Apa Itu Asosiasi Konsultan Pajak?

Apa Itu Asosiasi Konsultan Pajak

Apa itu Asosiasi konsultan pajak? Di Indonesia juga memiliki asosiasi tersebut yang bertujuan untuk menghimpun konsultan pajak. Keberadaan asosiasi ini tentunya juga bukan tanpa izin. Indonesia juga sudah mengesahkan adanya konsultan ini.

Pada tahun 2020, Indonesia sudah mendapatkan 4 konsultan pajak yang sudah terdaftar dalam Direktorat Jenderal Pajak. Keempat asosiasi tersebut memiliki perannya masing-masing, karena itu perpajakan di Indonesia bisa kembali normal seperti biasanya.

Kali ini, kami juga akan membahas mengenai hal tersebut. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk memahami dan mengetahui berbagai keuntungan yang didapatkan dalam melakukan kegiatan konsultan pajak.

Mengenal Asosiasi Konsultan Pajak

Asosiasi ini merupakan sebuah lembaga yang bertugas untuk mengatur perpajakan di Indonesia. Adanya asosiasi ini, bisa membantu para pengusaha maupun perorangan untuk mengatur perpajakan yang dimilikinya.

Indonesia  sendiri, sudah memiliki empat organisasi yang memiliki peran masing-masing dalam mengurus perpajakan. Jangan salah, asosiasi ini juga sudah sah, dan melewati persetujuan serta terdaftar dalam Direktorat Jenderal Perpajakan seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03/2014, asosiasi perpajakan merupakan organisasi konsultan pajak yang memiliki sifat nasional yang sudah terdaftar dalam jenderal pajak. Dapat dikatakan asosiasi ini merupakan sebuah organisasi yang bisa menghimpun konsultan pajak termasuk dalam pengembangganya.

Fungsi dari konsultan pajak ini juga adalah menjamin adanya aktivitas konsultan di sebuah negara berjalan sesuai dengan etik dan standar profesional. Untuk Anda yang penasaran dengan fungsinya, berikut diantaranya.

  • Membentuk serta mengawasi kode etik dan aturan profesional
  • Menangani konsultan pajak untuk salah satu persyaratan izin pajak
  • Mengusulkan struktur organisasi serta sebagai anggota penyelenggaraan sertifikasi konsultan pajak
  • Menjadi anggota komite
  • Menjadi wadah, pengembanggan profesioanl perkelanjutan untuk konsultan pajak

Indonesia sudah memiliki 4 organisasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai berbagai kegiatan perpajakan secara resmi. Cukup menggunakan berbagai organisasi tersebut untuk menguntungkan dan mengontrol kegiatan berorganisasi Anda dengan baik.

Asosiasi konsultan pajak dapat memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Karena itu, Anda juga bisa lebih maksimal dalam menjalankan usaha, sehingga tidak memiliki pajak yang terlalu menumpuk.

Mode Cincin Kawin Sederhana Terbaik

Silahkan baca artikel berikut, Cincin tunangan condong menarik perhatian dalam soal perhiasan yang terkait dengan pernikahan, tapi cincin nikah jangan diacuhkan. Kembali juga, ini...
Bara Bere
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *