6 Strategi Menabung yang Efektif Hanya Untukmu!

Menabung di celengan

Merencanakan keuangan di masa depan terdengar mudah tetapi sulit untuk dijalani. Memulai merupakan langkah awal dari terciptanya sesuatu yang besar di masa depan sementara konsisten dan disiplin merupakan langkah-langkah kecil terciptanya fondasi yang kuat. 

Dalam konteks perencanaan keuangan, menabung menjadi langkah awal terciptanya kemampuan finansial yang terencana, sekaligus dapat menciptakan rasa aman bagi diri Anda dan sebagai cadangan dana jika banyak kejadian diluar rencana yang terjadi.

Mulai menabung menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dijalankan dan terkadang sebagian dari kita selalu membuat alasan tidak bisa menabung walaupun hal ini sangat penting untuk direncanakan demi masa depan yang lebih baik. Artikel ini akan membahas tips-tips menabung yang efektif.

Simak penjelasan dibawah ini.

1. Mengatur Anggaran

Menyusun anggaran belanja bulanan dapat menjadi langkah awal mengelola uang Anda dengan baik. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membatasi jumlah uang yang keluar dan mengetahui secara tepat jumlah uang yang masuk. Sesuaikan kembali budget pengeluaran dengan penghasilan Anda.

Aplikasi rekomendasi saham

Ada baiknya Anda juga memperhitungkan anggaran pengeluaran yang terjadi rutin tahunan seperti servis motor maupun mobil. Sisihkan pendapatan Anda sebesar 10%-15% sebagai dana tabungan.

2. Melakukan Pencatatan Pengeluaran

Setelah Anda melakukan budgeting pengeluaran yang akan Anda lakukan, selanjutnya adalah dengan mencatat transaksi pengeluaran. Tujuan dari pencatatan ini adalah untuk mengetahui besaran uang yang Anda belanjakan, Anda juga dapat memantau, mengawasi dan mengevaluasi transaksi-transaksi yang terjadi setiap harinya.

Saat ini Anda tidak perlu repot-repot mencatatnya di kertas dan khawatir catatan tersebut akan hilang karena sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia secara gratis dan dengan fitur yang lengkap.

3. Menetapkan Tujuan

Dana menikah, pendidikan anak, liburan maupun dana pensiun termasuk ke dalam tujuan anggaran pengeluaran. Dengan melakukan pengkategorian seperti ini Anda mengetahui berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama jangka waktu untuk mengumpulkannya sehingga Anda akan mengetahui berapa besar uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya.

4. Memperkecil Biaya Pengeluaran

Dengan memperkecil atau menekan biaya pengeluaran yang setelah di evaluasi ternyata tidak menjadi kebutuhan utama maka Anda dapat menabung dengan porsi yang lebih besar. Lakukan identifikasi pada hal dan barang yang tidak penting seperti hiburan, makan di restoran setiap hari, membeli barang-barang lucu yang tidak fungsional.

Contohnya, lihatlah sekeliling Anda, temukan barang-barang yang sebenarnya Anda telah miliki dan seharusnya Anda tidak membeli barang baru, jika Anda ingin membeli barang baru tunggu setidaknya dua minggu agar terhindar dari keinginan impulsif yang akan disesali kedepannya. 

5. Menentukan Prioritas

Setelah menetapkan anggaran, menetapkan tujuan selanjutnya terletak pada skala prioritas alokasi tabungan Anda. Untuk tujuan investasi jangka panjang sebaiknya Anda tetapkan ketika awal menabung. 

Dengan melakukan prioritas tujuan tabungan Anda akan memiliki pandangan yang jelas mengenai dimana, kapan dan akan sebanyak apa jumlah uang yang harus ditabung. Contohnya, jika Anda ingin membeli mobil dalam waktu 3 tahun, maka Anda dapat mulai menyisihkan pendapatan Anda untuk membeli mobil tersebut.

6. Gunakan Fitur Auto Debet

Banyak bank saat ini telah menawarkan sistem transfer otomatis (auto debet) antara rekening giro dan tabungan. Sistemnya adalah setiap bulannya penghasilan Anda akan langsung terpotong sesuai dengan besaran yang sudah Anda tentukan dan akan langsung masuk ke dalam rekening-rekening Anda yang lain.

Cara ini sangat efektif karena akan menghindari Anda dari kata lupa dan malas serta menahan Anda dari godaan belanja serta diskon. Apalagi di saat pandemi seperti ini, stay at home melihat handphone dan diskonan belanja di e-commerce menjadi lebih besar, ketika Anda menggunakan auto debet maka penghasilan yang tersisa otomatis hanya untuk budget yang telah Anda anggarkan.

Memilih Sewa Bus Pariwisata Surabaya Ke Bali

Memilih Sewa Bus Pariwisata Surabaya Ke Bali yang amat sesuai sama dengan perlunya Anda serta nikmati jalan-jalan kemana saja Anda berangkat! non HD, HD,...
Bara Bere
1 min read

Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sedikit mengenai tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang bisa kamu terapkan bagi kamu yang ingin menjadi...
Bara Bere
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *