Briket Serbuk Gergaji yang Bisa Menjadi Bahan Bakar Alternatif

Briket Serbuk Gergaji

Briket Serbuk Gergaji — Halo teman – teman semuanya! Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan briket serbuk gergaji yang bisa menjadi sumber bahan bakar alternatif dan ramah lingkugan.

Serbuk gergaji biasanya dihasilkan dari sisa pemrosesan kayu dan sering sekali dibiarkan begitu saja.Namun, ternyata serbuk gergaji juga bisa dijadikan bahan untuk mebuat briket.

Nah, kalau ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai briket serbuk gergaji, kalian bisa baca penjelasan lengkap dibawah ini. Pastikan juga kalau kalian membacanya sampai habis supaya tidak ada informasi seputar briket serbuk gergaji yang terlewat.

Briket

Briket merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari batu bara yang harganya murah dan akan menjadi bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi dan liquefied petroleum gas (LPG).

Karena hanya menggunakan teknik yang sederhana, pengembangan briket ini juga membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat.

Untuk apa briket digunakan? Padahal, briket bahan bakar dibuat dari campuran arang, tanah liat, dan tapioka. Bahan karbon dipilih karena sumbernya sangat melimpah di Indonesia.

Bahkan cadangan batu bara Indonesia bisa bertahan hingga 150 tahun. Pihak swasta dan masyarakat saat ini mulai memproduksi briket secara mandiri. Pengembangan briket sebagai energi alternatif telah berlangsung sejak tahun 1994.

Namun, itu tidak cukup berkembang karena konsumsi minyak masih tinggi pada saat itu dan harganya masih sangat rendah. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia lebih memilih minyak bumi sebagai bahan bakar sehari-hari.

Fungsi briket

Briket berfungsi sebagai bahan bakar padat yang diubah menjadi bahan bakar alternatif. Briket umumnya digunakan dalam industri skala besar, industri rumah tangga, perhotelan, rumah tangga dan sektor lainnya.

Dibandingkan dengan minyak pemanas, penggunaan briket tentu jauh lebih baik karena lebih hemat dan juga lebih irit. Selain itu, briket juga aman dan ramah lingkungan.

Briket kini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif karena proses pembuatannya menggunakan sumber daya alam dari limbah internal sehingga dijamin ramah lingkungan.

Briket juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah, karena bahan baku utamanya adalah biomassa (alami) seperti kayu, kelapa, jerami, limbah, gambut, serbuk gergaji.

Namun, bahan baku yang paling aman adalah briket yang terbuat dari bahan alami, bukan arang. Hal ini dikarenakan briket batubara dapat menghasilkan asap yang sangat padat dan beracun yang tidak baik bagi lingkungan.

Proses Pembuatan Briket Serbuk Gergaji

Peralatan dan bahan yang harus disiapkan :

  • Ayakan dengan ukuran mesh 50 dan 70
  • Cetakan briket
  • Oven atau mesin pengering
  • Serbuk gergaji
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Proses pembuatan :

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menulis dengan membakar serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang dimasukkan ke dalam drum. Sekarang kita bor dulu lubang di drum ini di lantai, tujuannya adalah lubang sirkulasi udara (oksigen) agar panasnya bisa merata.
  2. Jika sudah menjadi arang (hangus) kita hanya memurnikan arang/hasil pembakaran tadi dengan cara diayak, kemudian arang serbuk gergaji diayak melalui saringan 50 mesh dan arang tempurung kelapa 70 mesh.
  3. Setelah itu serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa yang sebelumnya kita saring. Kemudian kita campur keduanya dengan perbandingan 90% arang serbuk gergaji dan 10% arang tempurung kelapa. Pada titik ini dalam pencampuran kita sekarang menambahkan lem pati hingga 2,5% dari total campuran serbuk gergaji-arang dan tempurung kelapa.
  4. Tahap terakhir adalah pencetakan briket arang. Setelah semua bahan tercampur rata, kita bisa mencetak arang dengan mesin cetak briket atau bentuk lainnya.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai briket serbuk gergaji dan juga proses pembuatannya, kalian juga bisa mendapatkan produk mesin briket arang kelapa di Rumah Mesin.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Briket Serbuk Gergaji yang Bisa Menjadi Bahan Bakar Alternatif”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya, see you next time!

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *