Cara Bikin Kopi Gula Aren

cara bikin kopi gula aren

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang cara bikin kopi gula aren berikut artikelnya selamat membaca!

Tips dan Trik Membuat Kopi Gula Aren Saat Ini di Rumah

Minum kopi sepertinya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang kini memiliki hobi minum kopi. Bukan hanya karena memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi juga sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi anak muda.

Banyaknya pecinta kopi seperti saat ini, bisa dijadikan peluang untuk membuka usaha kedai kopi. Jenis bisnis ini tidak hanya menguntungkan tetapi juga mudah dilakukan. Salah satu jenis kopi kekinian yang saat ini banyak digemari anak muda adalah es kopi dengan gula aren.

Perpaduan antara kopi, susu dan gula aren membuat minuman ini terasa nikmat dan segar. Tak heran, saat ini banyak kedai kopi yang menyediakan minuman jenis ini. Padahal, es kopi dengan gula aren merupakan salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan.

Pencinta kopi telah melihat peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan saat pandemi, kedai kopi yang melakukan berbagai inovasi dengan menghadirkan kopi literan bermunculan.

Dari sekian banyak jenis menu es kopi susu yang ditawarkan, kopi gula aren bisa dikatakan sebagai kopi paling favorit di kafe-kafe kekinian. Rasa legit gula aren yang dipadukan dengan kopi kental menjadi daya tariknya. Tak hanya itu, gula aren juga dapat mencegah rasa kopi menjadi terlalu asam dan menambah aroma harum pada kopi.

Ternyata membuat kopi gula aren kekinian bisa dilakukan di rumah. Dengan cara dan bahan yang mudah didapat, yuk simak tips dan trik membuat kopi gula aren berikut ini!

1. Pilih kopi sachet tanpa ampas

Agar tidak perlu repot menyaring ampas kopi, Anda bisa menggunakan jenis kopi sachet yang tanpa ampas. Caranya, campur kopi dengan air hangat, aduk hingga merata.

Jika kopinya agak dingin bisa ditambahkan susu dan gula aren, sesuaikan tingkat kemanisannya sesuai selera. Aduk hingga gula larut dan tambahkan es batu.

2. Membuat es batu kopi

Anda bisa membuat es batu dari kopi dan mencampurkannya dengan gula aren dan susu kapan pun Anda mau.

Untuk memudahkan, setelah mencampurkan kopi dan air, masukkan kopi yang sudah diseduh ke dalam nampan es batu. Diamkan di dalam freezer hingga membeku.

Jika ingin mengkonsumsinya, masukkan es batu kopi, lalu tuangkan gula aren dan susu sesuai selera. Agar lebih nikmat, Anda bisa menunggu es batu kopi meleleh terlebih dahulu agar kopinya semakin terasa.

3. Seduh kopi dengan sedikit air

Agar manisnya gula aren dan rasa kopi yang pekat tidak hilang, anda bisa menyeduh kopi dengan sedikit air panas. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat jenis espresso tanpa menggunakan mesin.

Selanjutnya lakukan langkah yang sama: tuangkan susu dan gula aren sesuai selera, lalu aduk hingga merata. Jangan lupa tambahkan es batu ya!

4. Gunakan kopi sachet gula aren

Daripada harus repot menyeduh kopi, menuang susu, dan mengukur gula aren setiap ingin menikmati es santan, menggunakan kopi sachet dengan varian gula aren bisa menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa memilih produk Gula Aren Kopi Top. Perpaduan gula aren legit, kopi kental, dan susu kental manis, Top Coffee Gula Aren bisa kamu nikmati kapanpun dan dimanapun. Karena ukurannya 3in1, Anda tidak perlu menambahkan lebih banyak gula saat menikmatinya. Tuang saja, seduh dan sajikan. Mudah kan?

Sebagai bagian dari #KopinyaOrangIndonesia, ada dua saran sajian yang bisa Anda pilih untuk menikmati Kopi Gula Aren Top: disajikan dengan air dingin atau air hangat. Kamu juga bisa menambahkan topping lain untuk rasa yang lebih nikmat, seperti ice cream, boba, cincau, whipcream, dan lainnya.

Bahkan di rumah, Gula Aren Kopi Top bisa kamu dapatkan di marketplace favoritmu. Taruh saja di keranjang, bayar, dan tunggu barangnya sampai di rumah.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara bikin kopi gula aren semoga artikel yang saya buat bermanfaat bagi kalian sekian terimakasih.

Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Kompos organik dapat dibuat dari bahan dasar sampah organik. Sampah organik itu sendiri merupakan sampah yang masih bisa dipakai lagi, atau sampah daur ulang...
Bara Bere
2 min read

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi

Ini Info Sewa Mobil Surabaya Banyuwangi. Kami adalah melayani sewa mobil dengan harga benar-benar kompetitif guna sewa hitungan per hari juga sewa kendaraan bulanan...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *