Mengintip Cara Kerja SEO Dalam Upaya Meningkatkan Bisnis Anda

cara kerja SEO

Cara kerja SEO – Apakah SEO itu? SEO (Search Engine Optimization) adalah komponen penting dalam dunia pemasaran digital. Jika Anda memiliki blog atau website tertentu, Anda tentu ingin traffic meningkat, bukan? Nah disitulah peran SEO.

Mengutip buku Sakti SEO yang ditulis oleh Su Rahman, SEO adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk memudahkan situs web menemukan pencari informasi melalui mesin pencari (search engine) khususnya Google.

Sedangkan menurut Kent (2006) dalam Search Engine Optimization for Dummies, SEO adalah suatu metode untuk mendapatkan posisi mesin pencari yang menguntungkan yang sesuai dengan kata kunci pada halaman website.

Tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah website di posisi teratas, atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian, berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Adalah logis bahwa situs yang menempati posisi pertama dalam hasil pencarian lebih cenderung menarik pengunjung.

Jangan sampai terlewatkan Yuk Gabung! Tempat PKL di Jogja – SMK TKJ, RPL, DKV & Multimedia

Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

SEO mengoptimalkan situs web sehingga orang dapat menemukannya untuk kata kunci tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan metode pengoptimalan ini:

  • Informasi diberikan adalah relevan.
  • Jadikan mesin pencari sebagai sumber tepercaya.
  • Mendorong lebih banyak lalu lintas organik.

Meskipun hasil pencarian mungkin langsung muncul, proses yang terjadi di mesin pencari tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Bahkan mesin pencari bekerja sebelum Anda mengetik apa pun di kotak pencarian dan menekan tombol Enter.

Maka setelah membahas apa itu SEO dan manfaatnya, selanjutnya kami akan menjelaskan cara kerja mesin pencari untuk membantu Anda mempelajari SEO.

Ada tiga tantangan utama tentang kinerja mesin telusur untuk setiap kueri atau kueri penelusuran yang dikirim:

  • Crawling. Proses ini berlangsung pada tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh situs – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu tautan ke tautan lainnya.
  • Indexing. Setelah mengumpulkan informasi, crawler akan menyimpannya dalam daftar record: index.
  • Ranking. Hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan pencarian yang paling relevan.

Pemanfaatan Algoritma Mesin Pencari: Google

Anda harus memahami algoritma dan faktor apa saja yang digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan konten dari website.

Untuk membuat halaman website muncul di mesin pencari peringkat tinggi, SEO mencoba membentuk dan menyesuaikan struktur dan konten website sesuai dengan algoritma Google.

Algoritme sendiri dari Google juga bersifat rahasia, namun orang atau instansi yang jago SEO memiliki pemahaman tentang faktor-faktor pentingnya.

Perhatikan juga bahwa Google secara teratur memperbarui algoritmenya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan relevansi tanggapan terhadap mesin telusur.

Terkadang Google menyebut algoritmenya dengan nama khusus. Misalnya, Panda adalah algoritme yang memfilter, menghukum, dan menghargai tindakan pada konten. Selain itu, ada Penguin, yang merupakan algoritma pencegahan spam. Terakhir, ada Hummingbird, yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma.

Jadi, jelas, konten website juga sangat penting bagi Google.

Baca Juga : Tempat PKL di Jogja TKJ, RPL, DKV & Multimedia

Indikator Apa Saja Agar Tercapai SEO yang Optimal

Faktor penentu dalam SEO dapat dibagi menjadi 2 kategori yang akan menentukan ranking untuk sebuah website, yaitu:

1. Faktor On Page SEO

Seperti namanya, SEO page adalah cara untuk mengoptimalkan situs web dari dalam ke luar.

Pengoptimalan ini adalah tentang menyesuaikan atau memposisikan elemen yang ada di situs web itu sendiri. Nantinya, mesin pencari dapat dengan mudah menelusuri informasi tersebut. Sebagai contoh:

  • URL yang diformat dengan baik
  • Tidak ada isian kata kunci atau mencoba memanipulasi peringkat Internet di mesin pencari Google.
  • Teks gambar alternatif diisi dengan kata kunci.
  • Urutan judul yang benar (H1, H2, dll.)
  • Menentukan tittle tag dengan baik.
  • Dapat diakses oleh Bot/Crawler
  • Faktor lainnya, seperti: meta tag description, xml sitemap, dll

2. Faktor Off Page SEO

Faktor SEO Off Page adalah kumpulan tindakan yang dilakukan di luar situs web untuk memengaruhi peringkat pada halaman pencarian / SERP.

Optimasi SEO out-of-page mencakup beberapa hal yang bertujuan untuk meningkatkan persepsi audiens dan mesin pencari terhadap popularitas situs web, tingkat relevansi, keandalan, dan otoritas situs web.

Sebagai contoh dengan memberikan backlink yang berkualitas. Anda dapat mengoptimalkan SEO off-page yang baik dengan mendapatkan backlink dari situs web lain.

Mendapatkan backlink dari situs lain secara tidak langsung memberi sinyal kepada Google/mesin pencari bahwa situs tersebut memiliki konten yang berkualitas.

Kesimpulannya, Semakin tinggi popularitas website yang memberikan backlink ke website tersebut, maka semakin kuat pula sinyal yang dikirimkan oleh Google.

SEO adalah alat yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda. Jika saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis, SEO akan menarik lebih banyak lalu lintas, yang berarti akan lebih banyak pelanggan atau pembeli.

Untuk dapat menghasilkan trafik yang tinggi, Anda harus menggunakan teknik SEO onsite maupun teknik SEO off site.

Selanjutnya artikel menarik lainnya Mengenal Kopra Putih dan Produk Olahannya

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *