6 Manfaat Asam Jawa Dicampur Gula Merah

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat asam jawa dicampur gula merah. Siapa sangka, jika asam jawa dan gula merah yang biasa kita gunakan untuk bumbu dapur atau dikonsumsi untuk minuman kesehatan itu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari keduanya, simakah terus artikel ini sampai akhir.

Asam jawa dan gula merah adalah kedua bumbu dapur yang selain memiliki cita rasa asam dan manis, juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Terbukti dari banyaknya minuman herbal kesehatan maupun jamu yang menambahkan asam jawa ataupun gula merah. Manfaat keduanya akan kamu dapatkan sekaligus jika dikonsumsi secara bersamaan.

Asam Jawa

asam jawa

Asam jawa adalah jenis tanaman polong polongan yang memiliki rasa asam dengan sedikit manis. Buah yang mendapat julukan tamarind ini memiliki warna coklat ketika sudah matang. Asam jawa biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan minuman herbal. Asam jawa ini sangat mudah ditemui di sekitar kita, bahkan kerap digunakan dalam membuat suatu masakan, misalnya saja sayur asem.

Selain memberikan rasa asam yang khas, asam jawa ternyata memiliki kandungan gizi dan manfaat yang banyak, lho. Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, antioksidan, fosfor, dan natrium adalah kandungan yang terdapat pada asam jawa.

Disarankan juga membaca artikel manfaat air asam jawa dan gula merah.

Gula Merah

gula merah

Gula merah adalah gula sehat yang terbuat dari bahan bahan alami. Bahan pembuatannya yaitu nira bunga jantan pohon kelapa yang didapat dengan cara menyadap.

Nira tersebut kemudian disaring dan dimasak menggunakan api kecil selama waktu yang lama hingga mengental, setelah itu gula merah dicetak menggunakan batok kelapa atau bambu hingga mengental dan keras.

Sebagai gula alami tentu saja kandungan gizi dan manfaat gula merah tak perlu dipertanyakan lagi. Gula merah mengandung banyak gizi, antara lain vitamin C, vitamin B1, zat besi, fosfor, masnesium, asam folat, kalsium, dan kalium.

Cara Mengonsumsi Asam Jawa dan Gula Merah

Jika kamu ingin mengonsumsi keduanya sekaligus kamu bisa meminumnya dengan dibuat menjadi minuman herbal. Dengan dibuat minuman herbal maka asam jawa dan gula merah dapat dikonsumsi dengan mudah.

Cara membuatnya pun sangat mudah dan bahan bahan yang dibutuhkan pun hanya asam jawa, gula merah, dan juga air panas. Berikut ini adalah cara membuat minuman herbal asam jawa dan gula merah.

Bahan bahan yang dibutuhkan:

  • Asam jawa secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Air 1 gelas

Cara membuat minuman herbal asam jawa dan gula merah:

  1. Taruh asam jawa dan gula merah di gelas secukupnya. Sesuaikan takarannya dengan seleramu.
  2. Tuang air panas ke gelas.
  3. Aduk aduk hingga asam jawa dan gula merah larut.
  4. Minum saat masih hangat.

Selain cara di atas kamu juga bisa membuatnya dengan cara lain, yaitu dengan merebus asam jawa bersama air dan gula merah. Cara ini membuat gula merah dan buah dari asam jawa lebih cepat larut dengan air.

Manfaat Asam Jawa Dicampur Gula Merah

Minuman yang terbuat dari asam jawa dan gula merah mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh kita. Jika kamu rutin meminum minuman herbal tersebut, kamu akan memporeloh berbagai manfaat berikut.

1. Memperlancar Pencernaan

Pencernaan yang kurang lancar bisa membuat sembelit, yaitu penyakit susah BAB. Jika terjadi maka akan mengakibatkan rasa yang kurang nyaman pada perut seperti perut begah dank eras. Sembelit bisa diatasi dengan rutin meminum asam jawa dicampur gula merah.

Asam jawa bisa menjadi pencahar alami yang merangsang metabolisme dan membuat pencernaan menjadi lancar.Selain dari asam jawa, manfaat ini juga diporoleh dari gula merah yang memiliki serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat asam jawa dicampur gula merah selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Jumlah kalori yang terdapat pada gula merah tergolong rendah, jadi jangan khawatir akan membuat tubuh bertambah berat. Bahkan jumlah kalorinya lebih kecil daripada jumlah kalori gula pasir.

Selain itu enzim dalam tubuh dapat dihambat dengan asam jawa karena mengandung senyawa asam hidoksisitrat (HCA) yang bisa berfungsi untuk menurunkan berat badan. Meskipun kamu rutin mengonsumsi minuman herbal ini, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dan rutin berolahraga agar hasilnya lebih maksimal.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari dulu, vitamin C dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubah dan imun agar tubuh tahan dari berbagai penyakit dan virus. Vitamin C biasanya dijumpai pada buah buahan seperti jeruk, jambu merah, dan dtrawberry. Namun perlu diketahui juga, bahwa kandungan vitamin C pada asam jawa dan gula merah sangatlah tinggi.

Sehingga menjadikan minuman herbal asam jawa dan gula merah ini sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Jadi, manfaat ini tidak perlu diragukan lagi ada pada minuman kesehatan ini.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat keempat dari asam jawa dicampur gula merah yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kalium yang terdapat pada asam jawa dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain memiliki kandungan kalium, asam jawa juga mengandung zat besi, zat yang sangat bagus untuk meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Zat besi juga banyak terkandung dalam gula merah. Mengonsumsi makanan atau minumala yang banyak mengandung zat besi akan mencegah kita untuk terkena anemia, yaitu adalah penyakit kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kesehatan mata dapat dijaga dengan rutin meminum minuman herbal ini karena asam jawa memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata. Vitamin A dapat mencegah katarak dan radang mata.

6. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah suatu zat yang berperan penting untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Selain itu, antioksidan juga sangat berguna untuk mengatasi sakit kepala, migraine, pilek, dan batuk. Zat ini banyak sekali terkandung di dalam asam jawa dan juga gula merah.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin meminum campuran asam jawa dan gula merah. Wow, banyak sekali bukan manfaat asam jawa dicampur gula merah? Selamat mencoba dan nikmati hasilnya.

Kado Pernikahan Untuk Menghormati Di Era New Normal

jika Anda cari set pernikahan. Atau bila Anda mencari gagasan untuk set hadiah pernikahan cincin emas simple yang hangat, berikut beberapa panduan untuk set...
Bara Bere
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *