Cara Buat Bakpao Kukus Lembut Anti Ribet

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut adalah proses pembuatan sejenis roti pada umumnya, namun bakpao ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Bahan dan alat yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat dimana-mana.

Semua umur menyukainya karena rasanya yang enak dan bentuknya yang sangat menarik. Roti kukus biasanya terdapat di pinggir jalan atau di sekitar pasar, namun biasanya menggunakan gerobak keliling.

Karena bakpao ini memiliki cita rasa yang sangat khas di lidah masyarakat Indonesia, maka tak ayal kalau bakpao ini banyak diincar oleh manusia meski sulit untuk menemukannya. Ada banyak sekali rasa dari roti kukus ini, seperti coklat, strawberry, daging, coklat panda dan lain-lain.

Ini memiliki proses pembuatan yang sederhana, jadi Anda yang di rumah harus mencobanya. Untuk itu, Anda di rumah yang ingin mencobanya, simak baik – baik informasi berikut ini.

Tips Buat Bakpao Supaya Lembut

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut

Bakpao identik dengan teksturnya yang lembut saat disantap. Ada tips untuk mendapatkan tekstur lembut ini. Tipsnya mulai dari bahan-bahan hingga cara mengaduk yang benar. Berikut tips membuat pangsit yang sakit.

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah

Jika roti biasanya menggunakan tepung protein tinggi untuk membuatnya berserabut, bakpao sebenarnya menggunakan tepung protein rendah yang tidak banyak mengandung gluten.

Hal ini karena tepung dengan kandungan protein yang rendah menghasilkan pori-pori pemanggangan yang lebih kecil. Pori-pori kecil ini membuat roti menjadi lembut saat digigit. Jika Anda menggunakan tepung dengan kandungan protein tinggi, wajan di dalam roti menjadi terlalu besar sehingga tidak menjadi lunak.

2. Buat Adonan Harus Pas

Untuk membuat adonan roti, kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahan berupa tepung terigu dengan kadar protein rendah, gula pasir, susu bubuk, ragi instan dan baking powder. Adonan sudah dituang dengan air es sedikit demi sedikit.

Mengapa menggunakan air es? Mengocok kulit bola membutuhkan waktu yang lama, jadi gunakan air es agar adonan tidak cepat mendidih saat dibuat. Dilihat dari struktur pangsitnya, empuk atau tidak, bisa dilihat dari proses pengulenannya. Jika adonan keras, maka roti juga keras.

Untuk mengatasinya, kita bisa menambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan terasa lembut. Jangan tambahkan air lagi jika sudah ada mentega dan garam, oke?

3. Tambahkan Garam

Setelah semua bahan ditambahkan, tambahkan garam dan mentega terakhir. Mengapa kedua bahan ini ditambahkan terakhir? Jika Anda menambahkan mentega bersama bahan lain, adonan akan menggumpal dan konsistensi bakso tidak merata.

Sedangkan air ditambahkan terakhir karena air menyerap air sehingga adonan selalu terlihat kering. Jika sudah memasukkan kedua bahan ini, berarti kita tidak bisa menambahkan bahan lainnya.

4. Uleni Adonan Hingga Elastis

Pertanyaan yang muncul saat membuat adonan roti adalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan? Jawabannya adalah menjadi elastis. Adonan elastis adalah adonan yang tidak mudah sobek saat diolesi dengan jari.

Untuk mendapatkan adonan yang elastis ini, Anda harus menguleninya dalam waktu yang lama, tergantung cara diremasnya. Jika diuleni dengan tangan dengan gerakan yang sama seperti mencuci pakaian, adonan menjadi elastis hanya dalam 20-30 menit.

Itu tergantung pada kecepatan dan jumlah adonan yang diuleni. Jika Anda menggunakan mixer tangan dengan pedal spiral, dibutuhkan setidaknya 15 menit.

Sifat lain dari adonan elastis adalah warnanya yang mengkilap dan permukaannya yang halus. Jika sudah, angkat saja dan siap untuk difermentasi. Ketika waktu fermentasi selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan udara dari adonan agar roti yang dihasilkan memiliki pori-pori kecil.

5. Pembulatan Adonan Harus Benar dan Halus

Setelah fermentasi, langkah selanjutnya adalah menimbang adonan. Potong dan timbang adonan bakso untuk ukuran sedang sebanyak 50 gram, jika mau lebih besar bisa sampai 70 gram.

Pemotongan dan penimbangan adonan ini harus merata agar ukurannya sama, dan saat dikukus juga dimasak bersamaan. Setelah dipotong dan ditimbang, kita harus membulatkan atau membulatkan adonan.

Teknik ini dilakukan dengan jari telunjuk dan ibu jari bagian dalam. Kemudian cukup giling adonan di atas permukaan yang rata hingga seluruh permukaan adonan menjadi halus. Proses pembulatan halus ini menghasilkan roti yang halus di bagian luar.

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut

Bahan – Bahan :

  • tepung terigu pro sedang 150 gram
  • tepung maizena 1 sendok makan
  • ragi instan 1 sendok makan
  • gula pasir 3 sendok makan
  • minyak sayur 3 sendok makan
  • air hangat 125 ml
  • 100 gr DCC (dark cooking chocolate), sesuai selera
  • garam, secukupnya
  • pasta pandan, secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campur air, gula dan ragi instan dalam gelas. Kemudian tutup dan diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai busanya keluar. Tempatkan dalam mangkuk berisi tepung pro sedang, tepung terigu rendah dan tepung maizena.
  2. Campurkan adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Lalu aduk hingga rata. Tutup adonan dengan serbet selama kurang lebih 30 menit.
  3. Kemudian adonan menjadi dua kali lipat. Tempelkan di tengah agar udaranya keluar dan aduk kembali hingga lembut.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan cara ditimbang atau bisa juga dipotong-potong secara merata.
  5. Ratakan dan isi dengan 1 sendok makan cokelat jadi. Kemudian bentuk menjadi lingkaran.
  6. Letakkan adonan di atas daun pisang. Simpan adonan dalam wadah, lalu tutup rapat dan biarkan selama 1 jam hingga adonan mengembang. Kemudian kukus adonan selama kurang lebih 10 menit.
  7. Kemudian angkat dan keluarkan pangsit dari wajan. Letakkan di piring lalu sajikan.

Selengkapnya Cara Membuat Usus Crispy Untuk Usaha

Tips Buat Bakpao Kukus Mengembang

Cara Buat Bakpao Kukus Lembut

Roti yang enak adalah roti yang mengembang, bukan? Setelah mempelajari cara membuat bakpao putih lembut dan bersih, saatnya kita belajar cara membuat bakpao empuk dengan tips berikut ini!

1. Bahan Bakpao Harus Diperhatikan

Sebelum kita membuat siomay, perhatikan bahan-bahan yang kita gunakan. Saat membuat sandwich, kami menggunakan dua bahan pengembang, yaitu ragi dan baking powder. Kesegaran kedua bahan ini sangat perlu dijaga.

Jangan memaparkannya pada suhu kamar karena ini akan mengurangi efisiensi fermentasinya. Jadi, sebelum menggunakan baking powder, buka saja jika ingin dimasukkan ke dalam adonan.

Begitu juga dengan ragi. Sebaiknya jangan menggunakan ragi yang sudah dibuka atau sudah ada sejak lama. Gunakan ragi yang dijual oleh iblis untuk segera habis.

2. Waktu Fermentasi yang Benar

Saat kita membuat siomay, kita harus melakukan proses fermentasi berkali-kali. Waktu fermentasi cukup lama. Fermentasi pertama setelah adonan jadi bisa memakan waktu 20-30 menit. Setelah matang, adonan difermentasi kembali selama 10-15 menit.

Setelah dibulatkan dan diisi, masih perlu difermentasi dalam waktu yang bersamaan. Perhatikan suhu di ruangan tempat adonan dibuat sebelum fermentasi. Semakin hangat ruangan, semakin cepat proses fermentasi. Bahkan bisa memakan waktu hingga 20 menit.

Jangan melebihi waktu fermentasi yang disarankan. Jika waktu fermentasi tidak cukup, adonan tidak dapat terfermentasi dengan sempurna. Namun jika waktu fermentasi terlalu lama, adonan bisa menjadi terlalu kental dan asam.

3. Cara Mengukus yang Benar

Bakpao Terakhir, kita harus memperhatikan cara mengukus siomay dengan benar. Sebelum pangsit masuk, kukusan harus dipanaskan di atas api sedang selama minimal 15 menit. Hal ini dilakukan untuk menangkap uap di kapal uap.

Jika pengukus tidak cukup panas, roti tidak akan berfermentasi selama pengukusan. Perhatikan juga api yang digunakan. Jangan menggunakan api yang terlalu tinggi, karena pada suhu tinggi banyak uap yang keluar dan roti dapat mengembang terlalu cepat.

Kurang bagus, jika sanggulnya mengembang dan dikeluarkan, sanggulnya pasti akan kosong saat dikeluarkan dari kukusan. Hati-hati saat menutup kukusan, jika uap air dari tutupnya menetes pada adonan, roti akan terlihat kusut dan jelek.

Gimana cukup mudah bukan ? Tentunya, maka dari itu ayo kita sama – sama mencoba resep Cara Buat Bakpao Kukus Lembut dengan keluarga dan teman – teman kalian semua. Maaf bila ada salah kata, semoga bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *