-5 menit
  3. Siapkan gelas yang sudah berisi oleh es dan air putih sampai 3/4 gelas
  4. Masukkan kopi yg sudah diaduk ke dalam gelas yg berisi es tadi
  5. Ice americano siap dinikmati. Paling pas diminum sesaat sebelum beraktivitas atau siang hari waktu cuaca lagi panas-panasnya.
  6. Selamat mencoba!

Itulah cara mudah membuat ice Americano di rumah yang rasanya sama enaknya dengan kedai kopi modern. Apa yang kamu tunggu? Ayo segera buat di rumah!

Sekian dari saya, jika ada kurang dan lebihnya, saya mohon maaf. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *