Cara Buat Ice Americano

Pada kesempatan kali ini saya mau membahas cara membuat ice Americano.Untuk pembuatan kopi bisa menggunakan mesin kopi.

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh orang. Sebagai minuman yang sering diminum untuk  pengawal pagi hari, kopi juga sangat pas untuk membangkitkan semangat agar lebih giat dalam menjalani hari. Kandungan kafein dalam kopi jika dikonsumsi dalam takaran yang pas memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kopi dihidangkan sesuai dengan selera masing-masing orang. Untuk memenuhi hal tersebut maka kopi pun  buat untuk menghadirkan kopi dalam beragam racikan. Jenis kopi yang paling banyak digemari oleh orang-orang adalah jenis kopi americano.

Mayoritas banyak orang yang mengemukakan bahwa kopi tersebut ditemukan pada saat perang dunia ke-2. Cara membuat kopi americano pun tidak terlalu sulit.

Para tentara Amerika yang berperang di Eropa merasakan kopi espresso yang dibuat oleh orang Eropa memiliki citarasa kopi yang terlalu berat dan pekat. Kemudian para tentara Amerika membuat kopi espresso tersebut dengan ditambahkan menggunakan air panas agar cita rasanya bisa sesuai dengan selera mereka.

Cara Membuat Ice Americano yang Enak, Dapat Menggunakan Teknik Ini

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Filter

Pada umumnya terdapat banyak sekali teknik yang dapat digunakan dalam cara pembuatan kopi americano. Cara atau teknik pertama yang sering digunakan untuk membuatnya adalah dengan menggunakan metode filter. Cara dengan menggunakan metode filter tersebut merupakan cara yang paling sederhana dalam penyajian kopi americano.

Sangat efisien dan tak butuh banyak waktu. Caranya anda cukup meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring yang biasa digunakan untuk pembuatan kopi pada corong bejana kopi. Tuangkan air panas ke atasnya. Lalu kopi direndam air panas dengan memanaskan bejana. Tuang ke dalam gelas, tambahkan es. Kopi americano siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Teknik French Press

Cara lain dalam membuat kopi americano adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan french press.Hanya perlu memeasukkan bubuk kopi ke dalam french press setelah itu menyusul air panas. Pada saat air panas dituangkan dari teko, posisikan teko tersebut lebih tinggi daripada french press.

Dengan begini gelembung kopi yang akan timbul menjadi lebih banyak dibanding menggunakan metode filter  dan aroma kopi juga lebih harum. Kemudian aduk-aduk perlahan dan diamkan kopi  kurang lebih selama 4 menit.

Lalu tekan tutup french press pelan-pelan dan kopi bisa dituang ke dalam cangkir dan tambahkan dengan es akan lebih enak. Anda bisa juga membuat kopi dengan menggunakan mesin kopi untuk membuat kopi yang lebih mudah.

Cara ini membuat rasa kopi lebih lebih kuat. Belakangan ini sudah banyak kedai kopi yang menggunakan cara atau teknik french press ini, karena dengan alasan rasa kopi menjadi jauh lebih terasa dan nikmat.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Turkish Coffee

Metode turkish coffee ini sudah dikenal banyak orang sejak abad ke-15 silam di Turki. Cara penyeduhan ini juga sering disebut dengan teknik Arab method. Dengan penggunaan metode tersebut, cita rasa yang dihasilkan kopi akan menjadi lebih kental dan kuat.

Penggilingan biji kopi harus dengan cara manual. Kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalam bejana kopi dan ditambah dengan gula dan air.panas setelahnya diaduk dan didiamkan, setelah itu masukkan es maka kopi siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Espresso

Jika metode turkish coffee adalah cara yang bisa dibilang tradisional, maka berbeda dengan teknik satu ini. Teknik espresso ini harus menggunakan alat canggih yang berteknologi tinggi dan prosesnya lebih praktis. Menyajikan kopi americano dengan teknik espresso harus memiliki ketrampilan yang mumpuni.

Biji kopi harus digiling dengan mesin ini. Anda dapat mengatur tekstur bubuk kopi sesuai yang diinginkan. Membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menghasilkan kopi yang enak dengan menggunakan teknik espresso.

Setelah biji kopi menjadi bubuk, masukkan bubuk kopi tadi ke dalam gelas saji, tuang air panas dan terakhir tambahkan es batu.

Cara Membuat Es Americano

  1. Siapkan alat masing-masing mesin espresso, Java Lorek Coffee, gelas atau cangkir.
  2. Nyalakan mesin espresso, tunggu hingga lampu indikator tanda siap untuk digunakan menyala.
  3. Sebelum memasukan kopi bubuk ke dalam mesin espresso, bersihkan terlebih dahulu tempat portafilter mesin espresso dengan menyalakan mesin tersebut ke pilihan seduh espresso.
  4. Masukkan kopi bubuk halus ke dalam portafilter mesin espresso hingga terisi penuh atau jika memiliki timbangan anda lebih baik menimbangnya dahulu, untuk yang singel shot dapat menggunakan bubuk kopi sekitar 7-9 gram dan untuk yang double shot dapat menggunakan sekitar 14-18 gram.
  5. Tekan menggunakan tamper bawaan yang ada di mesin espressomu.
  6. Pasang portafilter mesin kopi dengan benar dan tempatkan gelas untuk menampung espresso nanti  dengan tepat.
  7. Nyalakan mesin espresso tersebut dengan pilihan seduh espresso, untuk espresso yangg one-shot tunggu sampai mencapai 25-30 ml dan untuk double shot hingga 50-60 ml.
  8. Pindahkan espresso ke cangkirmu.
  9. Tambahkan air panas sesuai selera.
  10. Tambahkan juga es batu untuk membuatnya lebih dingin.
  11. Kopi Americano siap untuk anda nikmati.

Ice Americano

Bahan-bahan 

  • 1,5 sdt bubuk kopi nescafe classic
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm air panas
  • Es batu
  • secukupnya Air putih biasa

Alat :

  • Whisk ukuran apa saja

Langkah-langkah

  1. Campur kopi, gula serta air panas di mangkuk
  2. Aduk menggunakan whisk selama 3-5 menit
  3. Siapkan gelas yang sudah berisi oleh es dan air putih sampai 3/4 gelas
  4. Masukkan kopi yg sudah diaduk ke dalam gelas yg berisi es tadi
  5. Ice americano siap dinikmati. Paling pas diminum sesaat sebelum beraktivitas atau siang hari waktu cuaca lagi panas-panasnya.
  6. Selamat mencoba!

Sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Bahan Sederhana yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat ini ada banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, senam, senam, mencoba konsultasi kepada...
Bara Bere
1 min read

Tips Desain Rumah Klasik

Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *