Cara Buat Cireng Bumbu Rujak

Jika kita berbicara tentang jajanan yang asin, alot dan rasanya khas, cireng ini adalah pilihan kita. Nah nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Cara Buat Cireng Bumbu Rujak yang enak dan tentunya enak

Cireng merupakan makanan ikonik dari Jawa Barat yang rasanya asin dan kenyal. Camilan ini menggunakan tepung ache atau lebih umum kanji sebagai bahan utamanya.

Cara Buat Cireng Bumbu Rujak
Cara Buat Cireng Bumbu Rujak

Cara Buat Cireng Bumbu Rujak

Rujak Rempah Cireng
Selain seblak, cimol dan cilok, Bandung juga memiliki jajanan khas yang banyak peminatnya di Indonesia yaitu cireng. Cireng sendiri berasal dari kata Fred untuk kata. Aci sering juga disebut pati atau pati. Jajanan yang bahan utamanya tepung aci atau biasa disebut pati ini memang cukup terkenal di seantero Indonesia. Hanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan seperti jajanan cilok, cimol dan cireng inipun telah mendapatkan banyak penggemar dari seluruh Indonesia.

Selain bahan baku utamanya tidak sama dengan cilok, bahan yang digunakan dan proses pembuatannya pun hampir sama dengan pembuatan cilok. Yang membedakan Cireng dan cilok adalah bentuknya yang pipih dan pipih seperti koin dan cara terakhir pembuatannya adalah dengan menggorengnya. cara membuat rujak Cireng juga mudah dibuat

Cireng juga biasa dijajakan di sepanjang jalan, yang biasanya dijual sebagai pedagang kaki lima. Harga cireng yang ramah dompet ini pun menjadikan cireng salah satu jajanan favorit anak-anak dan orang tua.

Camilan ini biasanya disajikan dengan saus kacang, saus salad, atau saus sambal. Saus ini menambah kenikmatan cireng dan membuat lidah Anda semakin nikmat. Ada juga sajian cireng yang telah ditambahkan perasa makanan dalam bentuk bubuk halus.

Sama seperti jajanan yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima, cireng juga banyak variasinya. Bentuknya juga bulat pipih dan pipih seperti uang logam, juga bulat seperti cilok.

Selain membuat makanan dari acung, Bandung memang ingin memberi nama singkatan makanannya. Rupanya diberitakan di berbagai media, hal ini disebabkan sifat orang Bandung yang berpikir sederhana dan membuat segala sesuatunya sederhana.

Kari ini juga disantap dengan bumbu kacang, bahkan ada yang dengan bumbu rujak. Maka tak heran jika banyak yang ingin tahu cara membuat sambal cireng yang enak dan sederhana.

Cara Buat Cireng Bumbu Rujak

Bahan bahan yang digunakan:

  • sediakan Pati – 250 gram
  • dibutuhkan Tepung terigu – 50 gram
  • diperlukan bawang bombay cincang – 2 batang
  • menggunakan Seledri cincang – 2 batang
  • sediakan Bawang putih cincang – 3 siung
  • dibutuhkan Bumbu ayam – 1 sendok teh
  • diperlukan Lada bubuk – 1 sendok teh
  • sediakan garam – 2 sendok teh

Bagaimana membuat:

  1. Langkah pertama campurkan tepung kanji dan tepung tapioka sampai tercampur rata.
  2. Kemudian tambahkan bawang putih, seledri cincang, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa ayam, merica dan garam.
  3. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni hingga kalis.
  4. Adonan cireng yang tercampur sempurna kemudian mulai terbentuk.
  5. Bentuk sesuai keinginan Anda.
  6. Jika ingin pipih seperti koin, tipis saja, jangan terlalu tebal.
  7. Kalau mau bulat, buat yang kecil-kecil saja.
  8. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  9. Jika adonan sudah panas, adonan yang sudah dibentuk tadi kemudian di set in atau dipanggang.

Demikianlah artikel dari kami semoga apa yang ada di sini bisa berguna untuk kita semua cek juga cara menghilangkan jamur dari kaca kamar mandi dan jika ada salah di dalam artikel kami mohon maaf sebesar besarnya sekian terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *